Blog Oom Yahya

Catatan Usil Yahya Kurniawan

July 12th, 2008

Excel Tips: Menyimpan File Ke Format CSV

Microsoft, Teknologi Informasi, by Oom Yahya.

Banyak orang memiliki alasan yang kuat untuk tidak menyimpan file Excel ke dalam format standarnya (XLS atau XLSX). Salah satu alasannya adalah agar file tersebut dapat saling dipertukarkan kepada banyak orang yang tidak menggunakan Excel atau untuk keperluan ekspor/impor data ke perangkat lunak database.

Format yang cukup diminati adalah CSV (Comma Separated Value).

Sesuai namanya, data atau nilai yang terdapat pada file CSV satu dengan yang lain dipisahkan dengan karakter koma (,). Jika berganti baris, maka itu dianggap record baru.

Tentu saja ada kondisi tertentu yang harus dipenuhi agar file Excel bisa disimpan dalam format CSV. Setidaknya ada tiga kondisi utama yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Data yang diolah di Excel hanya berupa teks atau angka.
  • Tidak mengandung VBA.
  • Hanya terdiri dari satu sheet.

Langkah untuk menyimpan file ke dalam format CSV cukup mudah, yaitu dengan memilih File > Save As (Excel 2003 atau sebelumnya) atau dengan mengklik Microsoft Office Button > Save As pada Excel 2007. Setelah itu pada kotak dialog yang muncul, pilihlah format CSV (Comma delimited) (*.csv) melalui drop-down Save as type. Semudah itu? Tentu saja iya.

Namun seringkali ada kasus tertentu yang menjadikan perkara menyimpan ke dalam format CSV menjadi tidak semudah itu. Bagaimana seandainya data yang hendak disimpan ke dalam format CSV mengandung karakter koma? Tentu perangkat lunak yang membacanya akan mengira bahwa sudah saatnya berganti data, padahal sebenarnya koma itu dimaksudkan untuk tanda baca.

Sayangnya Excel tidak memiliki fasilitas untuk mengganti karakter pemisah tersebut. Kalau CSV, ya pemisahnya koma. Padahal sebenarnya bisa saja karakter pemisah tersebut diganti dengan titik koma (;) atau mungkin karakter lain. Yang jelas karakter tersebut tidak boleh muncul di bagian data.

Lalu bagaimana seandainya tanda koma tersebut ingin diganti karakter lain?

Ada satu trik yang bisa dilakukan, yaitu “meminjam” perangkat lunak pengolah kata seperti Microsoft Word. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Salin seluruh data Excel ke Word.
  • Pada Word, gunakan fitur Convert Table to Text.
  • Pada kotak dialog Convert Table to Text, pilih Other dan isilah dengan karakter titik koma (;).
  • Simpan dengan format Plain Text dan berilah nama file tersebut dengan akhiran *.csv.

Jika file tersebut hendak dibaca oleh perangkat lunak lain, beritahukan kepada perangkat lunak tersebut bahwa pemisah yang digunakan adalah titik koma (;), bukan koma (,).

Trik ini saya buat berdasarkan pengalaman saya mengimpor data dari Excel ke MySQL via phpMyAdmin.

Back Top

Responses to “Excel Tips: Menyimpan File Ke Format CSV”

  1. Tips yang berharga. Patut dicoba. Salam kenal.

  2. mosok bisa pak..???

    *penasaran*

  3. nice trick pak, tapi kalau mau konversi dari excel ke mysql bisa merujuk ke sini pak: http://blog.lentera.web.id/2008/07/15/php-excel-to-mysql-converter/

  4. Thanks banget buat infonya…………..!

  5. Test dulu ne,,,tq ya….

  6. thanx buat infonya….
    btw , klo csv kan simpan datanya menjadi 1 baris gitu.
    klo mau simpan datanya menjadi 1 kolom gitu ,bisa ga ya?
    thanx

  7. Mas tukeran link yuk, kebetulan topik kita sama. Kalo ok tulisannya mainexcel ya. Sy add dulu, sy nantikan linknya. Thanks

  8. :-( saya bingung pak soalnya pas saya coba gagal ada masukan ga? (tears)

  9. (banana_rock) thanks

    ArgaMales at Reply
  10. untuk mengganti karakter pemisah.. bisa juga dengan cara.. merubah regional komputer kita..
    caranya :
    masuk ke control panel->regional and language options->ubah standard and formats menjadi Indonesia( maka karakter pemisah akan menjadi “;”), klo diubah jadi English (United Kingdom) (akan berubah menjadi “,”)

    CMIIW..

    siapa saja at Reply
    • thanks, very helpful

      • mas kalu mau kirim data excel tapi sebaris aja bisa gak?
        jd di dalam data base excel per baris plg akhir saya tuliskan email nah jika saya klik email tsb maka data baris itu saja yg terkirim data baris yg lain tdk terkirim. kira” bisa gak mas.

