|

BeritaSatu App for Android

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh para penyedia konten di internet saat ini adalah bagaimana menyesuaikan tampilan situsnya pada perangkat mobile. Seperti beberapa kali saya tulis juga di blog saya ini, trend terkini penggunaan perangkat mobile nampaknya mulai bergeser ke arah smartphone, maksimal phablet, bukan lagi tablet.

Soal tablet, mungkin penyedia konten tak harus pusing memikirkan tampilan situsnya karena toh ukuran tablet cukup besar untuk menampilkan hasil yang sama dengan layar monitor komputer. Bagaimana dengan tampilan situs di smartphone atau phablet?

Pendekatan yang banyak dilakukan adalah membuat versi mobile untuk tampilan sebuah situs. Pendekatan seperti ini sudah relatif lama dilakukan dan sementara ini nampaknya cukup baik. Namun sepertinya tetap dirasa kurang maksimal.

Belakangan muncul konsep baru dalam memaparkan konten sebuah situs ke dalam smartphone, yaitu dengan membuat aplikasi khusus yang berjalan pada smartphone tersebut. Tampilan secara visual tak lagi harus menyerupai situs aslinya atau versi mobilenya, yang penting kontennya serta user friendly.

Salah satu situs berita yang belum lama ini merilis aplikasi mobile untuk konten beritanya adalah Berita Satu dot Com. Situs yang aslinya beralamat di www.beritasatu.com ini merilis aplikasi bernama BeritaSatu juga dan tersedia untuk platform Android dan iOS. Berhubung gadget yang saya punya adalah Android, saya akan bahas aplikasi BeritaSatu di Android. Alamat untuk mengunduh aplikasi ini sangat mudah diingat: brt.st/android.

Seperti apa aplikasinya? Yuk mari kita lihat lebih lanjut.

Saat dijalankan, BeritaSatu akan langsung menampilkan berita-berita terkini dan terpopuler. Tampilan aplikasi BeritaSatu cukup sederhana dan “bersih”. Bagian tengah dimaksimalkan untuk menampilkan judul berita, bagian atas digunakan untuk menampilkan logo, tombol refresh dan pencarian, sedangkan bagian bawah diisi dengan iklan. Iklan ini ditempatkan dengan cukup bagus sehingga tidak terasa mengganggu.

BeritaSatu App for Android

Judul berita yang ditampilkan dilengkapi dengan foto/gambar ilustrasi yang terletak di bagian kiri. Judul berita yang satu dengan judul berita yang lain diletakkan pada area yang berbeda warna sehingga mudah dibedakan.

Untuk menampilkan isi berita, cukup ketuk judul berita yang ingin dibaca isinya. Di bagian bawah berita akan muncul empat buah tombol, berturut-turut dari kiri ke kanan adalah:

  • Favorit: digunakan untuk memasukkan berita ke dalam favorit.
  • Komentar: digunakan untuk memberikan komentar terhadap suatu berita.
  • Share: digunakan untuk melakukan share berita tersebut ke orang lain melalui aplikasi tertentu, misalnya WhatsApp, BBM, Telegram, dan lain-lain. Yang di-share adalah judul berita dan link URL menuju ke berita tersebut.
  • Artikel terkait: menampilkan daftar artikel yang terkait dengan berita yang ditampilkan.

Ukuran font juga dapat dengan mudah disesuaikan dengan mengetuk tiga buah huruf A yang nampak di bawah judul berita.

BeritaSatu App for Android

Aplikasi BeritaSatu ini juga benar-benar memaksimalkan gestur jari untuk melakukan navigasi. Saat berada di halaman utama, pengguna dapat menyapukan jari ke kiri untuk berpindah ke halaman lain. Pada setiap halaman akan muncul kategori berita yang berbeda, misalnya Berita Populer, Berita Nasional, Berita Dunia, dan lain-lain. Untuk berganti-ganti antar halaman, cukup menyapukan jari ke kiri atau ke kanan.

Saat menampilkan isi sebuah berita, menyapukan jari ke kiri atau ke kanan berarti menuju ke berita berikutnya atau berita sebelumnya.

Jika tepi kiri layar “ditarik” ke kanan, maka akan muncul panel berisi feature khusus (misalnya polling atau iklan) dan di bawahnya ada daftar kategori berita. Di situ tersedia juga tombol untuk mengubah bahasa dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Ya, BeritaSatu ini merupakan aplikasi yang istimewa karena sifatnya bilingual.

Menu

Di bagian paling atas daftar kategori, bisa dijumpai menu untuk mengaktifkan live stream, baik TV maupun radio.

Pada bagian paling bawah daftar kategori berita terdapat item menu Pengaturan yang dapat digunakan untuk mengatur setingan aplikasi BeritaSatu, di antaranya tentang notifikasi, masuk ke akun Disqus (yang dibutuhkan untuk mengisi komentar) dan bantuan.

Untuk mencari berita tertentu, ketuk gambar kaca pembesar yang terletak di sudut kanan atas dan masukkan kata kunci pencarian Anda. Hasil pencarian ditampilkan dalam tiga kategori, yaitu Foto, Video, dan Berita. Hasil pencariannyapun akurat.

Hasil Pencarian

Dengan aplikasi BeritaSatu yang mudah dioperasikan dan tampilan visualnya membuat konten di dalamnya mudah dibaca, maka membaca berita di Berita Satu dot Com melalui smartphone kini makin menyenangkan.

Follow me on social media:

Similar Posts

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.