Internet

Tabungan Online, Bantu Amankan Diri Saat Pandemi

Pandemi sudah berjalan satu tahun dan sepertinya belum akan berakhir dalam waktu dekat, meskipun tentu kita semua berharap bakal segera berakhir. Selama masih pandemi, tentunya akan lebih aman jika kita mengurangi aktivitas keluar rumah. Toh dengan adanya fasilitas internet sekarang ini, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan secara online dari rumah.

Namun harus diakui bahwa ada beberapa kegiatan yang sedikit sulit dilakukan secara online. Pemeriksaan kesehatan misalnya, sudah jelas kita harus datang ke klinik atau rumah sakit. Mengurus birokrasi kependudukan juga sebagian masih harus dilakukan dengan datang ke kantor kelurahan atau kecamatan.

Contoh lain yang dapat diajukan adalah kegiatan perbankan. Sekarang ini memang sudah ada layanan perbankan yang bisa dilakukan secara online, yang paling nampak nyata adalah cek saldo, transfer, dan pembayaran yang sifatnya periodik seperti pembelian pulsa listrik, pulsa smartphone, pembayaran langganan telepon, dan lain-lain. Namun beberapa kegiatan perbankan lain dianggap tak terhindarkan, mau tak mau, harus datang ke cabang terdekat, misalnya membuka rekening baru.

Untunglah, kemajuan teknologi membuat hal-hal yang tadinya dianggap tidak mungkin, sekarang menjadi mungkin.

Jika dulu membuka rekening tanpa datang ke kantor bank dulu adalah hal yang mustahil dilakukan karena dibutuhkan verifikasi berupa tanda tangan dan pencocokan identitas oleh petugas bank. Sekarang, hal tersebut sudah bisa dilakukan menggunakan aplikasi tabungan elektronik.

SimobiPlus, Tabungan Online

Adalah SimobiPlus, sebuah aplikasi tabungan elektronik yang memberikan kemudahan buka rekening online, bahkan dengan SimobiPlus kamu bisa buka tabungan 100% online.

tabungan online

SimobiPlus (atau bisa juga ditulis dengan Simobi+) adalah layanan mobile banking dari Bank Sinarmas untuk memenuhi segala kebutuhan transaksi finansial kamu. SimobiPlus membuat transaksi finansial lebih mudah dan aman melalui satu aplikasi. SimobiPlus terhubung dengan Simas E-Money (uang elektronik Bank Sinarmas), Rekening Tabungan, Deposito, Kartu Kredit, Giro, dan seluruh produk finansial di Bank Sinarmas.

Untuk melakukan buka rekening online, tentunya kamu harus menginstal aplikasi SimobiPlus terlebih dahulu. Aplikasi ini tersedia baik untuk platform Android maupun iPhone, jadi kamu tak perlu khawatir soal smartphone yang digunakan.

Setelah aplikasi SimobiPlus terinstal pada smartphone, kamu bisa membuat akun pada aplikasi terlebih dahulu, baru kemudian membuka tabungan secara online. Verifikasi dapat dilakukan memanfaatkan kamera smartphone, bukan dengan video call tapi cukup dengan selfie saja.

Hebatnya, SimobiPlus ini menganut prinsip buka rekening online langsung aktif. Tak sekadar kemudahan yang ditawarkan, tapi juga soal kecepatan. Nah, secara singkat saya akan memberikan review tabungan online lewat SimobiPlus ini, termasuk juga membahas langkah-langkah pembukaan rekeningnya.

Langkah Membuka Rekening Online SimobiPlus

Langkah untuk membuka rekening online di SimobiPlus relatif mudah. Sebelumnya, siapkan KTP dan NPWP karena nanti akan dipotret dan diupload. Gunakan juga pakaian yang pantas karena nanti kamu akan diminta foto selfie.

Pertama yang harus dilakukan adalah  instal aplikasi SimobiPlus. Pengguna Android bisa mendapatkannya melalui Google Play Store, sedangkan pengguna iPhone tentu saja melalui App Store.

Pada pembahasan ini, saya menggunakan platform Android. Saya pikir penggunaan aplikasi SimobiPlus pada iPhone tidaklah berbeda. Setelah aplikasi SimobiPlus terpasang, buatlah akun tabungan online ke Simas Digi Saving Account, yang nantinya akan menjadi tabungan digital kamu. Tabungan digital adalah bentuk tabungan yang pada dasarnya mirip dengan tabungan biasa pada bank, tetapi seluruh proses pembuatan dan pengelolaanya dilakukan secara digital.

