Software HRIS: Software Andalan Manajemen Karyawan

Penggunaan teknologi kian familiar di berbagai ranah, salah satunya di ranah manajemen karyawan. Contohnya adalah software HRIS. Penggunaan software ini dinilai lebih ampuh dan efektif untuk mengelola karyawan secara tepat sasaran. Apakah hal ini benar?

software HRIS

Untuk itulah, artikel ini akan mengulas singkat mengenai software HRIS.

Apa itu HRIS?

Sebelum masuk ke ulasan lebih dalam, ada baiknya Anda paham dulu apa yang dimaksud HRIS (Human Resource Information System). HRIS merupakan paduan teknologi dan pengelolaan sumber daya manusia melalui satu sistem pusat. Karena melalui sistem terpusat inilah HRIS lebih praktis dan fleksibel untuk digunakan dalam jangka panjang.

Tujuan Implementasi Software HRIS

Sudah dapat ditebak jika tujuan utama dari implementasi teknologi adalah untuk mempermudah suatu pekerjaan. Hal ini tidak salah. Tugas HRD cukup rumit, khususnya dalam pengerjaan tugas administratif yang bersifat repetitif. Tujuan utama mengapa perusahaan menggunakan software dalam manajemen karyawan adalah untuk mengotomatisasi proses dan penyimpanan data karyawan.

Dengan adanya otomatisasi ini, HRD perusahaan dapat fokus kepada tugas lain yang lebih spesifik dalam analisis dan strategis mendalam. Sehingga kualitas karyawan pun akan ikut meningkat dari hari ke hari.

Kemampuan Utama Software HRIS

Ada beberapa kemampuan dari software HRIS yang tidak akan ditemukan dalam pengelolaan karyawan cara manual. Adapun kemampuan utama yang dimaksud:

  1. Memproses gaji serta laporan penggajian dan slip gaji dengan cepat dan akurat
  2. Mengadakan penilaian kinerja untuk seluruh karyawan serentak dan komprehensif
  3. Menghimpun data kepuasan kerja karyawan melalui survey karyawan secara sistematis
  4. Mengelola penjadwalan kerja, berikut pengelolaan cuti dan izin dari karyawan
  5. Mengembangkan program pelatihan dan pengembangan karyawan agar skill karyawan meningkat
  6. Menilai, menguji, dan menetapkan standar kompetensi untuk tiap divisi
  7. Mengelola informasi karyawan serta mengelompokkannya dengan rinci
  8. Mencairkan dan membuat laporan dana reimburse
  9. Memproses pajak penghasilan dan iuran BPJS dari semua gaji karyawan
  10. Merencanakan program suksesi agar posisi krusial di perusahaan hanya diisi oleh orang kompeten

Perusahaan bisa menggunakan software yang tersedia oleh berbagai vendor. Contoh yang sering direkomendasikan adalah software HRIS dari LinovHR, karena software ini mempunyai tampilan dan fitur yang mudah dipahami. Layanan pelanggan LinovHR pun dikenal sigap untuk membantu keluhan client terkait pengelolaan karyawan.

Dari ulasan singkat di atas, bisa dikatakan jika software HRIS dapat diandalkan untuk manajemen karyawan dibandingkan cara manual yang memakan waktu dan tenaga.  Ketika manajemen karyawan sudah berjalan baik, maka kinerja karyawan akan semakin optimal dan akan berdampak kepada peningkatan produktivitas perusahaan. Maka tak heran jika software HRIS dijadikan andalan perusahaan modern masa kini.

Follow me on social media:

Similar Posts

4 Comments

    1. Kalau management HRD untuk klinik bisa menggunakan software HRIS di atas, tapi kalau untuk sistem informasi kliniknya, setahu saya tidak bisa.
      Untuk informasi tentang klinik, silakan japri ke email saya yahyakurniawan [di] gmail [titik] com

    1. Kalau management HRD untuk bidang property bisa menggunakan software HRIS di atas, tapi kalau untuk sistem informasi terkait property, setahu saya tidak bisa.
      Untuk informasi lebih lanjut, silakan japri ke email saya yahyakurniawan [di] gmail [titik] com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *