Pernah mengalami komputer tiba-tiba rusak? Lebih-lebih yang rusak itu harddisk? Dan kalau itu kejadian padahal file penting belum dibackup, tentu penyesalan mendalam yang terjadi. Karena itu disarankan untuk selalu melakukan backup terhadap file penting.

Langkah termudah untuk melakukan backup adalah selalu memiliki lebih daripada satu salinan untuk dokumen penting yang baru saja dibuat. Misalnya pada satu hari Anda membuat 3 buah dokumen, akan sangat baik bila ketiga dokumen tersebut selain disimpan di harddisk, disimpan pula di USB Flash dan di layanan cloud.

Membagi harddisk menjadi beberapa partisi juga merupakan praktik baik karena selain disimpan pada direktori default, Anda juga bisa menyimpan salinan dokumen ke partisi lain. Meskipun praktik seperti ini tidak 100% aman karena bila yang rusak harddisk-nya, maka ada kemungkinan seluruh partisi tidak dapat diakses. Jadi salinan di tempat selain harddisk mutlak diperlukan.

Dengan cara di atas, setidaknya Anda sudah melakukan backup terhadap file penting dan terkini. Untuk melakukan backup secara lebih menyeluruh, Anda dapat memanfaatkan aplikasi backup dan salah satu aplikasi backup yang saya sarankan adalah EaseUS Todo Backup Home.

Baca Juga
Ampuh! Multimedia ASUS Vivobook S200

Salah satu alasan mengapa saya menyarankan EaseUS Todo Backup Home adalah tersedianya versi free dari aplikasi tersebut. Maklum, di Indonesia ini, soal harga merupakan hal yang sensitif dalam pengambilan keputusan untuk menggunakan suatu software. Meski free, bukan berarti aplikasi backup ini bersifat ecek-ecek.

Jika dilihat pada tabel perbandingan berikut, perbedaan versi free dan versi berbayar yang paling utama adalah pada sisi kecepatan. Selain itu ada beberapa feature yang tak tersedia seperti pemulihan untuk Outlook, pengecualian backup terhadap file tertentu, dan dukungan teknis. Saya pikir, jika EaseUS Todo Backup Home versi free ini benar-benar digunakan di “home”, feature tadi mungkin tidak terlalu mendesak.

EaseUS Todo Backup Home

Kalaupun toh Anda membutuhkan feature tadi, bisa membeli versi berbayar seharga $23.20, sebuah harga yang relatif tidak mahal dibandingkan dengan pentingnya file Anda.

Untuk kepentingan posting ini, saya akan membahas penggunaan EaseUS Todo Backup Home versi free. Perhatikan bahwa saat dilakukan instalasi, EaseUS Todo Backup Home akan meminta informasi partisi mana yang akan digunakan sebagai tujuan penyimpanan backup. Sedapat mungkin, jangan menggunakan partisi yang sama dengan partisi berisi sistem operasi atau data.

Baca Juga
Acer Aspire E11, Gantinya Tablet

EaseUS Todo Backup Home memiliki antarmuka yang relatif sederhana dan mudah ditebak penggunaannya. Empat fungsi utama diwakili oleh empat buah tombol di bagian kiri atas, yaitu:

  • Disk/Partition Backup: digunakan untuk melakukan backup terhadap harddisk atau partisi harddisk.
  • File Backup: digunakan untuk melakukan backup terhadap file.
  • System Backup: digunakan untuk melakukan backup terhadap sistem operasi.
  • Smart Backup: digunakan untuk melakukan backup terhadap file terpilih.

EaseUS Todo Backup Home

Selain itu, masih terdapat sebuah fungsi tambahan, yaitu Clone yang bisa digunakan untuk melakukan backup dengan cara melakukan salinan persis (clone) terhadap suatu partisi. Sebagai bonus, EaseUS Todo Backup Home memberikan beberapa perkakas yang sangat bermanfaat seperti:

  • Check Image: digunakan untuk memeriksa “kesehatan” sebuah file image.
  • Create Emergency Disk: digunakan untuk membuat USB atau CD/DVD yang bersifat bootable dan dapat dipergunakan untuk memperbaiki sistem dalam keadaan darurat.
  • Wipe Data: digunakan untuk menghapus data secara permanen.
  • iSCSI Initiator: digunakan untuk melakukan konfigurasi terhadap harddisk SCSI.
  • Enable PreOS: digunakan untuk mengaktifkan PreOS, sebuah sistem operasi sederhana yang dapat digunakan sebagai cadangan bila sistem operasi utama gagal booting.
  • Mount/Unmount: digunakan untuk melakukan mount/unmount terhadap harddisk.
Baca Juga
Data Hilang? Tenang, Ada EaseUS Data Recovery Software Wizard

 

Feature backup dilengkapi dengan kompresi dan enkripsi. Semakin tinggi kompresi yang diinginkan, semakin sedikit ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan hasil backup namun waktunya semakin lama. Sedangkan untuk enkripsi, ingat baik-baik password yang digunakan karena jika sampai lupa, tidak ada cara yang dapat digunakan untuk memulihkannya.

Dengan berbagai feature EaseUS Todo Backup Home yang tersedia tersebut, Anda dapat melakukan backup dengan mudah. Lebih daripada itu, Anda dapat melakukan klone secara free terhadap sistem operasi Anda – termasuk sistem operasi terbaru seperti Windows 10 – dan dengan demikian, Anda akan dimudahkan saat hendak melakukan migrasi sistem operasi ke komputer baru.

Follow me on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.