Pembuatan akun Simas Digi Saving Account ini sekaligus juga membuat akun aplikasi SimobiPlus. Jadi nantinya, dengan satu akun aplikasi SimobiPlus, kamu bisa mengelola beberapa produk perbankan dari Sinarmas. Hanya saja saat ini kita akan fokus pada tabungan digital terlebih dahulu.

Perhatikan, saat hendak membuat akun aplikasi SimobiPlus, pastikan username yang digunakan memiliki minimal 8 karakter alphanumeric. Pihak bank tentunya membutuhkan verifikasi, apakah yang membuka akun ini beneran ada atau fiktif belaka, karena itu pada langkah selanjutnya ada verifikasi data.

Verifikasi yang diminta adalah foto KTP, foto selfie dengan memegang KTP, foto selfie saja, verifikasi alamat email yang digunakan, dan juga tanda tangan. Semua dilakukan secara online, kamu tidak perlu ke mana-mana.

Tanda tangan dilakukan melalui layanan DigiSign, sebuah layanan online digital signature. Sedikit tips dari saya, gunakan stylus saat melakukan tanda tangan karena hasilnya bakal lebih mirip dengan tanda tangan yang dibuat dengan pulpen atau ballpoint. Tanda tangan yang dilakukan dengan jari langsung pada layar smartphone biasanya memberikan hasil yang “ajaib”, hehe.

Setelah melalui proses tersebut, akun tabungan digital kamu langsung aktif dan siap digunakan. Mudah sekali dan sama sekali tidak perlu keluar rumah.

Review Singkat Aplikasi SimobiPlus

Aplikasi SimobiPlus tergolong ringan dijalankan. Saat shortcut aplikasi ketuk, tak butuh waktu lama,  kamu akan segera dibawa ke dashboard aplikasi. Pada halaman dashboard ini tidak ada angka yang menyatakan saldo kamu, jadi aman dari diintip teman saat kamu membuka aplikasi SimobiPlus ini.

Di sini kamu bisa dengan cepat menuju ke berbagai lokasi, misalnya hendak melihat akun tabungan digital, hendak melakukan top up dompet digital seperti OVO, Gopay, LinkAja, membayar tagihan, dan masih banyak lagi.

Melakukan transfer uang tentu saja bisa dilakukan. Bukan hanya ke sesama pengguna SimobiPlus, tetapi juga ke akun bank lain. Melakukan transfer uang juga tidak dikenai biaya, meskipun ke bank lain.

tabungan online

Hanya saja perlu diperhatikan, jika transfer ke bank lain dilakukan pada hari libur, ada kemungkinan akan dikenai biaya transfer. Untunglah aplikasi SimobiPlus akan memberikan opsi apakah transfer akan tetap dilakukan pada hari itu juga atau hari kerja berikutnya.

Oh iya, ada fitur SKN ( Sistem Kliring Nasional ) yang GRATIS TRANSFER ke semua Bank. Batas waktu transaksi pukul 16:00 WIB ( jika melewati batas waktu, diproses pada hari kerja berikutnya, nah yang mau transfer ke Bank lain bisa pakai fitur ini ya.

Sedikit disayangkan, transaksi finansial yang dilakukan melalui aplikasi SimobiPlus membutuhkan token berupa SMS yang tentu saja dikenai biaya pulsa dari operator. Namun demi keamanan transaksi, hal tersebut masih bisa diterima. Kamu juga bisa melakukan penarikan uang melalui merchant terdekat yang bekerja sama dengan Bank Sinarmas.

Follow me on social media:

Similar Posts

3 Comments

  1. aplikasi SimobiPlus ini udah aku coba juga om, kemarin dipakai buat tarik tunai lalu transaksi dengan rekening lain. plus pointnya dia bebas biaya administrasi bulanan loh om.

  2. Kalau memilih layanan keuangan digital, biasanya lihat-lihat dulu cabangnya ada gak di daerah saya. Kebetulan cabang Bank Sinar Mas ada di deket rumah, jadi kayaknya bisa ikut nyoba buat (((koleksi))) aplikasi keuangan digital. Kalo SMS Token, bank sebelah langganan juga minggu lalu udah mulai pake. Verifikasi jadul memang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *