Tip dan Trik Penggunaan Acer Liquid M220

 

Setelah hampir sebulan saya menimang-nimang si mungil Acer Liquid M220, saya akan cerita kesan-kesan penggunaannya dan akan saya berikan juga beberapa tip dan trik yang semoga bermanfaat.

Yang pertama soal body-nya yang kecil dan ringan. Dengan layar 4 inch dan bobot hanya sekitar 119 gram, buat saya Acer Liquid M220 ini lebih cocok untuk dipakai menelpon (bicara) dibandingkan kegiatan lain seperti pesan teks atau menjalankan aplikasi tertentu. Dimensi tersebut membuatnya nyaman digenggam dan tidak capek saat dipake telpon lama.

Namun dengan layar yang hanya 4 inch, orang-orang yang berumur 40+ seperti saya ini relatif sudah mulai kesulitan dalam membaca teks yang nampak di layar. Di samping itu, ukuran keyboard menjadi relatif kecil dan sangat berpotensi salah ketik. Tapi jika dipakai oleh anak muda atau remaja, tentu tidak terlalu masalah.

Jadi nampaknya memang hape ini lebih cocok digunakan oleh anak muda atau remaja, apalagi dengan harga yang relatif sangat terjangkau, barangkali mereka tak perlu minta orang tua untuk membelikannya, cukup dengan menyisihkan uang saku selama beberapa waktu.

Lalu siapa lagi yang cocok menggunakan Acer Liquid M220 ini? Penggemar Acer tentu saja. Juga mungkin bagi mereka yang penasaran dengan Windows Phone dan ingin coba-coba dulu, mengingat sementara ini gadget berbasis Windows Phone termurah ya Acer Liquid M220 ini.

Nah, khususnya bagi mereka yang masih agak awam dengan Windows Phone, berikut ada beberapa tip dan trik untuk memaksimalkan penggunaan Windows Phone 8.1.

Mengganti Jumlah Tile Menjadi 3 Kolom

Meskipun kecil, namun Windows Phone yang digunakan oleh Acer Liquid M220 tetap mendukung tile 3 kolom, sedangkan defaultnya adalah 2 kolom. Buat yang ingin menjadikan tile-nya menjadi 3 kolom, caranya mudah saja, masuk ke Settings > Start+Theme, lalu aktifkan opsi Show more Tiles.

Dengan melakukan hal tersebut, akan muncul 1 kolom tile lagi di sebelah kanan namun masih berupa area kosong. Anda tinggal menambahkan tile baru ke kolom kosong tersebut.

 

Memberi Wallpaper

Untuk menambahkan wallpaper, masuklah kembali ke Settings > Start+Theme, lalu tap choose photo dan pilihlah gambar wallpaper yang diinginkan. Wallpaper tersebut akan dipasang di belakang tile, seolah tile menjadi tembus pandang.

 

Membuat Semua Tile Tembus Pandang

Agak disayangkan, tidak semua tile akan menjadi tembus pandang bila dipasangi wallpaper. Untunglah ada aplikasi yang membantu membuatkan tile yang transparan. Saya sudah pernah membahasnya di sini. Sejujurnya aplikasi inipun masih menyisakan celah karena masih ada tile yang belum bisa dibuat transparan. Mudah-mudahan di Windows 10 nanti masalah akan teratasi.

 

Membesarkan Font

Seperti yang saya bilang tadi, ukuran layar yang kecil agak menyusahkan bagi mereka yang matanya sudah kurang awas. Salah satu solusi yang bisa dicoba adalah membesarkan ukuran font, setidaknya untuk aplikasi pesan teks seperti SMS atau WA. Caranya: masuk ke Settings > Ease of access, lalu geser slider ukuran font ke kanan untuk membesarkan ukurannya.

 

Daftar Aplikasi Berjalan

Untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan dan berpindah atau menutup aplikasi, Anda bisa menekan dan menahan tombol back. Daftar aplikasi yang sedang berjalan akan ditampilkan dalam bentuk thumbnail dan Anda bisa men-tap thumbnail suatu aplikasi untuk mengaktifkannya atau men-tap tanda silang di kanan atas untuk menutupnya. Menutup aplikasi juga bisa dilakukan dengan menggeser thumbnail-nya ke bawah.

 

Memeriksa Update

Untuk memeriksa update (firmware), masuklah ke Settings > Phone update dan tap tombol check for updates.

 

Mengganti Nama Bluetooth

Jika Anda sering melakukan transfer file atau kegiatan lain dengan Bluetooth, mungkin Anda akan merasa sedikit jengkel karena nama bluetooth Acer Liquid M220 Anda adalah Windows Phone, sama dengan seluruh perangkat Windows Phone yang lain.

Bagaimana cara menggantinya?

Mudah saja sebenarnya. Colokkan Acer Liquid M220 Anda ke PC, lalu buka dengan Windows Explorer atau File Explorer. Di File Explorer, Acer Liquid M220 akan ditampilkan sebagai portable device dengan nama Windows Phone. Klik kanan nama Windows Phone tersebut dan pilih Rename, kemudian gantilah namanya sesuai dengan keinginan.

 

Naaah, saya pikir itu dulu tip trik yang hendak saya bagikan. Nanti kalo ada lagi ya bakal saya tulis lagi atau silakan berkomentar, trik apa yang sebaiknya saya tulis.

Follow me on social media:

Similar Posts

27 Comments

  1. Namun dengan layar yang hanya 4 inch, orang-orang yang berumur 40+ seperti saya ini relatif sudah mulai kesulitan dalam membaca teks yang nampak di layar.

    ..
    njenengan ini kacamatanya minus opo plus sih pak? #lospokus

    soal keyboard digital atau apalah namanya, menurut saya sampai saat ini memang tak ada yang mengalahkan punyanya iphone, rasanya pas aja jarak antar keypadnya, lebih asik lagi pake yg manual, makanya skarang saya malah balik arah pake blackberry jadul ehehehe

  2. salam. saya secara tdk sengaja merubah setelan bahasa menjadi bahasa ceko. bagaimana mengembalikan ke bahasa indonesia/inggris. sudah berusaha googling blom nemu. mohon pencerahan.
    trims.

  3. Mas, nanya dong.. Punya saya kok hp nya sering restart sendiri yaa.. Padahal baru beli dan blom d otak atik.. Kemaren sempat bluescreen badsmile gitu trus saya hard reset.. Tp msh sering restart.. Mohon bantuannya.
    Terima kasih.

    1. Kalau baru saja beli, menurut saya sebaiknya minta ganti saja. Pasti ada yang tidak beres kalau restart terus

  4. Mohon bantuan.y ya.. Saat ini hp acer liquid m220 saya sedang bermasalah, yaitu tidak dpat membuka pemutar musik, kamera, video, olahpesan, telpon, dan sensor penyimpanan.y jg tdk dpat di buka.. Bgmn solusi.y? Apa bisa d perbaiki tnpa harus melakukan pengaturan ulang ke awal.y? Sdh dua kali sya mengalami ini dan saya slalu memilih pengaturan ulang telpon, dan akhir.y mendownload ulang semua aplikasi yg hilang krn pengaturan ulang telpon itu dan itu membuatku bosan.. Apa ada cara yg lain untuk memperbaiki.y tnpa harus menghilangkan semua aplikasiku. Makasih

    1. Mohon maaf baru sempat menanggapi karena acara saya cukup padat dan mohon maaf juga kebetulan saya sudah lama tidak menggunakan ponsel ini lagi.
      Memang salah satu cara adalah kembali ke pengaturan ulang. Cara lain adalah dengan update firmware, apa Anda tau versi Windows Phone yg digunakan sekarang? Mungkin bisa diupdate lagi.

  5. Mas kenapa hp acer m220 tiba2 g mau ngecas, klo dicas cuma keluar tulisan acer lalu gambar batre g jalan gitu, mohon solusi pleace

    1. Bisa jadi baterainya sudah rusak. Seingat saya, baterai bisa dicopot khan? Barangkali perlu diganti baru

  6. Acer liquid m220 yg saya miliki tidak bisa upload dan unduh image dari WA.
    Notifikasi dari BBM tidak ada, terkecuali saat aplikasinya di buka. Sehingga selalu telat utk mmbalas pesannya.
    Mohon solusinya…

    1. Untuk upload atau unduh WA, coba cek free spacenya, kemungkinan penuh.
      Untuk BBM, ya mau gimana lagi, di Windows Phone memang BBM itu penuh bug

  7. Om apa hp ini kaya android kebanyakan bisa download WA dan aplikasi lainnya dengan mudah soalnya temen saya baru beli hpnya dan gak ada aplikasi WA sama FB..mohon pencerahan

    1. Oh ini bukan hape Android tapi Windows Phone. Windows Phone praktis sudah tidak dikembangkan lagi dan banyak aplikasi yang sudah tidak bisa jalan di atasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.