Wisata ke Owabong

Tanggal 2 hingga 4 Juli 2008 lalu saya sekeluarga berwisata ke Owabong, mumpung anak-anak saya lagi libur semesteran. Bagi yang belum tahu, Owabong adalah singkatan dari Objek Wisata Air Bojongsari. Dan sesuai namanya, tempat itu adalah objek wisata yang melulu berisi permainan air. Bojongsari sendiri adalah nama daerah yang masih termasuk ke dalam kabupaten Purbalingga.

Dari Jogja, ada dua alternatif rute yang dapat diambil untuk menuju ke Purbalingga. Tentu saja yang dipilih adalah rute-rute yang melewati jalan propinsi. Kalau jalan setingkat jalan kabupaten atau malah kecamatan dihitung, tentu bakal ada ribuan kemungkinan.

Alternatif rute pertama adalah Jogja – Magelang – Temanggung – Wonosobo – Banjarnegara – Purbalingga, sedangkan alternatif kedua adalah Jogja – Purworejo – Kebumen – Gombong* – Buntu* – Sokaraja* – Purbalingga. Yang diberi tanda bintang adalah kota setingkat kecamatan.

Sebelum tiba di Owabong, saya berencana untuk berhenti dulu di satu tempat wisata. Kalau lewat rute alternatif kedua, tempat-tempat wisata yang “tersedia” di sana sebagian besar adalah wisata pantai. Mengingat cuaca akhir-akhir ini yang kurang bersahabat, tentu kurang bijaksana jika mengunjungi pantai.

Akhirnya diputuskan untuk berangkat melewati jalur alternatif pertama dan mampir di Dieng yang terletak di sebelah utara Wonosobo. Di Dieng, beberapa objek wisata yang sempat saya kunjungi adalah Telaga 3 Warna, Kawah Sikidang, dan Kompleks Candi Arjuna. Setelah puas di Dieng, perjalanan dilanjutkan hingga tiba di Owabong.

Di sekitar Owabong, beberapa objek wisata lain yang tersedia adalah Taman Reptil (semacam kebun binatang khusus reptil) dan Taman Aquarium. Taman Aquarium memiliki beberapa koleksi unik, salah satunya adalah Arapaimas Gigas yang merupakan salah satu jenis ikan air tawar terbesar.

Baca Juga  Perjalanan Palembang-Jogja pp

Beberapa foto wisata ke Owabong yang “layak” dipublikasikan dapat dilihat melalui account Flickr saya. Anda dapat menuju ke sana melalui widget My Photo yang ada di sidebar blog ini.

Follow me on social media:

COMMENTS

Leave a Comment