Downgrade MIUI Untuk Mengaktifkan Kembali 4G LTE

Banyak pengguna Xiaomi, khususnya Redmi Note 3, yang galau karena setelah mendapatkan update MIUI ke versi 8.1.4.0, koneksi 4G LTE tidak lagi dapat diaktifkan, meskipun telah menggunakan trik copot SIM Card seperti pernah saya bahas pula di blog ini. Salah satu solusi agar 4G LTE dapat diaktifkan kembali adalah downgrade MIUI ke versi terakhir yang masih bisa diaktifkan 4G LTE-nya. OK, berikut ini saya berikan panduan downgrade MIUI untuk mengaktifkan kembali 4G LTE. Saya ucapkan terima kasih sebesarnya kepada Xiaomi dan Praxis yang mengizinkan saya mendapatkan satu unit Redmi Note 3 (Pro) sehingga saya bisa menuliskan trik ini.

Yang pertama, pastikan opsi Update automatically pada aplikasi Updater sudah dinonaktifkan. Jika tidak, setelah downgrade maka otomatis akan diupgrade lagi. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Updater.
  2. Ketuk menu tiga titik di kanan atas, pilih Settings.
  3. Nonaktifkan opsi Update automatically.

Nah, jika sudah, unduhlah MIUI versi 8.1.1.0 di en.miui.com, klik Downloads, dan klik device yang Anda gunakan, dalam hal ini adalah Redmi Note 3.

Perhatikan baik-baik halaman pengunduhan MIUI ROM tersebut. Jika Redmi Note 3 yang Anda gunakan menggunakan prosesor MTK, klik dahulu link yang ditandai dengan panah nomor 1. Sedangkan jenis ROM-nya bisa dipilih antara Global atau China, ditandai dengan panah nomor 2. Disarankan untuk mengunduh yang global saja.

Downgrade MIUI Untuk Mengaktifkan Kembali 4G LTE

Perhatikan versi MIUI yang hendak diunduh, terlihat pada bagian yang ditandai dengan lingkaran hitam. Setelah yakin, klik tombol Download Full ROM. Perhatikan baik-baik ROM yang diunduh, jangan sampai salah karena ukurannya 1 GB lebih, jika salah tentu akan menghabiskan kuota data Anda. Untuk Redmi Note 3 Pro, versi yang diunduh adalah 8.1.1.0.MHOMIDI (MIUI8).

Baca Juga  Avast Wi-Fi Finder

Setelah berhasil mengunduh file ROM, pindahkan ke ruang simpan internal ponsel, misalnya melalui kabel data. Atau sebenarnya boleh juga mengunduh langsung menggunakan ponsel Redmi Note 3-nya. Saran saya, buatlah folder khusus untuk penyimpanan ROM ini, misalnya membuat folder baru bernama downloaded_rom.

PERHATIAN: untuk menjalankan langkah berikut ini, pastikan baterai masih cukup penuh, setidaknya 60% ke atas, lebih aman lagi jika masih di atas 70%.

Jika proses unduh atau penyalinan data ke ruang simpan internal telah selesai, jalankan aplikasi Updater, lalu ketuk menu tiga titik dan pilih Choose update package, pilih file ROM yang telah diunduh tadi, ketuk OK. Proses “update” yang sebenarnya downgrade akan segera dimulai.

Saat muncul tampilan seperti gambar di berikut, ketuk Reboot and update. Tunggulah proses update hingga selesai dan setelah itu ROM MIUI Anda akan berganti ke versi 8.1.1.0.

Downgrade MIUI Untuk Mengaktifkan Kembali 4G LTE

Setelah semua selesai dan Redmi Note 3 Anda berhasil booting kembali, lakukan trik cabut SIM Card untuk mengaktifkan kembali 4G LTE-nya.

Ingat, setelah sinyal 4G berhasil diraih, pilih opsi LTE/GSM auto (PRL) supaya koneksi otomatis balik ke 4G setelah melakukan panggilan telepon yang notabene menggunakan sinyal 3G.

Follow me on social media:

COMMENTS

Leave a Comment