Ganti Custom ROM Redmi Note 3 Untuk Mengaktifkan 4G LTE

Beberapa waktu yang lalu saya sudah menulis tentang cara downgrade MIUI untuk dapat mengaktifkan kembali 4G LTE. Cara tersebut cukup manjur tapi harus diikuti dengan trik cabut kartu SIM dan kelemahannya adalah, trik tersebut harus dilakukan kembali setelah restart dan jika terlalu sering, berpotensi merusak tray kartu SIM.

Ada tips lain yang bisa dilakukan agar koneksi 4G aktif permanen, yaitu dengan mengganti MIUI dengan ROM lain.

Namun, sejujurnya cara ini tidak cocok untuk semua pengguna Redmi Note 3 (atau Xiaomi lain yang terdampak koneksi 4G-nya). Mengapa? Karena cara ini membutuhkan nyali. Garansi Redmi Note 3 Anda otomatis akan gugur jika Anda mengganti MIUI dengan custom ROM. Jika ada apa-apa dengan Redmi Note 3 Anda, ya itu tanggung jawab Anda sendiri. Masih ditambah lagi, tingkat keamanan (security) ponsel Anda menjadi berkurang, misalnya menjadi lebih sulit untuk diproteksi dengan aplikasi pelacakan karena akan mudah dilewati dengan menginstall ROM baru.

Nah, jika Anda lebih rela kehilangan garansi dan selalu menjaga baik-baik ponsel Anda dari tangan jahil daripada dongkol masalah koneksi 4G, silakan baca tutorial ini lebih lanjut.

PENTING! Sebelum melakukan tutorial ini, salin data Anda terlebih dahulu ke tempat lain yang aman seperti di komputer/notebook atau pada penyimpanan cloud. Pastikan juga baterai ponsel Anda masih di atas 70%, akan lebih baik jika baru saja selesai diisi ulang hingga 100%.

Selanjutnya, perhatikan baik tutorial ini langkah demi langkah karena cukup panjang. Ketidaktelitian mengikuti tutorial ini bisa mengakibatkan Redmi Note 3 Anda bootloop atau brick (tidak bisa booting) dan itu adalah resiko yang harus Anda tanggung sendiri.

Jika Anda mengikuti dengan tepat, Redmi Note 3 Anda akan baik-baik saja, bahkan bisa menikmati custom ROM yang akan diinstall, karena saya sudah mencobanya sendiri, bukan kata orang lain.

Baca Juga  Lolliflash, Lampu Blitz Seperti Permen Lolli

OK, mari kita mulai.

 

Membuat Mi Account

Sebelum semua langkah yang akan dibahas di sini bisa dilakukan, terlebih dahulu Anda harus memiliki Mi Account. Pembuatan Mi Account kemungkinan telah dilakukan saat set up pertama ponsel Xiaomi Anda namun bila belum, Anda bisa menuju ke account.xiaomi.com melalui browser atau membuka Settings > Mi Account di ponsel.

Jika Anda membuka account.xiaomi.com dan menjumpai bahasa Mandarin, lihat bagian bawah dan klik tulisan English agar setingan bahasa berubah menjadi bahasa Inggris, setelah itu klik Create Mi Account. Selanjutnya ikutilah petunjuk pembuatan Mi Account.

Dalam pembuatan Mi Account, jika diminta memasukkan nomor telepon, sedapat mungkin masukkan nomor telepon yang digunakan pada Redmi Note 3 Anda.

 

Unlock Bootloader

Cara legal untuk unlock bootloader bisa dicek di sini.

 

Unduh ROM Yang Diinginkan

Salah satu custom ROM yang menurut saya cukup bagus adalah Resurrection Remix. Unduhlah custom ROM tersebut melalui alamat berikut: www.resurrectionremix.com. Pada situs tersebut, carilah ROM yang tepat untuk device Anda. Pengguna Redmi Note 3 Pro (Qualcomm Snapdragon) silakan masuk ke folder Kenzo dan mengunduh ROM terbaru. Saat artikel ini ditulis, ROM terbaru adalah RR-N-v5.8.0-20170109-kenzo-Nightly.zip.

Custom ROM tersebut umumnya tidak dilengkapi dengan aplikasi Google. Karena itu unduhlah paket aplikasi Google melalui situs opengapps.org.

opengapps

Karena custom ROM yang digunakan tersebut telah memiliki versi Android 7.1, maka pilihlah opsi ARM64 untuk platformnya, opsi 7.1 untuk versi Androidnya, dan opsi Stock untuk menginstall aplikasi Google standar. Setelah opsi-opsi dipilih, klik tombol Download (tombol berwarna merah). Nama file paket aplikasi Google tersebut adalah open_gapps-arm64-7.1-stock-20161230.zip.

Pindahkan file custom ROM dan paket aplikasi Google tersebut ke ruang simpan internal Redmi Note 3. Untuk berjaga-jaga jika TWRP tidak mampu membaca isi file ruang simpan internal, simpan kedua file tersebut ke dalam USB Flash dan siapkan kabel OTG. Bisa juga menggunakan USB Flash yang sudah memiliki colokan micro USB.

Baca Juga  Zenfone 2 Laser ZE500KL, Udah 4G LTE, Pake Laser Pula

Daftar nama device Xiaomi bisa dilihat di sini.

 

Install TWRP

Setelah berhasil unlock bootloader, langkah berikutnya adalah menginstall TWRP (Team Win Recovery Project). TWRP ini adalah semacam aplikasi yang digunakan untuk menginstall ROM dan melakukan backup, serta beberapa tugas lain.

Untuk dapat menginstall TWRP, Anda membutuhkan ADB & Fastboot yang dapat diunduh di https://devs-lab.com/download-minimal-adb-fastboot-tool.html. Install-lah ADB & Fastboot sesuai petunjuk yang ada di sana. Saya sarankan, jangan menginstall ADB & Fastboot di folder Program Files, melainkan buatlah sebuah folder sederhana, misalnya c:\adb dan install-lah di situ. Oh ya, menurut informasi yang beredar, tools ini sebaiknya diinstall pada Windows 64-bit karena banyak yang mengalami kegagalan ketika menjalankannya di WIndows 32-bit.

Sedangkan TWRP-nya sendiri bisa diunduh di https://twrp.me/Devices/. Carilah sesuai dengan device yang Anda gunakan. Untuk Redmi Note 3 Pro (Qualcomm Snapdragon), nama kodenya adalah Kenzo. Untuk langsung menuju ke lokasi pengunduhan, Anda bisa ke sini https://dl.twrp.me/kenzo/twrp-3.0.2-2-kenzo.img.html.

Simpan file img yang diunduh ke folder c:\adb yang dibuat tadi. Untuk memudahkan, gantilah nama file twrp-3.x.x.x-kenzo.img menjadi twrp.img.

Nah sekarang, lakukan langkah berikut dengan hati-hati ya.

  1. Matikan ponsel.
  2. Tekan dan tahan kombinasi tombol power & volume down untuk masuk ke fastboot mode.
  3. Di komputer, buka File Explorer pada folder c:\adb dan tahan tombol shift sambil klik kanan folder tersebut. Pada menu yang muncul, pilih Open command window here. Command window akan terbuka pada folder c:\adb.
  4. Tancapkan Redmi Note 3 ke komputer menggunakan kabel USB bawaan.
  5. Pada command window, jalankan perintah berikut: c:\adb> fastboot flash recovery twrp.img lalu tekan Enter. Jika berhasil, seharusnya akan muncul beberapa “OKAY” dan diakhiri dengan “finished”.
  6. Berikutnya, jalankan perintah berikut: c:\adb> fastboot boot twrp.img lalu tekan Enter. Sekarang Anda telah masuk ke TWRP. Anda boleh melepas kabel USB dari ponsel sekarang.
  7. Pilih bahasa terlebih dahulu dengan mengetuk Select Language dan pilihlah English.
Baca Juga  The Incredible Asus Zenfone 3

 

Halaman utama TWRP ditampilkan pada gambar berikut ini.

TWRP - Main

Untuk selanjutnya, Anda tak perlu mengulangi lagi langkah di atas bila hendak masuk ke TWRP, melainkan cukup dengan mematikan ponsel dan setelah itu tekan dan tahan kombinasi tombol power dan volume up.

 

Melakukan Flash ROM

Nah, tibalah saatnya untuk melakukan flash custom ROM yang telah diunduh tadi. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Jika hendak melakukan instalasi ROM dari baru (bukan update), lakukan wipe terlebih dahulu. Pastikan data telah dibackup ya. Untuk melakukan wipe, ketuk tombol Wipe dan kemudian geser slider swipe to factory reset yang ada di bagian bawah ke arah kanan.
  2. Setelah itu kembalilah ke halaman utama TWRP, ketuk Install dan carilah file custom ROM yang telah disalin ke ruang simpan internal tadi, ketuk file tersebut.
  3. Jika TWRP tidak mampu menemukan file custom ROM, pasanglah USB OTG, lalu pada halaman utama ketuk Mount dan lakukan mount terhadap USB OTG tersebut. Setelah itu ketuklah file custom ROM yang ada pada USB OTG.
  4. Geser slider swipe to confirm flash.

Ganti Custom ROM Redmi Note 3

  1. Setelah selesai, kembalilah ke halaman utama, pilih Install, lalu carilah file paket opengapps.
  2. Geser slider swipe to confirm flash.
  3. Setelah selesai, ketuk tombol wipe cache/dalvik, kemudian reboot.

Ganti Custom ROM Redmi Note 3

 

Proses reboot ini akan memakan waktu agak lama, harap bersabar. Namun kesabaran Anda akan membuahkan hasil karena custom ROM terinstall.

Ganti Custom ROM Redmi Note 3

Selamat mencoba, semoga berhasil

Follow me on social media:

COMMENTS

Leave a Comment