Review realme GT NEO 3

Review realme GT NEO 3 ini dipersembahkan oleh Yahya Kurniawan (tentu saja, hehe) dan didukung oleh realme yang dengan rela meminjamkan satu unit realme GT NEO 3 untuk saya coba-coba.

Kesan pertama ketika unboxing, saya langsung kagum sama warna biru dan motif dua garis yang ada di bagian punggung smartphone ini.

Selain memberikan aura sporty, warna dan motif dua garis ini mencerminkan dunia otomotif, khususnya dunia balap, yang tentu erat dengan kata cepat, kuat, dan dapat diandalkan.

Pastinya tiga hal ini juga yang diharapkan oleh realme ketika meluncurkan realme GT NEO 3 ini.

Nah yuk, setelah melakukan review realme GT NEO 3 ini, gimana kesan Oom Yahya terhadap device satu ini?

Review realme GT NEO 3: Cepat

Smartphone realme GT NEO 3 ini menggunakan SoC Dimensity 8100 5G, yang meskipun tidak bisa dibilang merupakan prosesor flagship dari Mediatek, tapi paling tidak merupakan prosesor papan atas. Apalagi didukung dengan RAM 8 GB.

review realme GT NEO 3

Membuka banyak aplikasi sekaligus dan berpindah-pindah antar aplikasi tersebut tidak menjadi masalah karena bisa dilakukan dengan mulus.

Bermain game juga enteng. Saya mencoba bermain game Mobile Legend (walaupun gak paham sama game-nya sebenarnya), tapi yang jelas pergerakan dan animasinya berjalan relatif halus.

Bermain game Angry Birds sambil direkam (screen recording) juga dilibas dengan mudah. Hanya saya mesti jujur, saat digunakan bermain Angry Birds, entah kenapa kadang-kadang freeze saat hendak menuju ke level berikutnya.

Mudah-mudahan penyebabnya lebih karena bug game-nya (karena game Angry Birds kan dirilis ulang dengan bahasa pemrograman baru), bukan dari SoC-nya, karena saat bermain Mobile Legend nyaris tak ada masalah berarti.

Sensor sidik jari juga dapat melakukan tugasnya dengan baik. Ketika jari diletakkan di atas sensor, seketika itu juga lock screen terbuka. Sangat cepat. Bahkan ketika jari agak basah, misalnya karena keringat atau habis cuci tangan, sensor sidik jari ini tetap akurat.

Apa lagi ya yang cepat dari realme GT NEO 3 ini? Oh ya, proses isi ulang baterainya.

Charger bawaan unit yang saya review ini menggunakan teknologi SuperDart 80 Watt, sedangkan yang dijual di pasaran menggunakan teknologi UltraDart 150 Watt. Dengan charger SuperDart, isi ulang baterai dari 25% hingga penuh hanya membutuhkan waktu 27 menit saja, tentunya bakal lebih cepat lagi jika menggunakan charger UltraDart.

Review realme GT NEO 3: Kuat

Sebagai sebuah perangkat mobile yang sudah pasti bakal dibawa ke mana-mana, realme GT NEO 3 tentu harus kuat.

review realme GT NEO 3

Saat dipegang, body realme GT NEO 3 mencerminkan kekuatannya. Bagian punggungnya solid, ketika diketuk tidak terasa ada ruang kosong.

Bagian layar dilindungi dengan pelindung Gorilla Glass 5, jadi tentu tidak perlu diragukan lagi kekuatannya.

Hanya mungkin perlu digarisbawahi, karena sering terjadi salah kaprah, lapisan pelindung Gorilla Glass tersebut melindungi dari goresan, bukan anti pecah.

Selain Gorilla Glass, layar realme GT NEO 3 juga masih dilapisi oleh tempered glass bawaan. Jadi kalau ada sedikit goresan atau bagian tertentu yang “aus” karena relatif sering dipencet/digeser dengan jari, kita tinggal mengganti tempered glass-nya. Harganya toh tidak mahal.

