Salah satu hal yang relatif sering ditanyakan di blog ini adalah “bagaimana melakukan video call dengan Zenfone?”

Ya, Zenfone memang tidak dilengkapi dengan aplikasi default untuk panggilan video seperti halnya panggilan suara dengan GSM. Itu yang kadang menimbulkan keraguan, bisa gak sih Zenfone digunakan untuk melakukan video call?

Tapi bisa kok, jangan khawatir. Memang bukan dengan aplikasi built-in seperti untuk panggilan suara dengan GSM tapi dengan menggunakan aplikasi tambahan.

Terus gimana?

Ya gak gimana-gimana. (upss) Ada beberapa aplikasi yang bisa diinstall dan dimanfaatkan untuk melakukan panggilan video. Sebut saja Skype, Hangout, Fring, Tango, OoVoo, dan mungkin masih ada lagi.

Yang bisa dipastikan sudah tersedia di Zenfone adalah Hangout, karena merupakan bawaan Google. Cara untuk melakukan panggilan dengan Hangout dapat dilihat pada video tutorial berikut ini:

Baca Juga
Jelang Launching Zenfone 3 di Indonesia

Pada prinsipnya cara melakukan video call tersebut tidak hanya terbatas untuk Zenfone tapi juga bisa dilakukan pada smartphone berbasis Android yang lain.

Follow me on social media:

105 Comments

iqbalarza · 25/02/2015 at 11:30 pm

Zenfone 4 punya kamera depan kali min, walo cuma 0.3 MP

    Oom Yahya · 26/02/2015 at 5:56 am

    Ups iya ya, hehe. Sampai lupa saking gak pernahnya dipake itu kamera

athin_davi · 22/03/2015 at 1:05 pm

itu kalo menggunakan aplikasi Skype, Hangout, Fring, Tango, OoVoo, dan lainnya yang di pake quota paket internet apa tarif pangilan video call dari provider

    Oom Yahya · 22/03/2015 at 5:10 pm

    Pake quota internet

Wibby · 17/04/2015 at 9:39 am

Diantara itu semua apps yang paling enteng buat dipake video call apa ya om?

    Oom Yahya · 17/04/2015 at 11:02 pm

    Saya belum sempat coba macam2, yg sempat saya coba ya Google Hangout itu.

Nancy Arista · 18/04/2015 at 7:40 pm

min, asus zenfone 5 bs video call dg hp yg brbeda gak? misal samsung

    Oom Yahya · 19/04/2015 at 11:15 am

    Bisa asal aplikasi yang dipakai sama. Misalnya sama2 pake Hangout

nine · 22/04/2015 at 6:54 am

pangilan video call Yg ga pake internet ada atau ga ada….

    Oom Yahya · 23/04/2015 at 12:56 pm

    Kalau di Zenfone gak ada

ade panji · 02/05/2015 at 7:54 pm

Om, apa akibat menggunakan HH sampai panas… ? saya ukur dari cpu z suhu nya 45 derajat celcius ..saya pakai asus zenfone 4s.. apa kah itu normal om?

    Oom Yahya · 02/05/2015 at 8:28 pm

    Kalau terlalu panas ya gak baik.
    Biasanya yang paling cepat bikin panas itu sinyal operator atau wifi yg kurang baik

r · 06/05/2015 at 11:03 am

min, kalo hangout nya aplikasi defaul nya itu sms, cara aktfin video callnya gimana ??

    Oom Yahya · 06/05/2015 at 1:52 pm

    Ya tetap pake hangout, gak masalah khan?
    Caranya ya seperti yang terlihat pada video itu

r · 06/05/2015 at 11:05 am

min, tolong jawab ya. mksh..

ayu · 09/05/2015 at 8:46 pm

koq gakbisa video call dengan aplikasi line ya di Asus ZF5, muka temen kita gak terlihat, tapi temna kita bisangeliat muka kita itu knpa ya mas ?.. mohon pencerahannya

    Oom Yahya · 10/05/2015 at 9:27 pm

    Itu sesama Zenfone?
    Saya belum pernah nyoba video call dengan Line dan hasil googling saya tentang hal tsb juga nihil.
    Kebetulan saya tidak terlalu suka menggunakan Line.
    Mohon maaf belum bisa memberi solusi

Liendri · 11/05/2015 at 10:14 pm

Utk app viber,video call zenfone5 tewas.ad info ga biar bisa idup min?

