|

Mengganti Default Icon Suatu File di Windows 7

Mengganti ikon sebuah jenis file pada sistem operasi Windows XP merupakan perkara yang gampang. Namun justru menjadi sebuah persoalan pelik di Windows 7. Mengapa? Ya karena memang tidak tersedia fitur untuk menyuntingnya. Barangkali kalau mau mengutak-atik registry, saya pikir bisa dilakukan. Tapi penyuntingan registry sebisa mungkin akan saya letakkan pada posisi terakhir, kalau memang cara yang lain sudah benar-benar tidak ada.

Nah, untunglah untuk soal penggantian ikon default ini, tersedia sebuah peranti lunak yang bisa digunakan untuk menyuntingnya tanpa harus melalui registry. Namanya adalah FileTypesMan. Bagaimana cara penggunaannya?

Mula-mula, download dulu FileTypesMan di sini. File itu tersedia dalam format .zip, karena itu mekarkan terlebih dahulu isinya dan simpan pada folder tertentu.

Jalankan file FileTypesMan.exe. Bila User Account Control menanyakan apakah program tersebut boleh dieksekusi, jawab Yes.

Tampilan FileTypesMan terlihat seperti pada gambar.

Cari ekstensi file yang akan diganti ikonnya lalu klik ganda item tersebut. Pada contoh gambar di atas, ekstensi file yang disorot adalah .docx. Bila diklik ganda, akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawa ini.

Klik tombol yang ada di sebelah kanan kotak teks Default Icon, lalu carilah file yang memuat gambar-gambar ikon yang diinginkan. Jika sudah klik OK.

Nah, sekarang ikon file tersebut sudah berganti sesuai dengan ikon yang dipilih tadi.

Mudah, bukan?

Follow me on social media:

Similar Posts

9 Comments

    1. Default ikon bisa berubah karena beberapa sebab, salah satunya karena melakukan instalasi software sejenis. Misalnya di komputer sudah ada LibreOffice lalu install Microsoft Office, maka ikon LibreOffice tadi berganti ke ikon Microsoft Office, padahal mungkin lebih suka ikon LibreOffice.

  1. klo di windows xp kan bisa di rubah di folder option.
    klo di windows 7 dimana yah tanpa harus install software tambahan gto mas. thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published.