Baterai realme GT NEO 3 juga kuat digunakan untuk aktivitas seharian, bahkan mungkin bisa dua hari jika tidak digunakan untuk bermain game.

Maklum, kapasitas baterainya 5000 mAh. Itu unit yang saya review ya. Kalau tidak salah, unit yang dijual di pasaran kapasitas baterai 4500 mAh. Tapi selisih 500 mAh sih gak terlalu kentara, yakin deh masih bisa digunakan seharian untuk penggunaan yang relatif santai.

Sinyal untuk koneksi ke internet juga kuat, tidak mengecewakan, baik saat menggunakan WiFi di rumah maupun saat digunakan secara mobile dengan koneksi seluler.

Hanya saja, mohon maaf saya belum bisa menguji kemampuan koneksi 5G yang dimiliki oleh realme GT NEO 3 ini karena di lokasi saya belum terjangkau koneksi 5G.

Review realme GT NEO 3: Dapat Diandalkan

Dengan kecepatan dan kekuatan yang dimiliki oleh realme GT NEO 3 seperti telah dibahas di atas, sudah jelas smartphone ini dapat diandalkan.

review realme GT NEO 3

Ke manapun kamu pergi dan kapanpun kamu membutuhkan, realme GT NEO 3 siap digunakan.

Kamu juga bisa mengandalkan realme GT NEO 3 untuk multimedia dan fotografi.

Untuk urusan multimedia seperti memutar video, layar realme GT NEO 3 yang menggunakan AMOLED tentu bakal memberikan tampilan yang memukau. Speaker-nya juga stereo, jadi kalau kamu nonton video menggunakan smartphone ini dengan orientasi landscape, stereo-nya bakal terdengar jelas.

Kamu suka fotografi? Jelas realme GT NEO 3 ini tidak bakal mengecewakan kamu.

Kamera utama realme GT NEO 3 menggunakan sensor flagship Sony IMX776 yang menjamin hasil tangkapan kameranya keren. Selain itu, tersedia juga OIS (Optical Image Stabilizer) yang menjamin hasil tangkapan layarnya relatif stabil, misalnya saat digunakan untuk mengambil video sambil berjalan kaki.

Mode malam yang tersedia pada kamera memberikan hasil foto yang bagus saat dilakukan pada malam hari.

Perhatikan contoh berikut ini, saat menggunakan mode auto, cahaya lampu ditangkap dengan terlalu berlebih sehingga tulisan pada papan iklan tak terbaca.

review realme GT NEO 3
Night mode off

Ketika menggunakan mode malam, input cahaya bisa ditata sedemikian rupa sehingga tidak terlalu banyak yang ditangkap tapi masih cukup jelas, hasilnya papan iklan menjadi terbaca.

review realme GT NEO 3
Night mode on

Foto bokeh yang dihasilkan oleh realme GT NEO 3 juga lumayan. Hanya saja saya kok agak kurang suka saat mengambil foto yang ada langitnya, karena hasilnya terlalu biru.

Kamera makro yang dimiliki oleh realme GT NEO 3 juga kesannya hanya “hiburan” saja, karena resolusinya hanya 2 MP, sehingga kurang bisa begitu menangkap objek kecil dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa contoh hasil foto yang diambil dengan realme GT NEO 3.

Foto bokeh
Foto macro

Kesimpulan

Dari hasil uji coba ini, maka hasil review realme GT NEO 3 yang saya lakukan ini memberikan kesimpulan sebagai berikut: realme GT NEO 3 adalah sebuah smartphone yang cepat, kuat, dan dapat diandalkan.

Smartphone ini cenderung cocok buat anak muda yang mobilitasnya tinggi, suka main game atau nonton video, serta sesekali memotret atau mengambil video saat ada objek yang menarik.

Follow me on social media:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.