roni · 20/05/2015 at 6:58 am

heee..eroorrr lo min, zenfone 4 ada kamera depan tuh, wlpun cuma VGA,,dan bisa video call 3 G,

    Oom Yahya · 20/05/2015 at 8:31 am

    Ya manusiawi lah sesekali salah. Apalagi saya gak pegang Zenfone 4, yg saya pegang Zenfone 5.

roni · 20/05/2015 at 7:01 am

emang ribet video call via internet, kalo konvensional sih pake 3G aja di jamin lancar, cuma kuda punya pulsa lebih..hehe

Asti · 21/05/2015 at 7:47 am

Semua smartphone Asus Zenfone bisa video call 3G, syartnya harus punya pulsa,,,kalo mau murah bisa pake video call via inet cuma kudu ribet

    Oom Yahya · 21/05/2015 at 7:51 am

    Kalo bisa video call 3G tanpa inet, mbok saya diajari caranya, mbak

irsan · 25/05/2015 at 8:37 am

Bisa kok pake line , asal itu duluan yg nge video call

    Oom Yahya · 25/05/2015 at 7:51 pm

    Pake Line khan tetep pake internet. Ini katanya bisa langsung pake 3G-nya

rina · 07/06/2015 at 8:37 am

Kl video call pake app tambahan macam hangout dll brti hp lawan jg msti pake app yg sama ya?

    Oom Yahya · 09/06/2015 at 9:18 am

    Iya, makanya saya sarankan hangout karena di semua Android pasti ada

Airin · 08/06/2015 at 11:01 pm

Mending pake Acer Z410 harga setujaan aja, dan speknya lebih unggul dari Asus Zenfone C, dan bisa video call 3G tanpa harus pake app tertentu,

arrd · 12/06/2015 at 12:05 am

Setahu sy zenfone gak bisa videocall langsung pk 3G, alternatifnya pake aplikasi tambahan seperti diatas td, skype, hangout dll. soalnya sy pake zenfon 2 jg gak bisa. jd jgn sok tau mentang2 ada kamera dpan trus bisa videocall 3G, lum tentu.

aji · 13/06/2015 at 10:31 pm

Min, mohon infonya, meski aneh tapi ane perlu banget nih. Aplikasi video call yang tidak built in di hh tapi pemakaiannya tetep make biaya pulsa itu aplikasi apa ya Min? Ane udah nyari2 tapi ga ketemu Min, hh ane siomay.

    Oom Yahya · 14/06/2015 at 11:13 am

    Sepertinya memang tidak ada, Jadi ya pake aplikasi semacam hangout, skype, dll itu

Jho · 16/06/2015 at 6:50 am

Nah untung ane sudah coba semuanya…cameranya bagus lagi…
Asus z 5 memang oke..
Cuma panasnya bikin gak karuan.

Yg gw tanya sama mimin.
Kenapa kita lagi video call hape saya sering minimest sendiri.

Mohon pencerahanya..

    Oom Yahya · 17/06/2015 at 1:42 pm

    Wah, gak ngerti juga soal video call itu. Mungkin bisa coba video call pake apps lain?

bayu · 25/06/2015 at 11:32 pm

kenapa ASUS zenfone C tdk bsa ada Vedio call ? tnjukan cra untk lkukan vedio call dong

    Oom Yahya · 26/06/2015 at 5:42 am

    Artikel di atas sudah dibaca belum?

Dwi Listianto · 27/06/2015 at 2:43 pm

min, asus zenfone 4 berarti support video call?
trmkasih..

    Oom Yahya · 27/06/2015 at 9:35 pm

    Ada kamera depan khan? Berarti bisa tapi ya pake apps seperti saya tulis di artikel

nakmahressa · 03/07/2015 at 10:22 pm

itu hangouts versi brp??
punyaku kok gaada pilihan buat video call ya min.???

    Oom Yahya · 04/07/2015 at 9:42 pm

    Masa sih?
    Coba pilih contact dulu, lalu di kanan atas akan muncul ikon telpon atau video

jejebae · 04/07/2015 at 7:51 pm

Oom yahya aku kan udah daftar video call Pakek telkomsel kok gak keluar gambar nya.
Atau ada cara setting nya om . Tolong info nya.

    Oom Yahya · 04/07/2015 at 9:49 pm

    Pake aplikasi apa?

sulis · 12/07/2015 at 11:44 am

Video call melalui messenger gimana cranya om…mhon bantuannya…

wakeet · 21/07/2015 at 9:23 pm

min… knapa zenfone c ga bisa support fb messenger yg bisa video call

krishna · 22/07/2015 at 1:34 am

gan aku pake zenfone 5, aku udah install skype tapi waktu dibuka muncul tulisan ‘sayangnya skype telah berhenti’, apakah emang gabisa? mohon pencerahannya, makasih

    Oom Yahya · 22/07/2015 at 10:41 am

    Coba update firmwarenya dulu, lalu coba jalankan Skype lagi

Fares · 23/07/2015 at 10:56 am

Asus Zenfone C bisa buat video call Skype, tetapi saya instal 3 kali Messenger terbaru hasilnya tetap tidak bisa video call yg jg ditandai dg tidak adanya ikon/tombol video shot. Padahal, pada Xiaomi Redmi 2 bisa video call meskipun dengan aplikasi Messenger yg lbh lama dari sekarang.
Mohon Pencerahannya, Matur Tengkyu…

    Oom Yahya · 24/07/2015 at 9:44 am

    Terus terang saya belum pernah pegang Zenfone C, jadi gak bisa komentar. Hanya saja dari googling, saya mendapatkan info bahwa messenger tertentu memang belum menyediakan support video call di semua negara, jadi mungkin karena itu.
    Coba pake hangout saja seperti tulisan saya di atas

Mei Heny Gemilang · 23/07/2015 at 12:15 pm

Selamat siang bang…
bang…saya mau tanya..klw hp Asus zefone5 klw pke messenger bsa buat video call.an nggk.

    Oom Yahya · 24/07/2015 at 9:45 am

    Messenger Facebook? Dari hasil googling, katanya belum support di semua negara, bisa jadi Indonesia termasuk yang belum disupport. Coba pake Hangout saja

rusdy ns · 25/07/2015 at 12:26 pm

Sy Pke asus Z007 bisa video call menggunakan aplikasi Line dg HP merk lain baik memanggil atau dipanggil. Utk kwalitas video audio tergantung jaringan

    Oom Yahya · 26/07/2015 at 5:45 pm

    Terima kasih sharingnya

aldi · 25/07/2015 at 1:17 pm

Gan hangout saya gak keluar tanga videonya saya pake zenfone 5 mohon pencerahannya trmakasih

    Oom Yahya · 26/07/2015 at 5:53 pm

    Coba baca tulisan pertolongan pertama pada zenfone di blog ini

novi surya · 28/07/2015 at 10:22 am

Maaf min, saya udah upgrade berkali” messenger,tp tetap tidak ada video call, hp saya asus z 5, thanks min

    Oom Yahya · 28/07/2015 at 2:40 pm

    Messenger facebook? Setahu saya fitur video call untuk messenger ini baru support di beberapa negara saja, Indonesia belum, jadi harap bersabar

zenfone 4 · 10/08/2015 at 7:52 am

zenfone goblok

    Oom Yahya · 10/08/2015 at 5:34 pm

    Kalo kecewa dengan Zenfone, ke kantor Asus langsung saja, percuma juga marah2 di sini

Nez · 10/08/2015 at 10:41 pm

Kalau boleh minta masukan mas, saya rencana mau beli hh antara zenfone 2 atau xizomi mi 4. Dua2 nya ga support video call kl ga salah..untuk performa dan kualitas kamera baiknya saya pilih yg mana ya?thx before.

    Oom Yahya · 11/08/2015 at 8:29 pm

    Saya belum pernah pegang Mi 4, jadi tidak bisa memberikan saran. Kalau lihat spesifikasinyapun keduanya relatif mirip.
    Saya beri pertimbangan saja: kalau butuh dual sim atau butuh yg bisa dipasangi SD Card, ambil Zenfone 2. Kalau tidak ya monggo, keduanya OK.
    Soal video call, bukan gak support ya, tapi harus pake software tambahan

ike andres · 12/08/2015 at 7:57 pm

Cara video call via messenger fb pk Asus zenfone C gmn min??tgl pencerahan na..

    Oom Yahya · 13/08/2015 at 7:19 am

    Saya belum nyoba karena tidak menginstall Messenger FB. Tapi menurut beberapa sumber, messenger FB belum mendukung video call untuk kawasan Indonesia

    Ferry · 24/11/2016 at 7:18 am

    Om,saya pake zenfone 5. Video call wa gambar kita dilawan bicara g jlas tp dihp kita gmbr lawan bicara jlas.knapa ya

      Oom Yahya · 26/11/2016 at 8:43 am

      Banyak faktor, misalnya kamera depan sudah baret2, sinyal operator kurang bagus, hape lawan memang tidak bagus kualitas kameranya, dll

itto · 17/08/2015 at 5:18 pm

Video call di messenger sudah bisa di indonesia. Hp yg lain sudah bisa ky samsung ,oppo, dll, Tp hp asus nggak bisa video call pake messenger. Kecewa..

    Oom Yahya · 17/08/2015 at 5:31 pm

    Saya merujuk ke sini http://newsroom.fb.com/news/2015/04/introducing-video-calling-in-messenger/
    Itu informasi dari FB sendiri bahwa untuk Indonesia belum bisa.

    Oom Yahya · 17/08/2015 at 5:48 pm

    Barusan saya googling masalah ini, sebagian besar sumber yg saya dapat mengatakan bahwa facebook messenger bermasalah dengan prosesor Intel.
    Ya mau bagaimana lagi.
    Saran saya, gunakan Google Hangout, sudah pasti semua pengguna Android bisa menggunakannya karena harus login Google dulu khan

ilham · 25/08/2015 at 9:59 am

om mau nanya nih…
kan pertama kali masuk hangout harus masukan no hp…
saya masukan no hp As saya tapi kuota saya ada di kartu 3…
kuota yg terpakai apa tetap dari setelan ‘data perangkat’ atau dari no hp yg di input?

    Oom Yahya · 25/08/2015 at 10:10 pm

    Saya pikir ya dari kuota 3. Itu sama seperti nomor WA khan, bisa dibuat nomor aktif dan nomor paket data berbeda

Rendy · 31/08/2015 at 5:29 pm

Saya mau tanya saya kan pake line nah saya mau videocall tetapi tidak bisa padahal saya udh pake internetnya yang bagus, dan sinyalnya pun full. Mohon bantuaan

    Oom Yahya · 01/09/2015 at 4:22 pm

    Saya tidak pake Line jadi gak bisa jawab. Mungkin bisa lebih detil tidak bisanya itu seperti apa?

Ernest · 10/09/2015 at 11:16 am

kalo video callnya pake skype aja tetep bisa kan yaa di zenfone?

    Oom Yahya · 10/09/2015 at 12:04 pm

    Saya belum mencoba Skype tapi seharusnya bisa

lubna mufida · 15/09/2015 at 8:01 am

asus Zenfone..bisa buat line dan skype…tp ndak bisa buat vidio call massenger…gmn caranya ya?

    Oom Yahya · 15/09/2015 at 9:08 am

    Untuk messenger FB, sepertinya ada masalah kompatibilitas dengan prosesor Intel, jadi memang sementara ini belum bisa

askoes · 17/09/2015 at 9:17 am

Asus zenfone ” Memang jelek gan

Agis ermalia · 25/09/2015 at 8:54 pm

Min, knpa ya aku skype’an ne anatra samsung dengan zenfone z-007. Kebetulan akunya pake samsung, aku gak liat lawan bicara ku tapi lawan bicara ku bisa liat aku…

    Oom Yahya · 25/09/2015 at 9:29 pm

    Saya belum pernah pake skype, jadi gak bisa komentar. Mungkin bisa dicoba skype pake merk lain hasilnya seperti apa

Yoga · 26/09/2015 at 5:33 am

Mnding pakek line aj lbh gampang dan gambarnya jeLas itu tergantung pada singal anda setabil apa enggk

Rahmad · 03/10/2015 at 8:47 am

Makasih gan untuk info nya.

R surya · 31/12/2015 at 2:11 pm

sebelumnya saya pernah bisa video call dengan zenphone 5. namun setelah banyak aplikasi yg saya uninstall sekarang saya ga bisa lgi video call…
nyesel juga sekarang…

    Oom Yahya · 04/01/2016 at 10:16 pm

    Coba install skype atau Google Hangout

Ravi · 05/01/2016 at 10:20 pm

Om, saya punya asus zenfone 2, kalau mau video call tanpa aplikasi dan kuota, jadi maksut nya nelpon kaya biasa pake pulsa tapi video call gitu, ga bisa ya om? Soalnya ini ada cuma buat nelpon panggilan suara doang? Gkbisa buat video call

    Oom Yahya · 09/01/2016 at 8:08 pm

    Ya memang tidak bisa, harus pakai aplikasi khusus.

