Sekalipun Ubuntu 9.04 sudah lama “terbit”, baru dua hari yang lalu saya berkesempatan menginstallnya di PC saya.

Seperti biasa, informasi booting ke Ubuntu saya “sematkan” pada GRUB milik Fedora (di PC saya sudah ada Fedora, Windows XP, ┬ádan Windows 7). Biasanya hanya dengan menyalin entry dari /boot/grub/menu.lst milik Ubuntu ke /boot/grub/grub.conf milik Fedora, semua beres.

Tapi ternyata kemarin tidak.

Setelah masuk GRUB dan memilih Ubuntu, yang muncul adalah teks Error 15: File not found (idiot)

Berbagai cara sudah saya lakukan, termasuk mengganti entry UUID menjadi file device biasa (/dev/sda7 di komputer saya). Tapi tetep saja annoying error message itu muncul. (annoyed)

Baca Juga
Fedora 11

Akhirnya saya gunakan pamungkas saya. Apa itu? EasyBCD. Yang belum tahu apa itu EasyBCD boleh klik di sini. Dan berhasil, Ubuntu bisa booting. Jadi entry di BCD saya arahkan ke GRUB Ubuntu, barulah GRUB Ubuntu bisa nongol dan bisa digunakan untuk booting.

Setelah berhasil booting, giliran berikutnya adalah konfigurasi internet. Saya pakai speedy dan berdasarkan berbagai sumber, konfigurasi dilakukan dengan pppoeconf. Tapi gagal. Saya lupa apa error messagenya, tapi kira-kira isinya adalah “pppoeconf tidak berhasil melakukan konfigurasi karena telah ada konfigurasi pppoe yang lain”. (doh) apa lagi iniiiiii (taser)

Dugaan saya karena setingan PPPOE sudah dilakukan di modem ADSLnya. Akhirnya saya membuka System > Preferences > Network Connections, lalu entry auto eth0 yang ada di tab Wired saya sunting dengan mengganti metode koneksi IPV4 dari Automatic (DHCP) menjadi Automatic (DHCP) addresses only dan memasukkan alamat IP DNS Speedy di kotak teks DNS Servers.

Baca Juga
Eee PC Windows Lebih Laris Daripada Linux (?)

Done! Koneksi internet bisa dilakukan lagi. Posting inipun dilakukan dari Ubuntu dengan menggunakan Bee WordPress Client.

Follow me on social media:
Categories: Linux

7 Comments

itachi · 22/08/2009 at 1:42 pm

(yahoo) ubuntu memang mangstab bos!, sayangnya ubuntu 9.04 belum bisa jalan lancar di laptop, mungkin harus nungguin ubuntu 9.10!! (idiot) (idiot) (doh) (doh)

arham blogpreneur · 22/08/2009 at 2:24 pm

lama saya punya CD Ubuntu tapi lama juga ngak pernah make ituh… sudah nyaman dengan Windows… kalau mau ganti pun lebih pilih ke Mac. ngak suka pake Linux entah kenapa (scenic) (doh)

geblek · 22/08/2009 at 4:17 pm

firefoxnya di ubuntuku merajuk gak mau dipakai :)

caktopan · 22/08/2009 at 4:31 pm

hehehe… biasanya abis dikerjain, jadi tambah sayang pak :mrgreen:

omagus · 22/08/2009 at 5:22 pm

wah selamat nungguin update yah..!

Pakde Cholik · 24/08/2009 at 1:41 pm

Saya belum begiyu faham dengan ubundtu jadi ya belum berani nyoba. Belajar dulu ach, biar bisa ngrasain model lain-lain.
Salam hangat dari Surabaya.

andy · 25/08/2009 at 8:47 pm

informasi yang sangat berguna sekali (headspin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.