Blogger Gathering Dalam Rangka 30 Tahun ASUS – Seminggu yang lalu, tepatnya tanggal 15 Agustus 2019, ASUS mengadakan Blogger Gathering di Yogyakarta dalam rangka ulang tahunnya yang ke-30.

ASUS yang terkenal dengan berbagai produk komputer seperti motherboard, PC, laptop, termasuk juga smartphone, didirikan di Taiwan pada tahun 1989. Nah, dalam rangka syukuran, ASUS Indonesia mengadakan gathering di beberapa kota di Indonesia.

Yogyakarta menjadi kota kedua dilaksanakannya blogger gathering dalam rangka 30 tahun ASUS ini setelah Bandung beberapa waktu sebelumnya.

Namanya juga syukuran, tentu acaranya adalah makan-makan. Apalagi acaranya diadakan di Hotel Royal Ambarukmo, sudah pasti mak nyusss makanannya.

Namun jelas gathering tidak melulu soal makan-makan dong. Ada “ilmu” juga yang dibagikan saat itu melalui kuliah singkat tentang sejarah singkat dan berbagai produk unggulan terkini ASUS.

Sejarah Singkat ASUS

ASUS didirikan pada tahun 1989 di Taipei oleh 4 orang yang tadinya bekerja di perusahaan tetangga, perusahaan IT yang namanya terdiri dari empat huruf juga. (hehehe, tahu kan?)

Saat itu, industri peranti keras komputer memang mulai naik daun di Taiwan. Hanya saja, pelaku industri di Taiwan kurang mendapat dukungan dari Intel karena setiap kali ada produk baru, IBM yang dipersilakan menjajal duluan. Industri di Taiwan harus menunggu hingga 6 bulan kemudian.

Keempat orang pendiri ASUS ini “nekat” membuat prototype motherboard untuk prosesor 486 tanpa memiliki akses ke fisik prosesor tersebut. Karena kesulitan dalam pengembangan, mereka memberanikan diri untuk minta sample prosesor ke Intel.

Ndilalah (duh, bahasa Indonesianya apa ya?), Intel sedang mengalami sedikit masalah dalam pengembangan motherboard untuk prosesor buatan mereka sendiri. Aneh tho?

Intel mengabulkan permohonan ASUS. Barangkali demikian yang ada di benak Intel, “gua aja lagi kesulitan bikin, ini siape nih pake gaya mau bikin motherboard, tapi ya gapapa lah, kita tes aja mereka bisa bikin apa”.

Ternyata, ASUS berhasil memecahkan masalah Intel dan motherboard buatan ASUS justru berhasil bekerja dengan sempurna. Intel jaw drop dan tidak ada hal lain yang bisa mereka lakukan selain memberi standing applause buat ASUS.

Sejak saat itu, Intel memberikan prioritas kepada ASUS saat mengeluarkan produk-produk terbarunya.

Nah, tidak heran bukan jika saat memproduksi smartphone untuk pertama kalinya, ASUS juga menggunakan prosesor Intel?

Produk Terkini ASUS

Selama 30 tahun berkiprah di dunia teknologi, ASUS dikenal memiliki produk yang mumpuni. Jika motherboard mereka saja mampu memberikan solusi yang bahkan Intel sendiri saja kebingungan, apalagi tentunya produk yang lain.

Kini produk ASUS memiliki banyak ragam dan segmen. Di Indonesia, produk ASUS yang paling terkenal adalah laptop khususnya pada kelas consumer dan gaming.

Maklum, pada kedua sektor tersebut ASUS memimpin pangsa pasar di Indonesia. Consumer laptop menjadi penguasa pasar dengan persentase 41%. Laptop gaming lebih hebat lagi, 57%.

Selain kedua produk tersebut, ada juga laptop kelas bisnis, smartphone, serta berbagai peripheral seperti graphic card, mouse, headphone, dan lain-lain.

Beberapa produk terkini ASUS yang sudah ada di pasaran akan saya paparkan secara singkat di bawah ini.

ASUS VivoBook, Laptop untuk Kawula Muda

Vivobook merupakan laptop yang dirancang untuk kawula muda. Tak heran jika desainnya cenderung “sporty” dan banyak yang tampil dengan warna-warna terang.

Produk terkini laptop ASUS seri Vivobook ini sudah banyak mengadopsi teknologi NanoEdge yang membuat bezel layar sangat tipis, sehingga ukuran laptop ini menjadi ringkas, seolah 1 inci lebih kecil. Misalnya laptop 14 inci akan memiliki body seukuran 13 inci.

