Kesehatan merupakan harta yang paling berharga. Nampaknya kata-kata ini memang klise, tapi kebenarannya tak bisa dibantah, bukan?

Jika kita sehat, pekerjaan apapun akan bisa kita lakukan dan pada akhirnya akan mendatangkan berkat.

Oleh karena itu, jika kesehatan kita terganggu, sangat disarankan segera menemui dokter terdekat untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Konsultasi Kesehatan Jarak Jauh

Hanya saja, pada situasi pandemi seperti sekarang ini, pergi keluar untuk menemui dokter sekalipun merupakan hal yang ingin dihindari oleh semua orang.

Maklum, ruang tunggu dokter biasanya penuh, sehingga relatif sulit untuk menerapkan physical distancing atau jaga jarak. Resiko untuk tertular penyakit dari pasien yang lain tentunya relatif cukup besar.

Untungnya, teknologi memudahkan kita untuk bisa bertemu dengan dokter tanpa secara fisik harus berdekatan. Dahulu komunikasi bisa dilakukan via telepon, sekarang jauh lebih mudah lagi, karena internet memungkinkan kita tak hanya sekadar melakukan percakapan suara tapi juga percakapan video.

Masalahnya, jika tidak kenal baik dengan dokter yang hendak diajak berkomunikasi via telpon atau video call, terkadang ada rasa sungkan juga.

Beruntunglah mereka yang memiliki saudara atau teman dekat yang berprofesi sebagai dokter karena tidak perlu merasa sungkan.

Namun kamu tak perlu khawatir karena lagi-lagi teknologi bisa menjadi penyelamat.

Aplikasi Konsultasi Kesehatan Online

Saat ini, pada smartphone ada berbagai macam aplikasi yang bisa memenuhi kebutuhan kita. Untuk kebutuhan transportasi ada aplikasi ojek online, untuk berbelanja ada aplikasi toko online, untuk jasa pengiriman ada kurir online.

Nah, untuk bidang kesehatan, ada juga aplikasi konsultasi kesehatan online. Salah satunya adalah Halodoc. Aplikasi Halodoc tersedia baik untuk platform Android maupun iOS.

konsultasi kesehatan online

Untuk dapat menggunakan Halodoc, mula-mula kamu diminta untuk memasukkan nomor telepon kamu. Aplikasi Halodoc sudah memenuhi standar keamanan untuk pendaftara dengan nomor telepon karena harus melalui proses verifikasi terlebih dahulu. Jadi kamu tidak bisa sembarang memasukkan nomor telepon untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

Kode verifikasi akan dikirimkan melalui SMS dan masukkan kode tersebut pada area yang tersedia.

Setelah verifikasi berhasil, Halodoc akan meminta akses ke lokasi supaya bisa menampilkan produk yang tersedia di sekitar kamu. Akhirnya, aplikasi Halodoc akan terbuka dan menampilkan halaman utama berisi berbagai informasi, penawaran, dan artikel tentang kesehatan yang menarik.

konsultasi kesehatan online

Sebelum menggunakan Halodoc lebih jauh, ada baiknya kamu melengkapi profil kamu agar aplikasi tersebut bisa melayani kamu dengan lebih baik.

Profil yang perlu diisi antara lain adalah nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, informasi kontak, dan informasi personal seperti berat dan tinggi badan.

Bagian profil ini juga bisa dihubungkan dengan asuransi kesehatan yang kamu gunakan. Ada beberapa asuransi kesehatan yang telah terkoneksi dengan Halodoc atau kamu bisa memilih asuransi lain yang digunakan oleh perusahaan tempat kamu bekerja.

Berbagai Fitur Halodoc

Terkait dengan konsultasi kesehatan online yang tadi dibahas, kamu bisa masuk ke menu Lainnya, lalu pilih Paket Berlangganan, lalu pilih paket konsultasi kesehatan online yang tersedia di sana. Ada beberapa pilihan paket dengan rentang harga yang berbeda-beda, kamu tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Dengan paket konsultasi kesehatan online ini, kamu bisa melakukan chat dengan dokter umum atau dokter spesialis dengan frekuensi tertentu, tergantung paket yang dipilih.

konsultasi kesehatan online

Aplikasi Halodoc tak sekadar menyediakan konsultasi kesehatan secara online, tapi juga memiliki banyak fitur lainnya.

Terkait dengan pandemi COVID-19 sekarang ini, Halodoc menyediakan fitur untuk memeriksa faktor resiko kamu terhadap COVID-19 secara online dan serta pembuatan janji dengan fasilitas kesehatan tertentu untuk melakukan rapid test.

konsultasi kesehatan online

Ada juga fitur untuk pembelian obat melalui apotek tertentu yang telah bekerja sama dengan Halodoc, lalu fitur pengingat obat bagi kamu yang suka lupa minum obat secara teratur.

Tersedia juga kalkulator BMI untuk menghitung berat badan ideal yang perlu kamu jaga.

Follow me on social media:
Halodoc, Aplikasi Konsultasi Kesehatan Online

4 thoughts on “Halodoc, Aplikasi Konsultasi Kesehatan Online

  • 27/05/2020 at 1:21 am
    Permalink

    HaloDoc ini makin melejit ya, apalagi sejak pandemi ini.. apakah di Jogja bisa menggunakan aplikasi ini, Oom?

    Reply
    • 30/05/2020 at 12:03 pm
      Permalink

      Nah itu, di Jogja sepertinya masih belum, cari yang terdekat munculnya Surakarta

      Reply
  • 28/05/2020 at 8:31 pm
    Permalink

    Sejauh ini saya memanfaatkan Halodoc untuk beli obat. Lancar.

    Reply
    • 30/05/2020 at 12:04 pm
      Permalink

      Sip, Paman

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *