MIUI 10 Bikin Smartphone Xiaomi Jadi Menyenangkan –¬†MIUI adalah antarmuka yang lekat dengan smartphone Xiaomi. Bahkan antarmuka ini tersedia juga untuk brand smartphone lain.

MIUI kini sudah mencapai versi 10 dan sudah banyak smartphone Xiaomi yang mendapatkan update ke MIUI 10 tersebut, termasuk Redmi Note 5 yang saya pegang.

Jadi bagaimana rasanya menggunakan MIUI 10 ini?

Saya akan membagikannya di sini.

Lebih Bersih dan Rapi

MIUI 10

Tampilan MIUI 10 saya rasakan lebih bersih dan rapi. Ini memang subjektif sekali dan sulit dijelaskan, pokoknya begitu update selesai dan Redmi Note 5 mulai menampilkan MIUI 10, terasa sekali ada sesuatu yang beda, terasa lebih segar.

Tampilan theme defaultnya memang tidak berubah banyak tapi ya itu tadi, terasa beda. Mungkin ada beberapa perubahan minor yang tidak terlalu disadari.

Ah saya tahu, salah satunya adalah bentuk Google Bar yang sekarang membulat di sisi kanan dan kirinya, tidak persegi panjang.

Itu aja sudah memberikan efek yang cukup signifikan.

 

Lebih Ringan

MIUI 10

Yang kedua ini juga sangat subjektif sekali. Entah kenapa MIUI 10 ini saya rasakan membuat Redmi Note 5 jadi lebih enteng gitu.

Baca Juga
Zenfone Laser, Pake Laser Beneran

Padahal ketika dites Antutu juga skornya sama saja.

Oke, jadi yang bagian ini boleh dianggap cuma efek psikologis saja ya, hehe.

Tapi kalau merujuk ke situs resmi MIUI yang membahas tentang MIUI 10, memang ada peningkatan performa.

Di situ ada perbandingan Redmi Note 5 Pro yang menggunakan MIUI 10 dengan Samsung J7 Duo soal kecepatan loading 30 aplikasi dan ternyata Redmi Note 5 Pro memenangkannya dengan skor 23 vs 7.

Jadi saya gak mengada-ada khan?

 

Volume Slider Vertikal

MIUI 10

Saat mengubah ukuran volume suara, perubahan biasanya ditandai dengan slider horisontal. Nah, di MIUI 10 ini, slidernya berubah jadi vertikal dan gemuk.

Konon bentuk slider volume ini adalah bentuk slider standar di Android P nanti.

MIUI 10

Jadi kalau kamu tidak suka dengan bentuk slider seperti ini, ya mau tidak mau harus mencoba untuk membiasakan diri.

 

Tampilan Recent Apps Berubah

MIUI 10

Recent Apps merupakan daftar aplikasi yang sedang dibuka atau berjalan di smartphone. Daftar tersebut ditampilkan dengan mengetuk tombol Recent.

Baca Juga
JD.id Menjual Blackphone 2

Jika sebelumnya tampilan recent ditampilkan menyamping ke kanan, sekarang ditampilkan dalam bentuk tile.

MIUI 10

Di bagian atas daftar recent apps tersebut terdapat tombol Split Screen yang digunakan untuk membagi layar sehingga bisa menampilkan dua aplikasi sekaligus. Tinggal ketuk tombol tersebut dan tarik aplikasi yang akan dibuka secara bersamaan ke area yang tersedia.

 

Tampilan Notifikasi Baru

MIUI 10

Tampilan notifikasi juga baru. Secara umum, desain MIUI 10 ini mendekatkan diri ke alam, jadi ketika kamu menarik papan notifikasi dari bagian atas layar smartphone, turunnya papan notifikasi tersebut seolah akan seperti air menetes dengan tampilan baru yang lebih segar.

Bukan cuma tampilan yang didesain terinspirasi alam, tapi juga berbagai suara notifikasi.

 

Tombol Back Bisa Ditukar Ke Kiri

MIUI 10

Ini dia fitur yang paling saya tunggu-tunggu. Saya adalah penyuka smartphone yang tombol Back-nya ada di sebelah kiri, karena saya lebih banyak memegang smartphone dengan tangan kiri. Otomatis jempol saya bakal lebih mudah menjangkau back yang ada di sebelah kiri.

Baca Juga
Review Huawei P9 Lite

Kebanyakan smartphone sekarang ini memiliki tombol virtual, bukan tombol fisik. Jadi letak tombol tersebut bisa ditukar. Kalau tombol fisik ya memang mau diapakan lagi.

Jika smartphone yang kamu gunakan memiliki tombol virtual seperti halnya Redmi Note 5 yang saya pegang, bukalah Settings > Full Screen Display, lalu non aktifkan opsi Mirror buttons.

Ini sekaligus menjawab bahwa posisi tombol Back yang benar itu seharusnya memang di sebelah kiri, karena jika di kiri opsi mirror-nya off. Kalau di kanan, mirror harus diaktifkan terlebih dahulu.

 

Bokeh Untuk Smartphone Berkamera Tunggal

MIUI 10

Xiaomi mengklaim MIUI 10 ini memungkinkan mengambil foto bokeh dengan smartphone yang hanya memiliki satu kamera saja.

Fitur yang ini tidak bisa saya buktikan sendiri sebab Redmi Note 5 memiliki kamera ganda. Namun tentu ini kabar baik bagi mereka yang memiliki smartphone dengan kamera cuma sebiji.

Follow me on social media:

2 Comments

Zam · 27/10/2018 at 10:25 am

sudah pake MIUI 10 (dev version) di Redmi Note 3, tapi masih Android M..

Ari · 16/11/2018 at 10:11 am

Iklan dari aplikasi bawaan xiaomi masih ada ga mas? saya sendiri pindah ke custom rom (lineageOS) karena di MIUI terbaru banyak disusupi iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.