Downgrade MIUI Untuk Mengaktifkan Kembali 4G LTE

Banyak pengguna Xiaomi, khususnya Redmi Note 3, yang galau karena setelah mendapatkan update MIUI ke versi 8.1.4.0, koneksi 4G LTE tidak lagi dapat diaktifkan, meskipun telah menggunakan trik copot SIM Card seperti pernah saya bahas pula di blog ini. Salah satu solusi agar 4G LTE dapat diaktifkan kembali adalah downgrade MIUI ke versi terakhir yang masih bisa diaktifkan 4G LTE-nya. OK, berikut ini saya berikan panduan downgrade MIUI untuk mengaktifkan kembali 4G LTE. Saya ucapkan terima kasih sebesarnya kepada Xiaomi dan Praxis yang mengizinkan saya mendapatkan satu unit Redmi Note 3 (Pro) sehingga saya bisa menuliskan trik ini.

Yang pertama, pastikan opsi Update automatically pada aplikasi Updater sudah dinonaktifkan. Jika tidak, setelah downgrade maka otomatis akan diupgrade lagi. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Updater.
  2. Ketuk menu tiga titik di kanan atas, pilih Settings.
  3. Nonaktifkan opsi Update automatically.

Nah, jika sudah, unduhlah MIUI versi 8.1.1.0 di en.miui.com, klik Downloads, dan klik device yang Anda gunakan, dalam hal ini adalah Redmi Note 3.

Perhatikan baik-baik halaman pengunduhan MIUI ROM tersebut. Jika Redmi Note 3 yang Anda gunakan menggunakan prosesor MTK, klik dahulu link yang ditandai dengan panah nomor 1. Sedangkan jenis ROM-nya bisa dipilih antara Global atau China, ditandai dengan panah nomor 2. Disarankan untuk mengunduh yang global saja.

Downgrade MIUI Untuk Mengaktifkan Kembali 4G LTE

Perhatikan versi MIUI yang hendak diunduh, terlihat pada bagian yang ditandai dengan lingkaran hitam. Setelah yakin, klik tombol Download Full ROM. Perhatikan baik-baik ROM yang diunduh, jangan sampai salah karena ukurannya 1 GB lebih, jika salah tentu akan menghabiskan kuota data Anda. Untuk Redmi Note 3 Pro, versi yang diunduh adalah 8.1.1.0.MHOMIDI (MIUI8).

Setelah berhasil mengunduh file ROM, pindahkan ke ruang simpan internal ponsel, misalnya melalui kabel data. Atau sebenarnya boleh juga mengunduh langsung menggunakan ponsel Redmi Note 3-nya. Saran saya, buatlah folder khusus untuk penyimpanan ROM ini, misalnya membuat folder baru bernama downloaded_rom.

PERHATIAN: untuk menjalankan langkah berikut ini, pastikan baterai masih cukup penuh, setidaknya 60% ke atas, lebih aman lagi jika masih di atas 70%.

Jika proses unduh atau penyalinan data ke ruang simpan internal telah selesai, jalankan aplikasi Updater, lalu ketuk menu tiga titik dan pilih Choose update package, pilih file ROM yang telah diunduh tadi, ketuk OK. Proses “update” yang sebenarnya downgrade akan segera dimulai.

Saat muncul tampilan seperti gambar di berikut, ketuk Reboot and update. Tunggulah proses update hingga selesai dan setelah itu ROM MIUI Anda akan berganti ke versi 8.1.1.0.

Downgrade MIUI Untuk Mengaktifkan Kembali 4G LTE

Setelah semua selesai dan Redmi Note 3 Anda berhasil booting kembali, lakukan trik cabut SIM Card untuk mengaktifkan kembali 4G LTE-nya.

Ingat, setelah sinyal 4G berhasil diraih, pilih opsi LTE/GSM auto (PRL) supaya koneksi otomatis balik ke 4G setelah melakukan panggilan telepon yang notabene menggunakan sinyal 3G.

