6 Aplikasi Absensi Kehadiran Karyawan Berbasis Web Terbaik 2022

Sistem teknologi yang berkembang saat ini dapat dimanfaatkan untuk seluruh aktivitas manusia, salah satunya adalah untuk kehadiran karyawan. Banyak perusahaan yang kini memanfaatkan aplikasi absensi karyawan berbasis web untuk mengelola pencatatan kehadiran karyawan.

Aplikasi ini pada dasarnya menggunakan sistem cloud yang bisa dikelola secara online. Sistem cloud ini memanfaatkan gabungan antara teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet yang bertujuan menjalankan suatu program melalui media komputer.

Aplikasi absensi karyawan ini sudah pasti akan memberikan kita banyak manfaat, tak perlu lagi mengelola dengan cara manual yang selalu berpotensi salah input data. Adanya sistem absensi online akan memudahkan perusahaan untuk menerapkan kerja remote atau work from home.

aplikasi absensi karyawan berbasis web
Foto oleh StartupStockPhotos dari Pixabay

Penjelasan Tentang Aplikasi Absensi Karyawan Berbasis Web

Aplikasi absensi berbasis web merupakan aplikasi yang mampu melacak kehadiran karyawan secara online dan real time. Aplikasi ini sudah dilengkapi fitur pengelolaan mana aktivitas karyawan serta kegiatan yang berkaitan dengan administrasi perusahaan.

Keunggulan aplikasi absensi karyawan ini sudah terintegrasi dengan lainnya sehingga memudahkan perusahaan dan juga HRD memantau kehadiran karyawan saat bekerja. Meskipun karyawan tersebut bekerja dari rumah, absensi online ini akan tetap bisa mendeteksi data kehadiran lebih akurat.

Kecanggihan sistem HRIS (Human Resource Information System) yang ada pada aplikasi absensi karyawan ini juga dapat menyimpan data-data absensi karyawan dengan aman. Dengan begitu, kemungkinan terjadinya kehilangan data atau terjadinya manipulasi data bisa diminimalisir.

Baca Juga: Cara Menghitung BEP

Rekomendasi Aplikasi Absensi Karyawan Berbasis Web Terbaik 2022

Setelah Anda mengetahui apa itu aplikasi absensi karyawan berbasis web, selanjutnya adalah memilih aplikasi mana yang paling tepat untuk perusahaan Anda. Untuk membantu Anda dalam mencari referensi, berikut ini ada beberapa rekomendasi terbaik di tahun 2022:

1.    Time Clock Wizard

Rekomendasi pertama ada aplikasi karyawan yang berasal dari New York, Amerika Serikat. Aplikasi ini punya dukungan fitur yang cukup lengkap, seperti jam kerja hingga penggntian waktu kerja karyawan.

Selain itu, aplikasi Time Clok WIzard juga punya fitur khusus untuk penggajian, yang berfungsi membantu HR dalam membuat laporan gaji pokok karyawan dan uang lembur.

2.    My HR Toolkit

My HR Toolkit merupakan sistem informasi untuk SDM yang berfungsi menyimpan seluruh catatan kehadiran karyawan dalam satu tempat. Aplikasi ini memiliki tampilan yang ramah sehingga penggunaannya tidak memakan waktu. Akses ke seluruh file karyawan Anda dapat dilakukan hanya dengan satu kali klik.

3.    Time Clock by Homebase

Aplikasi absensi online berbasis web selanjutnya ada Time Clock  by Homebase yang bisa Anda gunakan di Android secara gratis. Aplikasi ini menawarkan fitur menarik, mulai dari kontrol absensi, penjadwalan rekrutmen, dan membuat jadwal, dan pelacakan waktu kehadiran karyawan.

4.    Open Time Clock

Aplikasi Open Time Clock memiliki tampilan dan fitur yang simpel. Aplikasi ini dirancang khusus untuk manajemen waktu layanan dan sistem absensi. Menariknya, aplikasi ini bisa juga digunakan oleh perusahaan yang jumlah karyawannya berapapun. Namun, jika ingin mendapatkan layanan yang lebih lengkap bisa meng-upgradenya ke aplikasi berbayar.

5.    Aqtive HR

Aqtive HR merupakan aplikasi berbasis cloud yang menawarkan beberapa kelebihan untuk absensi, seperti penggunaan kamera, jaringan, serta lokasi yang memudahkan validasi kehadiran. Aplikasi ini juga mampu melacak absensi karyawan secara real time dan memiliki data base karyawan.

6.    LinovHR

Rekomendasi aplikasi absensi online berbasis web yang terakhir adalah LinovHR. Dibandingkan dengan kelima aplikasi yang telah disebutkan, LinovHR memiliki kelengkapan fitur yang lebih banyak untuk manajemen kehadiran karyawan. Tidak hanya itu, LinovHR juga terintegrasi dengan sistem payroll, rekrutmen, dan memiliki data base karyawan.

Selain itu, canggihnya teknologi pada LinovHR ini mampu mendeteksi fake GPS sehingga kecurangan karyawan bisa dicegah. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi situs LinovHR dan jadwalkan demonya sekarang juga, gratis!

Follow me on social media:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.