Dimensity 1100, Andalan POCO X3 GT

Beberapa waktu yang lalu, MediaTek terkesan sebagai prosesor kelas dua yang kalah populer dengan Snapdragon. Maklum, produknya kebanyakan dipakai oleh smartphone kelas menengah ke bawah.

Namun belakangan ini MediaTek memiliki sebuah lini produk yang membuat mereka siap naik kelas, yaitu Dimensity.

Ada empat lini produk Dimensity yang dimiliki oleh MediaTek, yaitu 700 series, 800 series, 900 series, dan 1000 series. Semakin besar angkanya, semakin tinggi levelnya alias semakin flagship.

Kini mulai banyak produsen smartphone yang menggunakan Dimensity pada produk unggulan mereka.

POCO X3 GT, Pertama Dengan Dimensity 1100

Salah satu pengguna Dimensity kelas flagship, yaitu Dimensity 1100, adalah POCO pada produknya X3 GT. Bahkan POCO X3 GT boleh dibilang adalah smartphone pertama yang menggunakan Dimensity 1100 di Indonesia.

Kode GT pada POCO X3 GT merupakan kependekan dari Go Turbo, yang menunjukkan sebuah performa yang dahsyat.

POCO X3 GT

Kata Turbo tersebut juga merujuk pada teknologi Turbo Charging, sebuah teknologi pengisian ulang baterai cepat dengan daya 67 Watt. Baterai sebesar 5000 mAh bakal dengan cepat diisi ulang kembali saat habis dayanya.

Kata turbo juga erat dengan dunia game, dan memang POCO X3 GT ini cocok juga dijadikan device untuk bermain game. Strategi POCO ini salah satunya didasarkan pada hasil riset We Are Social pada tahun 2021.

Riset tersebut menyimpulkan bahwa 86,2% pengguna internet di Indonesia menggunakan aplikasi entertainment & video, sedangkan 60,2% menggunakan aplikasi game. Inilah pangsa pasar menggiurkan yang hendak disasar POCO.

“Kami melihat bahwa POCO fans di Indonesia didominasi oleh anak muda yang gemar bermain mobile game dan menonton hiburan. Sehingga, kami yakin POCO X3 GT dapat menjadi pilihan yang sempurna,” ujar Head of Marketing POCO Indonesia, Andi Renreng.

Dimensity 1100 Memberikan Performa Mantap Pada POCO X3 GT

Untuk mendukung sasaran POCO pada produk X3 GT tersebut, tak salah jika POCO menjatuhkan pilihan pada SoC (Sistem-on-Chip) MediaTek Dimensity 1100 ini.

Dimensity 1100 diproduksi dengan teknologi fabrikasi 6nm yang mampu menghasilkan performa kencang dan konektivitas lebih baik, tapi tetap menjaga efisiensi daya.

POCO X3 GT

Chipset ini memiliki Central Processing Unit (CPU) delapan-inti yang mencakup empat inti Arm Cortex-A78 yang beroperasi hingga 2,6GHz dan empat inti Arm Cortex-A55.

CPU ini berkolaborasi dengan Graphics Processing Unit (GPU) Arm Mali-G77 sembilan-inti yang beroperasi di 836 MHz sehingga mampu menampilkan grafik dengan fidelitas tinggi ke perangkat.

Menyambut kerja sama ini, CH Chen, Deputy General Manager of Wireless Communications Products at Mediatek’s Wireless Business Group mengatakan, “kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada POCO yang berkomitmen menghadirkan produk-produk teknologi dengan performa tinggi kepada seluruh pengguna Indonesia, melalui POCO X3 GT yang diluncurkan hari ini.

“Dengan dukungan Dimensity 1100, chipset kelas flagship dari kami, POCO X3 GT akan menjadi smartphone berkemampuan tinggi dengan fitur kamera, grafik, konektivitas, tampilan, audio, dan peningkatan game yang inovatif, serta kemampuan AI yang telah dipercanggih.”

Dalam pengujian dengan benchmark Antutu, POCO X3 GT dengan Dimensity 1100 ini mampu menghasilkan skor 686.600.

Performa tinggi umumnya identik dengan panas yang berlebih. Untunglah, POCO X3 GT dilengkapi dengan LiquidCool Technology 2.0, teknologi pendinginan cair unggulan yang memastikan performa smartphone tetap stabil.

Tampil Memukau Dengan Layar Keren

POCO X3 GT dilengkapi dengan layar berukuran 6,6 inch DotDisplay dan memiliki resolusi FHD+ alias 2400 x 1080.

Penggemar game bakal dimanjakan dengan layar yang responsif, berkat refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz.

POCO X3 GT

Saat kamu tidak membutuhkan refresh rate tinggi, Teknologi DynamicSwitch POCO akan menyesuaikan refresh rate layar secara cerdas, mulai dari 30 Hz hingga 120 Hz. Dengan demikian konsumsi daya tetap akan terjaga.

Selain itu, rentang warna DCI-P3 yang terpasang pada layar IPS mampu merepresentasikan rentang warna yang lebih luas, baik warna primer RGB yang lebih tajam, hingga warna sekunder CMYK yang lebih kaya.

Supaya kamu merasa lebih aman menggunakan POCO X3 GT ini, layarnya telah dilapisi dengan Gorilla Glass Victus, lapisan layar terkuat saat ini.

Nah, semoga nanti saya berkesempatan melakukan review terhadap device ini ya.

Follow me on social media:

Similar Posts

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.