Review XL HOME IZI – Ada kebiasaan baru yang dijalani oleh banyak orang selama wabah melanda, yaitu bekerja dari rumah. Buat anak-anak yang masih bersekolah, kata bekerja tinggal diganti dengan belajar.

Bekerja dan belajar dari rumah ini memiliki satu kebutuhan yang sama, yaitu kebutuhan akan koneksi internet. Bukan sekadar koneksi tentunya, tapi koneksi yang cepat dan stabil.

Masalahnya, bekerja dari rumah sering membutuhkan pertemuan tatap muka melalui aplikasi video conference. Tidak lucu jika video kamu diterima dengan putus-putus oleh lawan bicara, atau kamu yang menerima video dengan terputus-putus sehingga sulit mengikuti jalannya rapat.

Belajar pun demikian, seringkali guru atau dosen memberikan materi berupa video. Jika materi video tersebut sering buffering ketika dijalankan, tentu bakal membuat mood belajar sirna.

Banyak orang barangkali telah memiliki koneksi internet pada smartphone mereka, melalui paket data yang disediakan oleh operator seluler yang digunakan.

Masalahnya, untuk kebutuhan bekerja atau belajar dari rumah, seringkali penggunaan smartphone kurang memadai. Tentunya bakal lebih nyaman jika yang digunakan adalah laptop atau bahkan PC desktop.

Jika menggunakan laptop atau PC desktop, kebutuhan internet bisa dipasok dari smartphone yang diatur sebagai hotspot.

Nah, sekali lagi bakal timbul masalah di sini. Smartphone kurang ideal jika digunakan sebagai hotspot untuk jangka panjang. Selain mengganggu kenyamanan penggunaannya, smartphone juga bakal boros baterai. Ujung-ujungnya, smartphone tersebut bisa cepat rusak.

Solusinya, gunakan alat yang memang cocok untuk penggunaan internet rumah, misalnya router. Salah satu penyedia router sekaligus koneksi internetnya adalah XL HOME. Salah satu produk XL HOME yang bisa kita gunakan saat ini adalah XL HOME IZI.

Apakah XL HOME IZI Itu?

XL HOME IZI adalah produk terbaru dari XL HOME yang memungkinkan pelanggan untuk menikmati internet rumah super cepat di manapun dengan kecepatan hingga 100 Mbps.

Dengan berlangganan XL HOME IZI, kamu akan mendapatkan sebuah perangkat router 4G (umumnya bermerk Huawei) plus sebuah kartu SIM XL sebagai penyedia koneksi internetnya.

XL HOME IZI bisa didapatkan melalui beberapa lokapasar (marketplace) besar seperti Tokopedia, Bukalapak, JD.ID, BeliGadget, Lazada, Akulaku, Blibli, dan Shopee.

Saat ini harga XL HOME IZI adalah Rp949.000 dengan kuota awal sebesar 30 GB untuk 30 hari.

Nah, selain mengikuti terus review XL HOME IZI pada artikel ini, penjelasan lain bisa kamu dapatkan di www.xlhome.co.id/izi.

review XL HOME IZI
review XL HOME IZI

Keuntungan Menggunakan XL HOME IZI

XL HOME IZI memiliki beberapa keunggulan dan setidaknya ada empat keunggulan utama yang akan disorot.

Tanpa Batas Wilayah

XL HOME IZI memanfaatkan jaringan seluler XL sebagai tulang punggung koneksi internet. Jadi selama area rumah kamu berada dalam jangkauan jaringan XL, kamu pasti bisa menggunakan XL HOME IZI.

Tentu ini sangat menguntungkan mengingat coverage jaringan XL sudah sangat luas.

Kamu tak perlu lagi menunggu ketersediaan prasarana tertentu seperti tiang dan kabel untuk bisa memanfaatkan XL HOME IZI.

Ketika saya coba, begitu router XL HOME IZI dinyalakan, tak butuh waktu lama untuk bisa “menyambar” koneksi jaringan XL.

Super Cepat

XL HOME IZI menawarkan koneksi internet super cepat hingga 100 Mbps. Dengan kecepatan yang ngebut ini, kamu tak perlu menunggu terlalu lama saat mengunduh file berukuran besar.

Kamu juga bakal mengucapkan selamat tinggal pada proses buffering saat nonton video.

Hanya saja kudu disadari bahwa kecepatan 100 Mbps tersebut merupakan kondisi maksimal yang bisa dicapai. Ada banyak faktor yang membuat seringkali kondisi tersebut tidak bisa tercapai.

Di daerah rumah saya, sejak dulu koneksi jaringan XL kurang begitu cepat, meski demikian nonton video menggunakan XL HOME IZI di rumah saya tetap tanpa buffering kok, aman.

Karena penasaran, saya coba bawa XL HOME IZI tersebut ke lokasi lain (tapi tetap indoor ya) dan ternyata di lokasi tersebut kecepatannya mencapai 50 Mbps. Kecepatan ini boleh dibilang sudah sangat mencukupi buat keperluan rumahan.

Bisa Dipakai Serumah

Ada berapa jumlah anggota keluargamu yang tinggal serumah? Saya 99% yakin, pasti tidak sampai 32 orang.

Nah, angka 32 ini merupakan jumlah perangkat yang dapat tersambung ke router XL HOME IZI. Katakanlah jumlah anggota keluarga serumah ada 5 orang dan masing-masing memiliki dua perangkat yang membutuhkan koneksi internet (smartphone dan laptop misalnya), router XL HOME IZI masih sanggup menanganinya.

Sepuluh buah perangkat baru sepertiga dari 32, bukan?

Super Mudah

Menggunakan XL HOME IZI sangatlah mudah. Kamu tinggal membelinya dan mengaktifkan paketnya untuk internetan super cepat di rumah.

Petunjuk untuk mengaktifkan XL HOME IZI juga tersedia dan mudah diikuti.

Isi Paket Pembelian

Jika kamu membeli XL HOME IZI, pastikan di dalam kotak pembelian tersedia item berikut ini:

  • 1 unit Router 4G
  • 1 power adapter
  • 1 kabel RJ 45
  • Kartu garansi
  • Kartu SIM
  • Quick start guide

Ada dua quick start guide atau petunjuk penggunaan singkat. Yang satu berupa kartu kecil berwarna dan berisi petunjuk yang benar-benar singkat padat, sedangkan satu lagi berupa lembaran yang lebih besar dan berisi uraian yang lebih detail.

Mengaktifkan XL HOME IZI

Untuk mengaktifkan XL HOME IZI, siapkan terlebih dahulu KTP dan kartu keluarga karena nantinya perlu memasukkan nomor KTP dan KK untuk registrasi.

Lalu kamu mesti tahu juga berbagai informasi mengenai XL HOME IZI kamu.

Nomor XL HOME IZI kamu bisa dilihat pada bagian belakang router. Kemudian nomor PUK terletak pada bingkai kartu SIM.

Informasi lainnya terletak di bagian bawah router, meliputi nama WiFi, password WiFi, nomor IP router serta password untuk mengakses konfigurasi router.

Setelah itu kamu tinggal mengikuti petunjuk yang ada pada quick start guide untuk mengaktifkan XL HOME IZI. Mudah diikuti kok petunjuknya.

Melakukan Koneksi ke XL HOME IZI

Untuk melakukan koneksi ke XL HOME IZI, kamu tinggal mencari nama WiFi sesuai yang tertera di bagian bawah router dan memasukkan password, juga sesuai dengan yang tertera di bagian bawah router.

review XL HOME IZI

Jika menggunakan laptop, saat pertama kali melakukan koneksi, kamu akan diarahkan ke halaman administrasi router.

Melalui halaman ini, kamu bisa mengganti nama WiFi, password WiFi, serta password untuk masuk ke halaman administrasi router ini.

Halaman administrasi router XL HOME IZI bisa diakses menggunakan web browser dan arahkan ke nomor IP 192.168.8.1.

Menggunakan Aplikasi MyXL

Saat melakukan aktivasi, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor seluler lain dalam pengelolaan nomor XL HOME IZI.

Nomor seluler yang lain ini disarankan menggunakan nomor XL atau AXIS untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik. Kebetulan karena saya menggunakan nomor XL juga, maka saya memasukkan nomor XL tersebut sebagai nomor untuk pengelolaan XL HOME IZI.

Sekarang, kamu bisa menginstal MyXL di smartphone kamu untuk melakukan top up pulsa. Untuk mengaktifkan aplikasi MyXL, kamu akan dimintai kode verifikasi dan kode tersebut akan dikirimkan melalui nomor XL yang digunakan untuk mengelola XL HOME IZI tadi.

Untuk mengubah pulsa menjadi paket data, kamu harus melakukan top up minimal Rp50.000. Jika kurang dari nilai tersebut, maka pulsa tersebut hanya akan digunakan untuk memperpanjang masa aktif.

Berikut adalah informasi harga serta kuota yang didapatkan.

Follow me on social media:
XL HOME IZI, Cara Mudah Berinternet di Rumah
Tagged on:                 

One thought on “XL HOME IZI, Cara Mudah Berinternet di Rumah

  • 15/07/2020 at 5:02 pm
    Permalink

    kuota 30GB untuk 30 hari? woh, bisa cepet abis kalo aku.. 😆

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *