Wisata ke Owabong

Tanggal 2 hingga 4 Juli 2008 lalu saya sekeluarga berwisata ke Owabong, mumpung anak-anak saya lagi libur semesteran. Bagi yang belum tahu, Owabong adalah singkatan dari Objek Wisata Air Bojongsari. Dan sesuai namanya, tempat itu adalah objek wisata yang melulu berisi permainan air. Bojongsari sendiri adalah nama daerah yang masih termasuk ke dalam kabupaten Purbalingga.

Dari Jogja, ada dua alternatif rute yang dapat diambil untuk menuju ke Purbalingga. Tentu saja yang dipilih adalah rute-rute yang melewati jalan propinsi. Kalau jalan setingkat jalan kabupaten atau malah kecamatan dihitung, tentu bakal ada ribuan kemungkinan.

Alternatif rute pertama adalah Jogja – Magelang – Temanggung – Wonosobo – Banjarnegara – Purbalingga, sedangkan alternatif kedua adalah Jogja – Purworejo – Kebumen – Gombong* – Buntu* – Sokaraja* – Purbalingga. Yang diberi tanda bintang adalah kota setingkat kecamatan.

Sebelum tiba di Owabong, saya berencana untuk berhenti dulu di satu tempat wisata. Kalau lewat rute alternatif kedua, tempat-tempat wisata yang “tersedia” di sana sebagian besar adalah wisata pantai. Mengingat cuaca akhir-akhir ini yang kurang bersahabat, tentu kurang bijaksana jika mengunjungi pantai.

Akhirnya diputuskan untuk berangkat melewati jalur alternatif pertama dan mampir di Dieng yang terletak di sebelah utara Wonosobo. Di Dieng, beberapa objek wisata yang sempat saya kunjungi adalah Telaga 3 Warna, Kawah Sikidang, dan Kompleks Candi Arjuna. Setelah puas di Dieng, perjalanan dilanjutkan hingga tiba di Owabong.

Di sekitar Owabong, beberapa objek wisata lain yang tersedia adalah Taman Reptil (semacam kebun binatang khusus reptil) dan Taman Aquarium. Taman Aquarium memiliki beberapa koleksi unik, salah satunya adalah Arapaimas Gigas yang merupakan salah satu jenis ikan air tawar terbesar.

Beberapa foto wisata ke Owabong yang “layak” dipublikasikan dapat dilihat melalui account Flickr saya. Anda dapat menuju ke sana melalui widget My Photo yang ada di sidebar blog ini.

Follow me on social media:

47 thoughts on “Wisata ke Owabong

  1. Remo Harsono

    Salam kenal dari wong Purbalingga asli (saya dari Penaruban – Kaligondang, Purbalingga).

    Ketemu Sumanto ‘Pemakan Manusia’ ga pak? he.he.he.

  2. Ada jalur alternatif yg lebih pendek :

    Jogja – Purworejo – Kebumen – Gombong – Waduk Sempor – Gandulekor – Klampok – Bukateja – Purbalingga

  3. #4
    Anak2 saya tuh takut air, memang sengaja saya bawa ke sana untuk belajar senang air.

    #5
    Salam kenal juga, mas Remo

    #6
    Terima kasih infonya, cuma saya trauma lewat jalur alternatif :mrgreen: Jadi lebih baik memilih yang aman2 saja

  4. Saya lahir dan dibesarkan di Purbalingga. Dulu, waktu SMA saya melakukan ujian mata pelajaran olahraga khusus untuk renang di kolam renang Bojongsari. Di sinilah saya nyaris tenggelam. Ceritanya guru olahraga tidak percaya kalau saya tidak bisa berenang. Lalu beliau menempatkan saya di bagian tengah pada awal start. Sementara di kanan kiri saya adalah teman-teman yang bisa berenang. Lalu, ketika aba-aba start ditiup, saya langsung berenang menuju pinggir. Malang bagi saya yang tidak bisa berenang. Kolam itu terlalu lebar bagi saya. Saya tenggelam di situ untuk beberapa saat. Baru ketika saya tidak muncul, beberapa teman menarik saya dari dalam air. Fyuh…. saya nyaris mati tenggelam di Bojongsar. Sejak ujian renang yang gagal itu saya belum pernah lagi main ke Bojongsari. Apalagi setelah lulus SMA saya juga hengkang ke Yogyakarta.

    Ah, moga-moga saya punya kesempatan main ke Owabong suatu saat nanti…

  5. haluuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu,,,,,,
    Jen aku ngajog de seng maring OWABONG ora gelem nang kancaku,,,,coale ra duwe duit,hehehehehehehehehehehe
    ehhhhhhhhhhhhhhh saiki ndeleng blo lan foto2 ne malah kagum keliwat-liwat,,hahahahahahahaha
    kapan yah bisa maring OWABONG?????
    soale aku saiki nang bandung,,,,ngeesuk2 lah,,,,,ngger mudik maring kota tercinta PURBALINGGAku……….

  6. AKU asli wong purbalingga kiyeeeeeeeeeeeeeeee,,,tepate nang desa Karang Jambe,,,,,ngger ngerti pabrik rokok SAMPOERNA y pasti ngerti lahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  7. sepisaaaaaaaaannnn maning ,,,bagi kancaku CAH ANGEL COMUNNITY,,,,,hahahahahaha
    pada kepriwe kabareeeeee???????
    sehat toooooooooooooooo???????
    huhhhh,jadi pingin cepet2 balik maring PURBALINGGA…….

  8. sarjono

    aku juga wong purbalingga lho! tapi uripku neng semarang.
    tapi, kayane wong seumurku akeh sing padha buta komputer, mulane ora tau ketemu neng dunia maya.
    (lha wong umurku 53 thn lho!).
    sekolahku gemiyen smp n kalimanah (siki smpn 1), lulus thh 1971, terus stm bersubsidi purwakerta.
    jujur aku urung tau weruh owabong.

  9. MIA

    Emang bagus banget owabong aku aja hampir tiap minggu kesana..eh sekarang ada leleson lho..tempatnya enak banget disana ada air panasnya..bisa juga diseting buat nikahan..ulang tahun..dll..

  10. wah kalau kalian (tongue) datang ke owa (applause) (annoyed) (girlkiss) (mmm) (yahoo) (worship) (banana_cool) bong purbalinga pasti seneng bangat (dance) (banana_rock) palagi ma pcr (cozy) uh pokok nya asyik ayo buruan dateng (ngacir)

  11. wah kalau kalian (tongue) datang ke owa (applause) (annoyed) (girlkiss) (mmm) (yahoo) (worship) (banana_cool) (brokenheart) (hassle) (hassle) (haha) (haha) (griltongue) (panic) (party) (party) (gym) (banana_rock) (griltongue) (goodluck) bong purbalinga pasti seneng bangat (dance) (banana_rock) palagi ma pcr (cozy) uh pokok nya asyik ayo buruan dateng (ngacir)

  12. Darmiko

    Mas Sarjono & Mas Yahya Kurniawan,

    Saya juga orang Purbalingga SMP Kalimanah lulusan 1971, asline sih Manduraga he..he..he..

    Masih ingat saya kah? Nek Mas Sarjono aku emutlah walaupun wis 38 tahun ora ketemu. Mas sarjono neng Smg aku lewih adoh maning neng Papua.

    Kalau untuk Mas Yahya, aku ora patia emut lho.

    1. Darmiko,
      priye kabare, koq adoh temen sih gutul papua?
      aku esih kemutan, kowe gemiyen khan mbejut banget tha?
      batire dewek sing jenenge Sujono siki neng endi ya?
      siji maning Sri Laksmi M putrane pak Lamat neng endi/
      kapan balik neng manduraga?
      lebaran 2010 bali ora?
      insya allah aku lebaran neng purbalingga.
      kabari aku neng emailku ya : [email protected] utawa [email protected]

  13. mickey

    owabong cottages… COTTAGES KELAS MELATI dengan harga BINTANG LIMA !!!!…… desain cottages ketinggalan zaman 20 tahun. fasilitas sangat jelek!!! pintu aja gak bisa rapat sehingga orang diluar kamar dengan mudah bisa melihat kedalam meskipun pintu tertutup. kualitas kamarmandi sangat jelek. kloset macet, shower bocor,kotor, air panas tidak lancar. kualitas bantal dan kasur sangat jelek, keras bikin leher sakit. kebersihan lingkungan buruk. semua nya hanya pantas diberi kelas MELATI 2. kecuali pelayan yang terlihat berusaha keras menutup kekurangan ini. saran saya, yang ingin berwisata ke owabong, jangan menginap di cottagesnya. menginap saja di hotel bintang 4 di Purwokerto dgn cos separoh di cottages owabong yang jelak.!!! Untuk cottages, owabong perlu belajar banyak. mulai dari desain kamar, mutu interior, mutu mebiler, kamarmandi, air,kebersihan.. semua hanya pantas ditarif 150 ribu….!!! tidak lebih. saya sangat kecewa.

  14. Pengalaman yang menarik mas, tapi kalo boleh saran , sebaiknya diberitahukan berapa jam perjalanan dan kira2 habis berapa ongkos untuk menuju ke wisata Owabong kalau dari Yogya,

    terimakasih telah berbagi pengalamannya :)
    Hidup Insan Pariwisata Indonesia !

  15. Wah, Baca postingannya Om Yahya jadi inget 7 tahun silam waktu ngerayain wisudanya mantan pacar. Hehehehe, tapi bacanya nggak pake BAPER Kok.

    BTW, Sekarang udah makin cantik ajah nih Tempat Wisata Owabong. Saya juga kebetulan ada foto terbaru tempat wisata kebanggaan masyarakat Purbalingga ini. Tapi sayang belum sempet saya upload dokumentasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *