Windows 7 vs Fedora 12 vs Ubuntu 9.10

Akhirnya kesampaian juga niat saya mengisi komputer saya dengan ketiga OS terbaru itu. Windows 7 yang saya gunakan masih versi trial 30 hari yang bisa diextend sampai 120 hari. :mrgreen: Sedangkan Linux-nya tidak perlu dipertanyakan lagi – gratis! (ups sori, bukan gratis, tapi bebas saya download) :p

Sekedar info, spesifikasi komputer saya adalah:

  • Intel Core2Duo E7200 2.533 GHz
  • MB Asus P5GC-MX
  • HardDisk Maxtor 160GB SATA
  • RAM Kingston 2 GB
  • nVidia GeForce 7200GS 256 MB

 

Berikut pengalaman dan review saya mengenai ketiga OS yang rilisnya hampir bersamaan itu.

Instalasi Windows 7 berjalan mulus. Seluruh hardware terdeteksi dengan baik dan saya tidak perlu repot-repot membongkar CD bawaan masing-masing perangkat keras untuk mencari drivernya. Linux Fedora 11 dan Ubuntu 9.04 yang sebelumnya telah ada di komputer saya juga tetap dapat booting dengan baik.

Masalah muncul ketika saya menginstall Fedora 12. Seperti biasa, saya selalu menginstall GRUB di partisi Linux, bukan di MBR. Kontrol booting saya serahkan pada BCD milik Windows. Tapi entah apa sebabnya, tiba-tiba komputer tidak dapat booting karena tidak ada informasi booting di MBR. (doh) Terpaksa saya perbaiki partisi MBR tersebut dengan DVD Instalasi Windows 7 dan untungnya bisa.

Lalu Ubuntunya juga bikin masalah. Karena dia menggunakan GRUB2, maka BCD dengan sukses tidak mampu berkenalan dengan GRUB2 dan alhasil Ubuntu gagal booting. Solusi yang saya ambil adalah install ulang Ubuntu dan tidak menginstall GRUB2 sama sekali. Lalu saya menambahkan entri ke Ubuntu pada GRUB Fedora. Dan akhirnya Ubuntu berhasil booting. (dance)

Kesan pertama, Windows 7 memiliki tampilan desktop yang terbaik! Disusul oleh Fedora 12 dan yang paling buruk adalah Ubuntu 9.10. Entah kenapa, theme berwarna coklat yang menghiasi Ubuntu selalu nampak muram bagi saya. Berbeda dengan Windows dan Fedora yang didominasi warna biru yang cerah. Memang itu bisa diganti, tapi kesan pertama itu sangat bermakna, bukan?

Soal kelengkapan perangkat lunak, tidak ada yang bisa mengalahkan Linux. Dalam satu paket instalasi, selalu sudah tersedia berbagai perangkat lunak yang siap membantu untuk pekerjaan sehari-hari, misalnya OpenOffice.Org dan GIMP. Cuma kalau soal multimedia, Linux selalu terbentur pada codec yang tersedia, walaupun itu bisa diinstal secara terpisah.

Urusan perangkat keras, sudah saya sebutkan sebelumnya bila Windows 7 tidak memiliki kesulitan dalam deteksi perangkat keras. Bila toh tidak bisa mendeteksi, driver bawaan perangkat keras tersebut hampir bisa dipastikan akan memberikan solusi. Nah, pas menggunakan Linux, hampir selalu yang jadi masalah adalah driver nVidia. Pada Fedora 12, saya sempat berjuang habis-habisan sebelum akhirnya VGA saya bisa berfungsi dengan baik. Sayang sekali "perjuangan" itu tidak sempat saya catat, sehingga saya tidak bisa membagikannya melalui blog ini.

Nah, dari hasil "pergaulan" saya dengan ketiga OS tersebut, saya menyimpulkan bahwa WIndows 7 tetaplah yang terbaik dan paling nyaman digunakan untuk bekerja. Karena itu, saya berencana untuk membeli Windows 7 dalam waktu dekat. Walau demikian, Linux tetaplah memiliki tempat di hati saya dan distro yang saya sukai masih tetap tidak berubah, Fedora.

Anda juga punya pengalaman dengan – setidaknya salah satu – ketiga OS tersebut? Silakan berbagi di sini.

==========

Tambahan informasi: terinspirasi dari komentar Paman Tyo, berikut waktu booting ketiga OS tersebut pada komputer saya:

Ubuntu 9.10: 37.54 detik.

Windows 7: 43.82 detik.

Fedora 12: 46.55 detik.

Waktu dihitung mulai dari pemilihan menu booting hingga desktop tampil dan siap bekerja.

Follow me on social media:

Similar Posts

68 Comments

  1. saya pake windows 7 di laptop dan ubuntu di PC. Ubuntu sih gak ada masalah selain masalah yang pak yahya bilang itu, suram (tongue) jadi saya ganti aja coklat2nya itu jadi biru muda dan pasang start-up greeting sendiri :p nah ini malah windows 7 yang nampaknya gak mengenali perangkat wireless saya πŸ™ padahal uda apdet driver dari situs acernya dan reinstall tapi tetep aja gak bisa detect wifi πŸ™ ada ide ndak pak?

  2. Bagaimana dengan starting up? Saya nyoba Windows 7 di laptop baru yang belum diisi macam-macam aplikasi kok ternyata lebih lamban daripada Ubuntu dan Mac ya?

  3. Masa sih paman?
    Ubuntu memang cepat bootingnya, tapi rasanya tidak begitu signifikan terhadap Windows 7. Perasaan Windows 7 saya cepat juga kok bootingnya. Coba nanti kalau sempat saya hitung pake stop watch πŸ˜€

  4. Sudah saya tambahkan informasi mengenai waktu booting ketiga OS. Karena hardware sama, jadi faktor perbedaan hardware bisa dicoret.
    Pemenangnya adalah Ubuntu. (woot)
    Hanya agak kurang fair juga sih, soalnya daemon yang dijalankan Ubuntu relatif sangat sedikit, berbeda dengan Fedora yang menjalankan macam2, termasuk httpd, mysqld, dll. Windowsnya juga memiliki beberapa startup yang cukup menyita waktu booting

  5. saya pake windows 7 (jangan tanya asli apa gak ya (goodluck) (goodluck) ) n ubuntu 9.10 (upgrade dari 8.10), emang windows 7 gak ada matinya sih, banyak aplikasinya, dukungan hardware n kemudahan lainnya,juga lebih cepat dari windows vista. tapi ubuntu juga keren..sudah install game pake emulator plus office 2007 juga lo (mmm) (mmm) (mmm) .., tapi yang jadi soal masih takut install di satu harddsik, bingung masalah grub, ato apalah namanya…jadi pake 2 harddisk deh.

    1. hahahah slackware??hahahahah jangan lah masa mo di adu ma salah satu mbah e distro linux

  6. Keren… gue sehari2 pake Ubuntu… belum pernah coba Win7 sih… tapi tulisan ini jadi referensi yang lebih memantabkan pilihan penggunaan Ubuntu…

    πŸ˜€

  7. Saya menginstall ubuntu karmic di laptop; seperti pak yahya, apa yang pertama kali membuat kurang sreg adalah tampilan suram kecoklatan itu. Sementara di Desktop saya install Windows, karena saya perlu menjalankan aplikasi pembuat konten multimedia dimana susah di jalankan di ubuntu.

    Terlepas banyak kekurangan ubuntu yang saya rasakan lebih dari sekedar tampilan itu, alasan saya menginstall karmic di laptop adalah karena saya suka main main internet dan bertukar tukar file dengan banyak orang. Tentu saja saya tidak ingin menjadi tidak sehat dengan ancaman virus virus yang menginfeksi.

    Ancaman virus menurut saya adalah sisi lain yang akan mudah terlupakan karena tampilan aduhai 7

    Begitu Pak

  8. Setuju dengan Jarwadi πŸ˜€

    Mendingan kl mo pake Win 7 ngga usah konek Ke internet & jangan pakai USB-nya πŸ˜›

  9. Barusan kemarin saya juga harus ‘berkeringat’ untuk membereskan masalah driver nVidia di Ubuntu 9.10. Gak nyangka kalo nVidia sudah support driver untuk Linux. Kayaknya udah lama ya? Ketinggalan berita nih saya, hehehe..

  10. Untuk Windows, Saya lebih suka pakai Windows XP daripada Windows 7 karena laptop saya keluaran 2006 , dan gratis eh salah bundled Laptop :mrgreen:

    Untuk linux, sementara lebih suka rasa mint, Gloria. (banana_cool)

  11. Hanya agak kurang fair juga sih, soalnya daemon yang dijalankan Ubuntu relatif sangat sedikit, berbeda dengan Fedora yang menjalankan macam2, termasuk httpd, mysqld, dll. Windowsnya juga memiliki beberapa startup yang cukup menyita waktu booting
    -> coba httpd dan mysqld nya jangan dijalankan, jadi lebih adil penilaiannya (dance)

  12. coba lagi perbandingan boot setelah beberapa lama digunakan, dan setelah menginstall aplikasi2 yang dibutuhkan. dijamin windows akan semakin lamaa.. lamaaaa… dan lamaaaa….

    itu di windows xp sih yang baru seminggu ini saya buang. ;D
    Ga tau di win7.

  13. ane pilih windows 7 n second OS nya Super OS (ubuntu 9.04)… windows 7 lebih stabil dari ubuntu 9.04 yang ane pake, coz terkadang kl dah dipake lama, Super OS ane suka agak melambat… sedangkan windows 7 tetep enteng…

  14. wow..
    pengen upgrade vista k 7..
    asyik juga kayaknya ya.. πŸ˜‰
    ..
    bwt, menyambut launching novel saya yg pertama..
    saya mo bagi2 novel neh..
    mampir aja d artasastra.com..
    thx ya.. πŸ˜€

  15. win7 emang bagus.
    nyobain ubuntu karmic di laptop baru, semua terdeteksi dengan baik.
    tapi sayang modem USBku gak bisa diinstal huhuhu… gak jadi pake linux deh

  16. @Fany, masih ada modem usb yang ngga/belum bisa terdeteksi di linux? Sudah googling kan? [menguatkan semangat calon pengguna linux lainnya] πŸ™‚

  17. masih banyak keanehan didalam windows 7 rc….

    – kadang booting lama…..
    – klo habis hibernate taskbar nggak muncul(hilang)cm tingal tombol “staart”…
    – sering windows explorerx “hank”…restarrt sendiri
    – kadang reponse buka program lama banget….bs di buat ngopi – sebentar…hehe

  18. cba pakek slackware..
    klo ubuntu harus cari codec mending pake Unbuntu Ultimate Edition aja

  19. buat saya untuk efek desktop ubuntu 9.10 adalah nomor 1. … semua efek di windows 7 bisa di ubuntu….. buat server ubuntu juga bisa…

  20. Numpang lewat..
    Saya cukup awam (cukup kok awam..) dg IT, n berpikir ttg kompi yg hanya digunakan untuk ngetik, presentasi n putar lagu (insya Allah mw jd guru). Idealismenya pake xp aja tp yg ori. :-p
    In the other hand, sudah 2 bulan ini penasaran sm linux, esp ubuntu n openSuSE.
    Salam kenal, Pak.

  21. pake windows mah kudu bayar, klo pake bajakan maling nmanya, sayang amat buat beli OS aja mahal, hemat Devisa Negara dunk, mending pake Linux, cobain Ubuntu deh, Powerfull banget, Linux itu indah, bnyak hal yang bisa dilakukan Linux, kalo windows mah cuma terbatas sangat πŸ™‚

    Bravo Ubuntu πŸ™‚

  22. Coba deee, install linux mint 8 – Helena. gw rasa situ akan ‘berbicara lain’ tentang si fedora. it’s da best linux distro ever…

  23. Aku pernah pasang Win XP, Win7, Ubuntu 9.04, Ubuntu 9.10, Fedora 11, Mac OS X86, di PCku. Kesimpulannya :
    1. Buat ngegame Win XP terbaik,
    2.Win 7 tampilannya bagus, tp beberapa game gak mau dijalankan, bagusnya buat office soalnya untuk mencari 1 file dokumen dari ratusan file dokumen sangat cepet.
    3. Ubuntu, cepet, enteng, nggak ada BSOD. aman, bisa aku utak-atik tampilannya semau aku. tp kalo saja dia punya program office yang mumpuni.
    4. Cuman buat coba-coba. mirip2 linux sebenarnya. selebihnya, ya kayak macintosh biasanya.

  24. Bro, gimana cara nginstall Nvidia Grforce g 105 M di Ubuntu 9.10.. dah pusing ne bro.. dah setahun di coba gak bisa- bisa juga ! Tolong ya bro.. kirim ke email saya yang tadi.. Thanks (lonely) 😎 (headspin)

  25. om, kalo saya seh lebih asik pake 2 in 1 aja 9.10 n 7 walaupun saya pernah kena masalah sama grub loader 9.10, gara-gara grubnya kan sedikit beda sama 9.04, sedikit lbh sensitif hehehe (gym)
    tapi kalo masalah fun, lebih enak pake 9.10 toh kalo masalah tampilan kaya yg om bhas seh saya lbh suka ngatur sendiri malah..
    lebih free hohoho (scenic) (party) (griltongue)

  26. saya sekarang pake ubuntu, migrasi dari slackware (ninja)
    kalo dulu di slackware pusing terus konfigurasi kalo di ubuntu mah tnggal klik klik ketik dikit aja (bigeyes)
    eh kok slackware nggek ikut ditest mas?
    trus ubuntu itu kok berat ya kalo scroll page di browser?

  27. aku malah sering bingung kalo setting sesuatu di windows… misal setting client openvpn lebih familiar dng linux.
    semua customerku jg aku install linux total dah ratusan komp (puluhan perusahaan) dng linux berbagai distro mau gak mau dia harus belajar linux … (lmao)
    pc dirumah & laptop nggak ada windows
    pc = mandriva 2009.1
    laptop = fedora 12

  28. tak ada pembelaan dari saya….. bagi saya dari berbagai OS yang terbaik adalah ubuntu dan yang kedua adalah windows xp tak ada alasan lain buat saya karena kedua OS tersebut dapat bekerja sama dengan baik dan bisa saling melengkapi kekurangan masing-masing… windows 7 terlalu banyak embel-embel….. i like simple….

  29. Saya instal 4OS di comp. W7 buat maen games, terbukti lebih hemat memory, Buat gaya hacintosh 10.5.8 jadi andalan, buat inet dan basmi virus fedora 12 dan Ubuntu 9.10 siap membantu. GRUB2 sebagai bootnya modif dengan flash images, supaya lebih cantik lagi. BIOS com udah di mod.

  30. kenalkan… nama saya yudha anak jombang

    pertama kali saya mengikuti training dengan kakak kelas ttg linux mint membuat saya tertarik dan membuat saya tahu berbagai distro linux…. menurut sampean distro mana sih yang paling bagus??

    point.2
    saya pernah mengalami trouble saat menginstall linux mint 8 helena… dan problemx berupa permintaan driver nvidia.. solusix gmana mas??

    point.3
    laptop saya asau n380v yang diset untuk os windows vista… karena saya nggak puas dengan vista yg lemot dan makan banyak memory! X-( X-( saya partisi hardisk saya jadi dua dan vista saya ganti dengan 7 lalu satux lagi saya cobak dengan mint dan blankOn… tetapi ujung-ujungnya selalu app.crash dan hang lalu g bisa dipasang dari live cd… apa mungkin tuh akibat g kompatibelx os hingga driver nvidia dan chipsetnya g terpasang??

    point.4
    masalah juga datang ( seperti yang anda sebutkan ) dengan boot loader…. saat kita bikin dual boot atau triple boot… pasti setelah selesai instalasi salah satu os jadinya g bisa boot ke os lain…. adakah boot loader yang mampu menampung mereka bertiga?? atau ada nggak cara mengakali itu semua biar tersedia boot loader buat ketiga os tadi??

    sebelumnya makasih banyak….
    maaf kalau merepotkan…. :mrgreen: (idiot)

    tolong diblas lewat blog ini… atau di:
    [email protected]

    maksaih! ups salah… makasih…. (griltongue)

  31. Saya heran, kok sepertinya windows 7 kesannya sangat rentan sama serangan virus ya? Kalau banyak virus yg menyerang emang iya, tapi bukan berarti tidak bisa diatasi. di laptop saya tidak ada antivirus, tapi virus2 itu bisa di kill dengan mudah…caranya ga jauh dari pengaturan di gpedit.msc >User Configuration > system > don’t run specified program> block virusnya trus restart del semua duplikat virus yg bersangkutan..tokcer gan…virus apapun mati hehe.. (rock) …*jangan lupa mainin pula attrib buat nunjukin super hiddennya di di directory virus berada…bisa di detect via task manager (smileydance) (smileydance)

  32. selama ini saya pakai windows baik 98 sampai w7,selama itu pula saya dihibur,menyelesaikan pekerjaanku,kemudahannya mengintal perangkat baru,dll.selama itu pula aku dibuat kesal entah itu virus,hang,blue screen dll.rencana mau beralih ke linux tapi melihat banyak referensi dan kuakui linux memiliki banyak kelebihan,dia tahan virus,tidak membutuhkan memori besar,dll,tapi ada satu hal yang membuat saya bimbang tidak semua perangkat keras mendukung linux,menurut saya yang terbaik yang sesuai kebutuhan kita itulah pemengang sejati………tidak peduli windows,linux,mac,dll

  33. wah gak gitu jg mas !!!
    pastinya linux dg spec hardware minimum udah bisa tampilan grafis yang gk kalah ma win 7 !!! apalagi kalo buat server !!! mantab tuwh linux !!! windows jauhhhh !1!1

  34. aku juga pernah menginstal win 7, ubuntu di kom yang berbeda… dengan kompabiliti hardwere yang sama juga tentunya…

    alhasil… secara spesifik ubuntu lebih tahan dari pada win 7…. di samping itu temen2ku juga sering main game di ubuntuku ketimbang di win7… jawabnya aku juga gak tau kenapa… tapi yang pasti game2 besar sepeti point blank, Conter strike, Tiberiun sun, red arlet, dll semuanya berjalan baik di ubuntu ku… yang pasti sampe sekarang ubuntuku gak rewel kayak win 7… mmmmm….. mana yang terbaik yang pasti jawabanya ada pada diri kalian….

  35. salam kenal bro……….klo menurut gue linuk memang hebat…….ku pake slackware 12.2 buat hancker lumayan mantap………..

  36. gini om…leptop saya pingin tak instal dual boot pertama sya instal fedora 15 tapi pertisi yg satunya saya instal windows kok ga mau ya om..ada apakah masalahnya???

    tolong jawab om…

  37. This blog posts really sparked my interest. Do you know where I can find more information about this topic?

  38. saya pake windows 7 ultimate tapi bootingnya kok lama ya sampe 5mnt juga … kalo keadaan biasa pling cpet itu 3 menitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *