Kilas Balik Perjalanan AMD Sepanjang 2021

Sekarang ini, jika kita bicara personal computer (PC), khususnya pada sektor prosesornya, ada dua nama yang begitu mendominasi. Salah satunya adalah AMD.

Pada tahun 2021, AMD bahkan sedang naik daun. Terbukti pada triwulan ketiga tahun 2021, AMD mendapatkan kenaikan pendapatan hingga 16,2%.

Keberhasilan ini diraih oleh AMD berkat kemampuannya menghadirkan evolusi di dunia komputasi dalam produk yang diberi nama Ryzen 5000 series.

Prosesor ini hadir dengan fabrikasi 7nm plus arsitektur core Zen 3 yang memiliki fitur dengan teknologi

terdepan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan para gamer, content creator, serta professional.

Beberapa hari yang lalu, saya diundang oleh AMD dalam acara 2021 End Year Media Gathering yang memaparkan kilas balik perjalanan AMD, khususnya sepanjang tahun 2021, tetapi juga termasuk paparan singkat sejarah prosesor Ryzen.

Genap 5 Tahun Perjalanan Ryzen

Tahun 2021 adalah sebuah milestone bagi prosesor seri Ryzen buatan AMD karena telah mencapai umur 5 tahun, dengan segenap pencapaiannya yang luar biasa.

Suasana AMD 2021 End Year Media Gathering

AMD Ryzen menjalani debutnya pada ajang Computex 2017. Saat itu, AMD berkolaborasi dengan ASUS meluncurkan laptop gaming ROG Strix GL702QC, menggunakan desktop CPU Ryzen 7 1700 dan GPU Radeon RX 580.

Jelas sebuah kebanggaan juga bagi ASUS karena meluncurkan laptop bertenaga Ryzen untuk pertama kalinya. Pada zamannya, laptop ROG Strix GL702QC ini menjadi favorit para gamer.

Pada bulan Oktober tahun yang sama, 2017, AMD secara resmi memperkenalkan dua prosesor Ryzen mobile, masing-masing memiliki 4 core and 8 thread, yaitu Ryzen 5 2500U dan Ryzen 7 2700U.

Kedua prosesor ini dilengkapi dengan prosesor grafis Radeon Vega. Untuk produk ini, AMD menggandeng banyak partner seperti Asus ROG, Acer, HP, Lenovo, dan Dell.

Semakin banyak partner yang mempercayakan produknya dengan prosesor AMD, semakin dikenal pula kehandalan prosesor Ryzen.

Fabrikasi Semakin Kecil

Teknologi fabrikasi prosesor semakin lama semakin kecil dan kini telah mencapai 7 nm. Sebelum mencapai ke sana, AMD mempopulerkan penggunaan teknologi fabrikasi 12 nm melalui prosesor mobile Ryzen 3000 Series generasi kedua, yang hadir pada CES 2019.

Masih dengan teknologi fabrikasi 12nm, AMD juga merilis seri prosesor terbaru yang kemudian menjadi tren pada laptop gaming ringan yakni H-Series yang dikhususkan untuk performa gaming lebih kencang.

Bahkan AMD mampu mengembangkan fabrikasi dengan arsitektur 7 nm pada tahun 2020, dengan meluncurkan prosesor AMD Ryzen 4000 Series yang merupakan Prosesor x86 pertama di dunia yang menggunakan arsitektur 7nm, 8 core dan 16 thread.

AMD Ryzen 4000U Series merupakan prosesor satu-satunya di dunia dengan 8 core untuk laptop ultrathin. Dengan hadirnya AMD Ryzen 4000 Series memberikan performa prosesor yang lebih cepat dan efisiensi daya yang optimal.

AMD juga merilis sebuah prosesor gaming namun dengan TDP yang yang lebih rendah yaitu AMD Ryzen 4000HS series yang memiliki TDP 35 Watt namun dengan 8 core dan 16 thread. AMD Ryzen HS series ditujukan untuk thin and light gaming, sehingga memungkinkan desain laptop gaming yang semakin tipis dan portable.

Pada tahun 2021 ini, AMD memberikan sebuah evolusi dengan menghadirkan Ryzen 5000 series dengan fabrikasi masih pada angka 7 nm, tetapi dengan arsitektur core Zen 3 yang memiliki fitur dengan teknologi terdepan dan dapat disesuaikan kebutuhan untuk para gamer, content creator, serta professional.

Prosesor AMD Terkini

Prosesor AMD terkini yang terkenal dengan keadalannya adalah AMD Ryzen 5000 U-Series Mobile Processor. Prosesor ini ditujukan untuk pengguna mainstream yang menginginkan performa yang kencang, menawarkan perpaduan performa dan efisiensi yang sempurna.

Selain performa unggul, AMD Ryzen 5000 U-Series Mobile Processor menawarkan pengalaman komputasi tinggi dan portabilitas yang dikhususkan untuk laptop ultrathin.  

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan kalangan content creator dan gamer profesional, AMD menghadirkan AMD Ryzen 5000 H-Series Mobile Processor yang memberikan efisiensi daya maksimal dengan performa tinggi untuk mendukung ragam pekerjaan berat penggunanya tanpa hambatan pada sebuah perangkat laptop tipis, inovatif dan ringan.

Dalam jajaran portofolio prosesor mobile-nya, AMD juga menghadirkan seri prosesor flagship, yaitu AMD Ryzen 9 5900HX yang memiliki kemampuan unlockable yang sangat cocok untuk kebutuhan para profesional konten kreator.

Selain prosesor untuk komputasi utama, AMD juga memperkenalkan prosesor grafis AMD Radeon 6000M Mobile Series yang dirancang untuk menghadirkan performa kelas dunia, visual tajam, dan pengalaman komputasi gaming yang imersif.

GPU AMD Radeon RX 6000M Series memanfaatkan terobosan arsitektur gaming AMD RDNA 2 untuk menghadirkan performa gaming kencang.

Prosesor dan kartu grafis AMD Radeon 6000M Mobile Series memiliki beberapa varian, di antaranya adalah AMD Radeon RX 6800M, AMD Radeon RX 6700M, dan AMD Radeon RX 6800M.

AMD Radeon RX 6800M diperuntukkan bagi hardcore gamers dengan konsumsi daya minimal 145 watt dengan performa gaming pada resolusi 1440p. GPU ini mampu memberikan performa paling tinggi hampir pada sejumlah game kelas AAA.

AMD Radeon RX 6700M menawarkan performa gaming 1440p/100FPS, visual dan efisiensi memukau yang dirancang untuk generasi baru dari laptop gaming dan kreasi konten yang canggih.

Terakhir adalah kartu grafis AMD Radeon RX 6600M yang ditujukan bagi para gamer kasual, dirancang untuk pengalaman gaming 1080p/100FPS dengan performa kecepatan refresh tinggi di 1080p untuk laptop ringan.

AMD Advantage

Salah satu inovasi terkini AMD adalah AMD Adavantage, sebuah design framework untuk memberikan solusi terbaik pada laptop gaming. Solusi AMD Advantage menawarkan paket lengkap laptop gaming dengan berbagai fitur yang dibutuhkan gamer.

Paket yang ditawarkan AMD Advantage meliputi tiga konsep dasar, yaitu Amplified Performance, Premium Display, dan Built for Gaming yang dikemas dalam teknologi AMD Advantage Design Framework.

Amplified Performance hadir pada laptop bertenaga prosesor AMD Ryzen 5000 Series Mobile, dipadukan dengan kartu grafis AMD Radeon™ RX 6000M Series terbaru yang ditenagai oleh arsitektur RDNA 2 dengan performa 1,5 kali lebih kencang, 43% lebih hemat daya, hingga kemampuan gaming 1,77 kali lebih baik generasi sebelumnya.

Premium Display merupakan fitur tampilan yang dibutuhkan gamer untuk menikmati grafis terbaik dalam game, mulai dari tingkat kecerahan minimal 300 nits, 100% sRGB, dan 72% NTSC dengan panel OLED ataupun IPS, serta refresh rate mencapai 144 Hz.

AMD Advantage Design Framework memberikan performa yang optimal dan konsisten, serta menjaga temperatur kerja yang stabil. Kombinasi ini akan mencegah penurunan performa, meski ketika digunakan berjam-jam tanpa henti. Ideal untuk aktivitas gaming maupun aktivitas kreasi konten yang berat.

Follow me on social media:

Similar Posts

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.