        • Mungkin bisa tapi harus pake Macro. Saya terus terang sudah lama gak main macro di Excel, banyak yang lupa

          Oom Yahya at Reply
  11. mas terima kasih atas tipsnya saya sering mendapat program yang harus di entry padahal datanya ada di excel kalo boleh bisa berikan caranya dari excel ke mysql tanpa harus mengentry data ulang.
    trims :)

    agus sobirin at Reply
  12. thanks buat info nya,,dah dcoba euy,,jadi skrg dah bisa deh import k DB dr exceL….!!! (dance)

  13. Coba dulu ah…thanks infonya mas (headspin)

  14. mas mau tanya nih.. saya ada 2 komputer. saya kan sering mendownload file history transaksi dari bank melalui online dengan ekstensi file .csv. msalah yg saya hadapi kenapa satu komputer saya isa membaca file .csv dengan excel tanpa di setting apapun(dengan kondisi semua kata2 di masing2 kolom n baris). sedangkan kompie yg satu lagi malah amburadul tulisan dan susunannya. kira2 pa yg harus saya lakukan? mengenai program yg terinstall semuanya sama..tidak ada yg berbeda.

    mohon pencerahannya
    jika berkenan tolong kirimkan melalui email ke apin_coolz@yahoo.com

  15. Bagaimana cara mensave file excel, tapi semua rumus di file aslinya tidak muncul di file excel yang barunya? atau dengan kata lain difile yang baru menjadi value nya saja (link nya tidak berfungsi). Terima kasih atas infonya.

  16. coba dulu ach, baru coment

  17. numpang tanya, pak, dengan menggunakan fasilitas import di phpmyadmin bisa gak ya import *.xls ke phpmyadmin ? ataukah harus disave dulu ke *.CSV ?

  18. akhlak yg sangat luar biasa, terima kasih

    doraemon at Reply
  19. ane coba gan !

  20. Yang paling enak itu ya pakai OpenOffice.org waktu kita simpan dalam format *.csv, kita bisa menentukan pemisah antar kolomnya sendiri..

  21. Paling enak itu ya pakai OpenOffice.org Calc. Kita dapat menentukan sendiri Delimiter pada saat menyimpan file dalam format *.csv.

  22. terima kasih banyak………

    syahdin at Reply
  23. thanks. sangat membantu dalam pekerjaan nih :D

  24. tengkyu gan.. berguna banget buat yang newbi kaya ane…

  25. TENGKYU…

  26. trimakasih tipsnya sangan membantu

  27. Mf ak lg ad mslh nh, bs bantuannya nGga: data salah satu data yang ku import dr excell ke database kok’ ngga bs membaca yaa?? Pdhl utk data yg lain bs …. Mhn bantuannya ? Mksh

  28. Mas mau nanya. Saya kan udah convert dari excel ke CSV. Tapi kok di CSV datanya bisa berbeda dengan yang ada di Excel. Misalnya di excel ada data NUPTK yang berisi angka, tapi di CSV tidak muncul angkanya. Malah muncul rumus. Tolong jawab ya mas. Terimakasih

  29. Ya itu kalau udah jadi CSVnya mas. Ini saya mau convert dulu dari Excel ke CSV.

  30. @Arom Akmala: wah, ini kasus langka, kalo dikonvert ke CSV harusnya justru rumusnya hilang. Bisa dicoba disave ulang ke nama lain?

    Oom Yahya at Reply
  31. sekedar tambahan
    kalau menurut saya karakter titik koma atau koma juga tergantung di regional settingnya, karena saya pernah mencoba untuk en-US dan id-ID

  32. Coba pakai phpMyAdmin, di situ ada fitur untuk import dari CSV ke database mysql

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *