Sekilas Ulas ASUS Zenfone 3 Laser

Sejak generasi kedua, ASUS memiliki varian Zenfone yang diberi nama tambahan Laser. Dulu memang tepat karena Zenfone Laser adalah varian Zenfone yang pertama kalinya menggunakan laser untuk auto focus, namun kini hampir semua varian Zenfone generasi ketiga sebenarnya sudah menggunakan laser. Tapi “ketidaktepatan” nama tersebut menjadi tak berarti karena Zenfone 3 Laser ini adalah sebuah ponsel yang keren.

Karena masih satu keluarga, Zenfone 3 Laser yang memiliki nama kode ZC551KL ini bisa dibilang sangat mirip dengan Zenfone 3 ZE520KL yang sudah sering saya bahas di blog ini. Jadi untuk pembanding, mungkin bisa merujuk ke beberapa tulisan saya tentang Zenfone 3 di sini dan di sini.

Berikut akan sedikit saya ulas ASUS Zenfone 3 Laser ini, hanya saja tulisan ini nanti akan lebih fokus membahas perbedaan mendasar antara Zenfone 3 Laser ZC551KL dengan Zenfone 3 ZE520KL serta kesan saya dalam menggunakannya.

Yuk lanjut.

Body

Dimulai dari body terlebih dahulu. Beda 0.3 inci ternyata tak terlalu signifikan sehingga rasanya memegang Zenfone 3 Laser tak beda jauh dengan Zenfone 3. Namun kesan hampir sama besar ini didapat karena screen-to-body ratio Zenfone 3 Laser mencapai 73.47%, sedangkan Zenfone 3 hanya 68.46%. Yang pasti, body Zenfone 3 Laser yang terbuat dari logam membuatnya lebih tidak licin dibandingkan Zenfone 3 yang notabene semua dilapisi kaca kecuali bagian samping.

Ulas Asus Zenfone 3 Laser

Seperti yang terlihat, Zenfone 3 Laser yang saya pegang ini berwarna putih, cantik. Tak seperti Zenfone 3 yang sewarna seluruh body, Zenfone 3 Laser ini berwarna putih di depan, silver di belakang.

Zenfone 3 LaserZenfone 3 Laser

Saat dipakai untuk telpon, Zenfone 3 Laser terasa lebih mantap digenggam. Saya sungguh berharap suatu saat nanti bisa membandingkannya dengan Zenfone 3 ZE552KL yang sama-sama berukuran 5.5 inci agar perbandingannya lebih fair.

Baca Juga  PowerBank Dengan Feature Fast Charging? Ya ZenPower Pro!

Di bagian belakang, keduanya sama-sama memiliki sensor sidik jari dan rumah lensa yang menonjol. Plus tentu saja lampu flash dan laser untuk auto focus. Sensor sidik jari Zenfone 3 Laser relatif kurang sensitif jika dibandingkan Zenfone 3 ZE520KL namun masih lebih baik daripada salah satu kompetitornya yang kebetulan juga sedang saya pegang saat ini.

Zenfone 3 Laser

 

Performa

Prosesor yang digunakan oleh Zenfone 3 Laser adalah Qualcomm® Snapdragon 430 Octa Core 1.4 GHz Cortex A53, jelas-jelas merupakan “adik” dari Qualcomm® Snapdragon 625 Octa Core 2.0 GHz Cortex A53 yang digunakan oleh Zenfone 3, jadi jika performanya berada di bawah Zenfone 3, tentu sangat wajar.

Zenfone 3 Laser

Meski begitu toh tak terasa berbeda signifikan, apalagi jika hanya digunakan untuk browsing dan chatting. Barangkali akan terasa jika digunakan untuk bermain game berat yang membutuhkan banyak sumber daya.

Skor Antutu Zenfone 3 Laser adalah 44161, agak sedikit jauh di bawah Zenfone 3 yang memiliki skor Antutu 62822.

Zenfone 3 Laser

Zenfone 3 Laser ini malahan didukung dengan RAM yang lebih besar daripada Zenfone 3, yaitu 4 GB, sedangkan Zenfone 3 ZE520KL hanya 3 GB.

 

Baterai

Soal manajemen daya, harus diakui Zenfone 3 ZE520KL adalah juaranya karena dengan baterai hanya 2650 mAh, namun sungguh irit. Zenfone 3 Laser ini sedikit kalah soal manajemen daya (maklum, beda prosesor juga khan) sehingga dibekali dengan baterai yang lebih besar, yaitu 3000 mAh. Dengan demikian, keduanya kini menjadi relatif seimbang dalam hal keiritan baterai.

Namun Zenfone 3 Laser kalah telak soal pengisian ulang baterai karena tidak dilengkapi dengan teknologi fast charging dan hanya mengandalkan kabel micro USB biasa. Zenfone 3 memang tidak dilengkapi fast charging juga namun menggunakan USB Type C yang notabene memiliki transfer data dan daya lebih baik.

Baca Juga  ASUS Gelar Pre Order ZenFone Go ZB690KG di Indonesia

Zenfone 3 Laser

 

Lain-lain

Untuk hal lainnya, Zenfone 3 Laser dan Zenfone 3 bisa dibilang mirip. Teknologi audio, kamera, konektivitas, semuanya kurang lebih sama. Jadi Anda bisa membandingkannya dengan tulisan saya tentang Zenfone 3 ZE520KL yang link-nya tercantum pada paragraf kedua di atas.

Khusus tentang kamera, ada sedikit perbedaan antara Zenfone 3 Laser dengan Zenfone 3, yaitu pada resolusi kamera dan feature stabilizer-nya. Resolusi kamera belakang Zenfone 3 Laser adalah 13 MP, sedangkan Zenfone 3 ZE520KL 16 MP. Dengan begitu, soal ketajaman dan keindahan foto hasil tangkapan keduanya sama, hanya saja foto yang diambil dengan Zenfone 3 bisa di-zoom lebih besar sebelum nampak pecah-pecah.

Feature image stabilizer Zenfone 3 Laser memberikan kestabilan 3 sumbu, sedangkan Zenfone 3 ZE520KL 4 sumbu.

Berikut ini adalah contoh foto yang diambil dengan Zenfone 3 Laser.

Zenfone 3 Laser

Zenfone 3 Laser

 

Harga

Dengan feature yang sedikit di bawah Zenfone 3, wajar bila Zenfone 3 Laser dihargai lebih murah, yaitu Rp 3.399.000,- dibandingkan harga Zenfone 3 yang mencapai Rp 4.099.000,-.

Jadi sebaiknya pilih mana? Jika dananya cukup sih, saya tetap menyarankan untuk membeli Zenfone 3. Tetapi jika dana mepet dan hanya cukup untuk membeli Zenfone 3 Laser, maka tak perlu kecewa karena Zenfone 3 Laser juga merupakan produk yang bagus. Dengan kata lain, Anda bisa menikmati kecanggihan nyaris setara Zenfone 3 dengan harga yang lebih murah.

Spesifikasi lengkap Zenfone 3 Laser bisa disimak di tulisan saya sebelumnya.

Follow me on social media:

COMMENTS

Leave a Comment