Follow me on social media:

Similar Posts

355 Comments

    1. ko aku engga bisa ya 🙁 udah coba berbagai macam cara 4G nya engga muncul ..
      apa harus di flash ulang

        1. Omm saya udah coba cara di atas tapi malah muncul kt maaf faham kenapa versi yg lebih tua tidak di izinkan

        2. Saya udah update trlalu jauh yakni miui 8.5.7.0 dan skeg mau downgread gk bisa bisa,,bagaimana om?

          1. Sekarang nampaknya sudah sulit, mas.
            Ya sudah diterima saja.
            Kecuali mau ganti total dari MIUI, pake custom ROM

      1. Downgrade berbeda dengan reset karena aplikasi dan data tetap ada, namun saya sarankan tetap melakukan backup untuk menghindari hal2 yang tidak diinginkan

        1. Om mau tanya, kalo sudah di downgrade, kemudian di reset ulang seperti beli baru, apakah akan kembali keversi MIUI 8 juga? Soalnya note 3 saya mau dipake temen , nah pengen di reset ulang biar kaya baru lagi .. Gimana??

          1. Tidak, reset factory tidak akan mengubah versi MIUI, jadi bila saat ini versi 8 ya akan selalu 8 meskipun direset

          2. Dulu udah saya downgrade ke MIUI 7 kayanya o. Biar jadi 4G . nah temen saya mau rest ulang, berarti nanti jaringan 4G nya masih teteo ada kan ya?

    2. Saya pakai note 3. Upgrade ke 8.2.2.0 resmi yg didapat di notifikasi di hp. Tidak bisa ke 4g dengan cara yg biasanya.
      Saya pernah upgrade ke 8.2.1.0, tdk bisa 4g juga, makan saya downgrade ke 8.1.1.0.
      Tapi ternyata dr 8.2.2.0 tdk bisa downgrade.
      Apakah harus step by step downgradenya ke 8.2.1.0 dulu baru turun lagi ke 8.1.1.0?

          1. om, knp miui 8.1.4.0 tidak bisa ke setelan pabrik?
            minta tolong om cara’y bgmn?

          2. Tidak bisa itu tidak ada menunya atau bagaimana?
            Kebetulan saya tidak ada device yg pakai MIUI 8, jadi tidak bisa mencoba

          1. Oh gitu ya? Sudah dicoba? Ya baguslah kalau bisa. Terima kasih sharingnya

          2. bro, says Dari miui 8.2.2.0 udah downgrade me 8.1.6.0 versi updater, tapi saat saya mau downgrade ke 8.1.4.0 kok gak mau lg yah?? Butuh pencerahan …

          3. Bisa coba direstart dulu hapenya.
            Cuma kemungkinan besar memang di-lock sama Xiaomi, jadi downgrade tidak bisa dilakukan terlalu jauh versinya.

    3. Gan saya udh coba, terus malah ada tulisan flash not update pokonya gitu lah, terus itu gimana dong gan?

    4. Om, hpku gak bisa downgrade dari 8.2.2 ke 8.1 supaya bisa dapat 4g. Tolong dong Kasih yau caranya tks

    5. Kenapa saya gk bisa ya om dari 8.2.2.0 baru saya update td krain saya 4Gnya aman terus saya pengen downgrade ke 8110 gk bisa ada bacaan tidak dapat verifikasi pembaruan, Sorr,Flash older version is not allowed ? Itu gmna ya solusinya ? Apa harus download lg miui 8110nya , soalnya saya itu copy paste Dr pc saya yg pernah saya downgrade saya simpan ? Dan pas copy itu cmn setengah jalan doang?
      #pencerahannya

          1. Mohon maaf karena kesibukan, saya baru sempat menanggapi sekarang.
            Dicoba saja. Logikanya sih seharusnya bisa. Kalau misalnya tidak bisa, mungkin terpaksa harus urut turun satu demi satu.

    6. Bang kalo punya nya saya mau di downgrade di tempat service tapi banyak yg bilang kalo di downgrade resikonya hp bisa mati total…apa iya yah bang..??