army · 09/02/2016 at 7:21 pm

kalo kita video call pake hangout.. si penerima nya apa kena biaya / kuota juga ? atau hanya si penelpon yang kena ? trm

    Oom Yahya · 09/02/2016 at 8:18 pm

    Iya, penerima juga kena kuota karena hangout itu memanfaatkan paket data

Paket murah internet · 19/03/2016 at 3:04 pm

thanks informasinya mas, saya coba praktekin dulu deh semoga aja bisa

skype untuk bisnis · 04/04/2016 at 8:42 am

Terima kasih untuk informasinya :). Artikelnya bagus…..

rhady · 08/04/2016 at 10:47 am

apa ada apk vide call yang hanya membebani si pnlpon mas,..

    Oom Yahya · 10/04/2016 at 1:34 pm

    Sepanjang pengetahuan saya tidak ada, mas

dila · 19/04/2016 at 8:13 pm

jdi bisa gak pakai aplikasi line??buat vc zenfone 4

    Oom Yahya · 20/04/2016 at 6:15 pm

    Mohon maaf saya tidak pegang Zenfone 4 dan kebetulan juga tidak menggunakan Line. Cuma dari berbagai sumber, saya dapat info bila video call dengan Line di Zenfone 4 kurang bagus, lebih sering bermasalah

Lita ariani · 09/05/2016 at 12:43 am

Kenapa klw asus zenfone go untuk hidup call lewat line,kelihatan sih tapi gelap,udah gitu macet ?
Padahal kamera depan 2 MP

    Oom Yahya · 09/05/2016 at 8:21 pm

    Wah, saya gak ngerti juga. Mungkin memang kualitas kamera depannya kurang bagus

charles · 08/06/2016 at 12:59 am

Payah lo, 3g an ama panggilan video menggunakan apalikasi gak suport brai. Lo ngejelasin payang bangat.

Aynie · 25/01/2017 at 8:36 pm

Kalo asus z007 kok nggak bisa menerima panggilan video ya ?
Padahal kalo saya yg menghubungi lewat panggilan video bisa.
Layar hp saya otomatis mati saat saya menerima panggilan video.
Kenapa ya min ?
Mohon bantuannya

    Oom Yahya · 25/01/2017 at 9:21 pm

    Salah satu penyebab bisa saja dari anti gores atau temperred glass yang digunakan. Jadi kalau menggunakan anti gores atau temperred glass, pastikan yang memang cocok untuk Zenfone Anda.
    Yang kedua, coba gunakan aplikasi lain untuk video call, hangout misalnya

Bayu Kurniawan · 23/02/2017 at 6:34 pm

Mau nanya om, saya menggunakan asus zenfone GO, kenapa setiap kali vid call menggunakan line selalu error & muncul tulisan “panggilan berakhir karena masalah mikrofon”, mohon petunjuk & bantuannya. Trima kasih

    Oom Yahya · 27/02/2017 at 3:38 pm

    Mohon maaf baru sempat reply.
    Sudah coba update ke firmware terbaru?

hendra sadewa · 19/04/2017 at 9:03 pm

ane maau nanya gan kan asus ane tipe z007 di mode pesawat tuh crta nya biar gx ada yang nlpon lagi kerja eh pas ane nyalain lagi sinyal gx muncul ya tapi sim kebaca gmna ya..bantuan nya dong bos

    Oom Yahya · 20/04/2017 at 8:49 am

    Coba cek di setting > dual sim card setting > pastikan SIM-nya aktif. Cek Data service network, aktif atau tidak. Bila perlu hapenya direstart.

Alfian H L · 28/06/2017 at 7:38 pm

Om mau tanya.
Kenapa saat video call gelap padahal kamera asli terang, sudah update aiatem tapi tak ada perubahan. Saya pake asus zenfon live.
Mohon pencerahannya ya om, terimakasih.

Muhammad Iqbal · 06/02/2019 at 4:02 am

Maaf om mau nanya kenapa kalau saya video call pakai WA kera depan pucat mukanya kalau kamera belakang biasa aja

    Muhammad Iqbal · 06/02/2019 at 4:04 am

    Saya pakai hp Asus Zenfone pro m2

Muhammad Iqbal · 06/02/2019 at 4:03 am

Maaf om mau nanya kenapa kalau saya video call pakai WA kera depan pucat mukanya kalau kamera belakang biasa aja,saya pakai hp Asus Zenfone pro m2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.