Blog Oom Yahya

Catatan Usil Yahya Kurniawan

Cara Legal Unlock Bootloader Xiaomi

Ponsel Xiaomi keluaran terkini, termasuk Redmi Note 3, diproduksi dalam keadaan terkunci bootloader-nya. Salah satu alasannya adalah untuk keamanan, supaya proteksi tidak mudah di-bypass, namun itu juga berarti Anda tidak bisa ngoprek Xiaomi Anda, misalnya saat ingin menginstal custom ROM. Konon ada trik tertentu supaya proteksi ini bisa diakali namun tentu saja cara ini tidak legal dan sebaiknya dihindari. Di tulisan ini saya akan memberikan tutorial cara legal unlock bootloader Xiaomi.

Cara legal unlock bootloader Xiaomi ini sebenarnya mudah saja, Anda tinggal mengajukan permohonan ke pihak Xiaomi untuk membuka proteksi (unlock) bootloader ponsel Anda.

Berikut caranya:

Buka situs http://en.miui.com/unlock/ dan tekan tombol Unlock

Setelah itu Anda akan diminta login dengan Mi Account dan menuliskan alasan Anda, mengapa Anda ingin meminta unlock. Tulis alasan tersebut dengan gaya bahasa Anda sendiri, jangan copas, dan tentu saja dalam bahasa Inggris. Jika sudah klik tombol Apply Now.

Cara Legal Unlock Bootloader Xiaomi

Setelah itu tinggal menunggu persetujuan dari Xiaomi selama kurang lebih 10 hari. Saya sendiri mendapatkan jawaban dari Xiaomi dalam waktu 3 hari setelah mengajukan permohonan. Jawaban akan dikirimkan melalui SMS pada nomor yang didaftarkan di Mi Account.

Isi jawaban tersebut kurang lebih adalah persetujuan dari Xiaomi dan Anda akan diarahkan menuju halaman tertentu untuk mengunduh aplikasi untuk unlock. Aplikasi ini berjalan di atas platform Windows dan untuk menjalankannya dibutuhkan koneksi internet.

Setelah aplikasi unlock diunduh, langkah untuk melakukan unlock adalah sebagai berikut:

  1. Pada ponsel Xiaomi, buka Settings > About Phone, ketuk bagian MIUI Version 8 kali untuk mengaktifkan developer mode.
  2. Pada ponsel Xiaomi, buka Settings > Additional settings > Developer option dan bind nomor telpon yang sudah mendapatkan persetujuan unlock (sesuai nomor telpon di Mi Account).
  3. Pada komputer, ekstrak file unduhan aplikasi unlock.
  4. Jalankan MiFlashUnlock.exe yang ada di dalamnya.

Cara Legal Unlock Bootloader Xiaomi

  1. Aplikasi MiFlashUnlock akan meminta Anda untuk login, jadi pastikan ada koneksi internet.
  2. Matikan ponsel.
  3. Tekan dan tahan kombinasi tombol power + volume down hingga Anda masuk ke fastboot mode.
Xiaomi Fastboot

Tampilan saat masuk mode Fastboot, gambar nyomot dari xiaomitips.com

  1. Tancapkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB bawaan ponsel.
  2. Klik tombol Unlock yang ada di aplikasi MiFlashUnlock. Proses unlock akan berjalan sekitar 10 detik saja.
  3. Setelah proses unlock selesai, klik Reboot untuk restart ponsel.

Nah, sekarang ponsel Xiaomi Anda sudah berada dalam keadaan unlock. BTW, setelah restart, ada kemungkinan proses booting Xiaomi akan menjadi lama. Anda tak perlu khawatir, tunggu saja hingga akhirnya Xiaomi Anda bisa booting kembali. Proses yang lama ini hanya sekali saja pasca unlock, setelah itu ya normal lagi.

Follow me on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *