Bikin Tile Windows Phone Tembus Pandang

Hampir semua pengguna Nokia Lumia di Indonesia sepertinya sudah menerima update Lumia Cyan. Anda sudah update belum? (upss) Silakan baca tulisan saya tentang update tersebut di sini.

Saya yakin salah satu feature baru Windows Phone 8.1 yang bakal banyak dimanfaatkan adalah Start Background, yaitu pemberian latar belakang pada Start Screen. Lho, bukankah Start Screen Windows Phone itu dipenuhi tile, bagaimana mungkin gambar latar belakang tersebut akan terlihat?

Jadi begini:

Tile yang ada di Windows Phone akan berubah menjadi tranparan, sehingga bagian belakangnya akan terlihat. Menyenangkan bukan, sekarang Start Screen Windows Phone bisa diberi gambar-gambar yang keren?

Cuma ada sedikit masalah. Ada beberapa tile yang “bandel”, tidak berubah menjadi tembus pandang. Tile yang bandel ini adalah tile yang memiliki warna latar belakang sendiri, tidak sama dengan warna latar belakang theme.

Yang paling nampak nyata adalah Office. Lalu ada juga OneNote. Masih ada lagi, misalnya Twitter, Facebook, dan Path. Kalau kebetulan aplikasi-aplikasi tersebut Anda gunakan dan tile-nya terpasang di Start Screen, tentu akan terasa mengganggu, bukan? Yang lainnya transparan, ini kok enggak.

Untunglah ada sebuah aplikasi yang mampu membuat tile menjadi transparan, namanya adalah Transparency Tiles. Silakan klik link ini untuk membuka halaman aplikasi Transaprency Tiles di Windows Phone Store.

Sebenarnya aplikasi ini tidak benar-benar membuat tile yang sudah ada menjadi transparan namun membuat tile baru yang transparan. Saat membuka aplikasi Transparency Tiles ini, tersedia daftar berbagai aplikasi yang sudah tersedia tile transparannya. Saat nama sebuah aplikasi di-tap, Anda akan dibawa ke Start Screen dan di sana akan muncul tile transparan dari aplikasi yang bersangkutan. Anda tinggal menghapus tile yang lama dari Start Screen dan menggantinya dengan tile tersebut.

Transparency Tiles

Sayangnya masih ada beberapa tile yang belum tersedia versi transparannya, di antaranya Office dan Path. Dan satu lagi kelemahan tile transparan dari Transparency Tiles ini adalah tidak mampu menampilkan notifikasi.

Mudah-mudahan ke depannya, aplikasi ini makin disempurnakan lagi dengan menambah tile transparan untuk aplikasi yang belum tersedia tile tranparannya dan tentu saja tetap mampu menampilkan notifikasi.

Follow me on social media:

Similar Posts

3 Comments

  1. Pricing is very important for many students, and we offer you the professional essay writers review by the best prices you will find on the Internet. Our prices are among the most competitive and will not break the bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *