|

Utak-atik Booting Windows 7 Beta

Windows 7 nampaknya merupakan produk yang cukup dinantikan. Ketika versi betanya dipublikasikan, banyak yang cukup antusias dan mencoba menginstallnya. Barangkali Anda termasuk di dalamnya.

Karena masih Beta, tentunya kurang baik bila Windows 7 tersebut dijadikan sistem operasi utama. Solusi terbaik adalah menginstallnya secara dual boot (atau bahkan multi boot bila lebih daripada dua sistem operasi bersamaan) dengan sistem operasi yang sudah lebih mapan, misalnya Windows XP, Windows Vista, atau bahkan Linux.

Nah, setelah prosedur instalasi selesai, Windows 7 Beta akan menempati urutan pertama pada prioritas booting alias menjadi nilai default. Padahal mungkin yang Anda inginkan menjadi nilai default booting utama adalah versi Windows sebelumnya yang masih Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari.

Kalau sekedar mengganti nilai default sistem operasi yang akan digunakan sebagai booting, caranya tidaklah terlalu sulit. Berikut ini langkah-langkah mengganti nilai default booting tersebut:

  1. Boot ke Windows 7 terlebih dahulu.
  2. Klik kanan item Computer yang ada di Start menu dan pilih properties hingga muncul jendela berisi informasi dasar tentang komputer Anda.
  3. Klik link Advanced system settings yang terdapat pada sisi kiri jendela tersebut hingga muncul kotak dialog System Properties.
  4. Klik tombol Settings pada bagian Startup and Recovery hingga muncul kotak dialog Startup and Recovery.
  5. Pada drop down Default operating system, pilih sistem operasi yang ingin dijadikan default.
  6. Bila perlu, gantilah nilai Time to display list of operating systems dari 30 menjadi nilai lain yang Anda inginkan.

Cukup itu saja. Tidak sulit bukan? Namun barangkali masih ada hal yang rasanya kurang afdol. Apa itu? Tidak lain dan tidak bukan adalah entry yang mengacu ke sistem operasi lama. Entry tersebut berbunyi “Earlier Version of Microsoft Windows”. Tentu akan lebih bagus jika entry tersebut bisa berbunyi “Windows XP” atau “Windows Vista”. Lalu bagaimana cara menggantinya?

Windows 7 Beta menyediakan perkakas dalam bentuk perintah baris yang bernama BCDEdit (bcdedit.exe). Perkakas tersebut sebenarnya bahkan telah tersedia sejak Windows Vista.

Untuk menggunakan perintah bcdedit.exe tersebut, bukalah Command Prompt sebagai Administrator. Caranya adalah dengan mengklik kanan shortcut Command Prompt yang berada di Start Menu > All Programs > Accessories > Command Prompt. Pada menu klik kanan, pilih Run as Administrator.

Sintaks perintah bcdedit untuk mengganti teks “Earlier Version of Microsoft Windows” dengan teks yang kita inginkan adalah sebagai berikut:

bcdedit /set {identifier} description “teks”

Identifier adalah teks yang menunjukkan identitas sistem operasi. Untuk mengetahui identifier sistem operasi yang ada pada komputer Anda, jalankan perintah bcdedit tanpa parameter apapun. Contoh:

c:bcdedit
Windows Legacy OS Loader
------------------------
identifier {ntldr}
device partition=DeviceHarddiskVolume1
path ntldr
description Earlier Version of Microsoft Windows

Identifier {ntldr} merujuk pada Windows XP. Untuk mengganti teks “Earlier Version of Microsoft Windows” menjadi “Windows XP”, jalankan perintah berikut:

bcdedit /set {ntldr} description "Windows XP"

Nah, sekarang entri untuk booting ke Windows XP akan berganti dari “Earlier Version of Microsoft Windows” menjadi “Windows XP”.

Hal yang senada berlaku untuk Windows Vista, hanya saja sesuaikan nilai identifier dengan identifier Windows Vista.

EasyBCD

Mungkin bagi sebagian dari Anda, perintah baris merupakan momok tersendiri. Mungkinkan mengutak-atik booting Windows 7 Beta tersebut tanpa harus menggunakan perintah bcdedit?

Mungkin saja. Yang Anda perlukan hanyalah peranti lunak bernama EasyBCD yang bisa diperoleh di sini. EasyBCD sebenarnya didesain untuk Windows Vista, namun dapat berjalan juga di atas Windows 7 Beta karena pada dasarnya menggunakan perintah bcdedit.exe.

EasyBCD cukup user friendly. Hanya dengan sedikit mencoba saja, saya yakin Anda pasti langsung bisa menggunakannya.

Untuk mengganti sistem operasi default, klik tombol Change Setting, kemudian pada bagian Global Setting, tentukan sistem operasi default melalui drop-down Default OS. Di situ tersedia juga kontrol untuk mengganti nilai time out.

Untuk mengganti teks “Earlier Version of Microsoft Windows”, masih pada halaman Change Setting tersebut, klik drop-down yang terdapat di bagian Entry-Based dan pilih “Earlier Version of Microsoft Windows”, kemudian pada bagian Name gantilah teks Earlier “Version of Microsoft Windows” menjadi teks yang Anda inginkan, misalnya Windows XP.

EasyBCD juga menyediakan fungsionalitas lain, seperti penambahan entri booting (termasuk entri untuk booting ke Linux), back up konfigurasi, menimpa atau uninstall informasi booting ke Windows 7, dan beberapa fitur lain.

Semuanya dapat dilakukan dengan mudah secara visual tanpa harus mengerti perintah bcdedit.exe beserta dengan parameter-parameternya.

Follow me on social media:

Similar Posts

19 Comments

  1. eh, saya belum pernah nyoba windows 7.. nanti kalau ada bingung, siap tanya pak yahya deh 😀

  2. Pingback: Topics about Microsoft » Yahya Kurniawan: Utak-atik Booting Windows 7 Beta
  3. mas, numpang tanya juga ya, aku baru pasang windows 7 tapi “cpu usage nya 100%”,
    ada trik nggak biar gak boros memory.
    aku lihat dari task manager ada file bernama cmd.exe yg paling banyak menggunakan memory (CPU) paling banyak.
    setelah aku end process cpu usagenya kembali normal, tapi pas kita booting lagi, cmd.exe nya kembali muncul.

  4. Saya telah menginstal WinXP & Win7 dengan urutan WinXP duluan diinstal di drive C kemudian Win7 di drive D. Tapi kemudian winXPny error sehingga harus saya instal ulang. Pada saat boot, win7ny tidak terdeteksi sehingga bootmanagerny saya ulang instal lewat win7 DVD. Tetapi sekarang malah winXP yg tidak terbaca sama sekali diboot optionnya. Apa yg harus saya lakukan?mohon pencerahannya. Trims.. 🙂

  5. 😉 kepada yang ingin beralih arah daripada window sebelumnya kepada window 7. Anda boleh memuat turun window 7 disini secara percuma, berbagai software untuk window anda. segalanya boleh didapati disini
    http://y.ahoo.it/vypLdq

  6. Wah…mantap juga windows 7. Baru hari ini saya bisa coba. Tapi gini Pak, saya menemukan masalah. Saya coba install software autocad 2006 di windows 7 tapi kok gk bisa yah? Ada solusi gk Pak?

  7. bagaimana cara uninstall winds 7, jk dari pertama menginstall os y langsung winds7?trus mau format hardisk dari cd xp, tp g bs masuk kinstalasinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.