Jika kamu penasaran dengan laptop Vivobook keluaran terbaru, silakan cek dua tulisan saya ini:

ASUS ZenBook, Laptop Paling Ringkas di Dunia

Kebanyakan pengguna laptop memutuskan untuk membelinya karena pertimbangan mobilitas. Jika aktivitas dan mobilitasmu sangat tinggi, ASUS Zenbook bakalan cocok buatmu. Maklum, laptop seri Zenbook memiliki keunggulan dalam hal ringkasnya ukuran, juga bobotnya.

Saking ringkasnya, laptop Zenbook terbaru yang berukuran layar 13 inci, memiliki luas yang lebih kecil daripada kertas A4!

Kalau kamu follow Instagram saya, kamu pasti tahu kalau beberapa kali saya posting foto-foto ASUS Zenbook yang sangat ringkas itu, contohnya ini: https://www.instagram.com/p/BsuLK8BhJN5/?igshid=ecrri0owuuqp

Bermain Game Tanpa Batas dengan ASUS ROG

Republic of Gamers merupakan brand milik ASUS yang mengkhususkan diri untuk dunia gaming. Kebanyakan produk ROG adalah laptop, meskipun ada PC desktop dan smarphone juga.

Laptop ROG memiliki spesifikasi yang dahsyat sehingga handal saat digunakan bermain game dan memiliki desain yang sangat futuristis tanpa harus mengorbankan sifat ergonomis.

Belum lama ini ASUS meluncurkan beberapa varian ROG sekaligus, kamu bisa baca tentang hal itu di artikel ini.

Memperkenalkan ASUSPRO, Lini Laptop Bisnis dari ASUS

Selain laptop untuk segmen consumer dan gaming, ASUS juga memiliki lini laptop bisnis dan komersial yang diberi brand ASUSPRO.

Karena digunakan untuk bisnis dan nantinya banyak digunakan di perusahaan, ASUSPRO hadir dengan berbagai fitur khusus, misalnya sistem keamanan data yang lebih baik, durabilitas tinggi dengan sertifikasi standar militer, hingga desain yang lebih ergonomis agar pengguna tetap nyaman bekerja dalam berbagai kondisi.

Salah satu produk terkini ASUSPRO adalah ASUSPRO B9440 yang sudah mengadopsi berbagai fitur unggulan laptop ASUS lainnya, seperti NanoEdge dan ErgoLift, menjadikan laptop ini sangat ringkas dan ringan, laptop 14 inci dalam body 13 inci, bobot 1,05 kg saja.

ErgoLift-nya juga membuat bagian dasar laptop akan terangkat sejauh 7 derajat, sehingga lebih ergonomis saat digunakan untuk bekerja. Ucapkan selamat tinggal pada pergelangan tangan yang sakit, tubuh dan leher tegang akibat aktivitas mengetik.

ASUSPRO B9440 juga mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer MIL-STD 810G, setelah lolos dalam berbagai pengujian ekstrem, seperti uji jatuh, hingga uji tekanan dan ketahanan engsel. Ketahanan tinggi pada ASUSPRO B9440 membuat pengguna tidak akan khawatir laptopnya mengalami kerusakan selama perjalanan bisnis.

Sebagai tambahan informasi, brand ASUSPRO ini nampaknya akan segera rebranding menjadi ExpertBook.

Keramaian Blogger Gathering Dalam Rangka 30 Tahun ASUS

Tak lengkap bukan bila “laporan” sebuah acara tidak dilengkapi dengan foto?

Nah, berikut ini foto-foto keramaian acara Blogger gathering dalam rangka 30 tahun ASUS.

Smartphone ASUS?

Dari tadi smartphone ASUS alias Zenfone belum dibahas. Nah, memang ASUS sedang mempersiapkan sesuatu yang menarik. Tunggu ya kabarnya, pokoknya stay tune di blog saya ini, nanti bakal ada informasinya.

Follow me on social media:
Blogger Gathering Dalam Rangka 30 Tahun ASUS
Tagged on:                 

6 thoughts on “Blogger Gathering Dalam Rangka 30 Tahun ASUS

  • 26/08/2019 at 10:09 pm
    Permalink

    wah keren ya laptop ASUS nya. Bantu ya om biar bisa ikutan beli laptop ASUS dan bisa ikut gathering nantinya. Tapi sebelumnya saya ijin nitip jemuran ya om jgn dimarahi
    http://diecastorasambat.com/

    Reply
  • 29/08/2019 at 1:00 pm
    Permalink

    Astaga itu oom Yahya waktu masih muda kok kiyut amat? Pantes Tante Yahya klepek-klepek. Hihihihi.

    Reply
    • 29/08/2019 at 1:03 pm
      Permalink

      Heh? Yang mana?

      Reply
  • 02/09/2019 at 12:51 am
    Permalink

    Dilihat-lihat, iya ya. Mirip oom, si engineer berkacamata pendiri Asus itu :P

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.