Zenfone Max Pro M1 vs Redmi Note 5 – Dalam waktu berdekatan, dua brand smartphone yang tergolong memiliki fans terbanyak di Indonesia merilis produk terbaru mereka.

Hadir dengan rentang harga dan spesifikasi yang mirip, tak ayal membuat keduanya menjadi seteru yang bakal selalu diperbandingkan satu dengan yang lain.

Nah, saya beruntung bisa mencoba keduanya sekaligus di waktu bersamaan, dan oleh karena itu saya persembahkan perbandingan antara keduanya supaya kamu tak bingung memilih.

Agak sedikit disayangkan, perbandingan ini tidak bisa 100% head-to-head karena Redmi Note 5 yang saya pegang memiliki RAM 4 GB, sedangkan Zenfone Max Pro M1-nya memiliki RAM 3 GB.

Jadi ada beberapa hal nantinya yang bakal saya beri penjelasan khusus mengenai adanya perbedaan spesifikasi ini.

[Catatan: supaya tidak kehilangan momentum, tulisan ini saya unggah terlebih dahulu, beberapa foto dan video pendukung menyusul segera, harap maklum]

Body

Dari segi penampakan, kedua smartphone ini memiliki ukuran body yang sangat mirip, bahkan desainnyapun nyaris sama.

Bagian depan bisa dikatakan tak ada beda kecuali posisi kamera, sensor, dan LED notifikasi. Kalau ini sih memang nyaris semua smartphone mirip, bukan?

Bagian belakang kedua smartphone memiliki desain yang mirip juga. Sensor sidik jari berbentuk bulat terletak pada posisi yang sama serta dua kamera yang diberi bingkai berbentuk lonjong yang sama-sama berposisi di kiri atas.

Bedanya, Zenfone Max Pro M1 meletakkan lampu flash di luar bingkai, sedangkan Redmi Note 5 di dalam bingkai.

Posisi tombol power dan volume terletak di sisi kanan, pada posisi yang mirip.

Di bagian bawah, lubang-lubang port memiliki urutan letak yang sama walaupun desainnya beda, yaitu lubang jack 3.5 mm, mikrofon, port USB, dan lubang speaker.

 

Skor Antutu

Inilah yang paling sering menjadi acuan banyak orang apabila ada smartphone baru diluncurkan, untuk menilai kinerjanya.

Hasil benchmark yang saya lakukan terhadap kedua smartphone tersebut adalah sebagai berikut: skor Antutu Redmi Note 5 adalah 116.556, hampir sama dengan klaim Country Manager Xiaomi Indonesia, Stephen Shi, saat peluncurannya, yaitu 116.693.

Baca Juga
Video Unboxing ASUS Zenfone Zoom S

Sedangkan skor Antutu Zenfone Max Pro M1 adalah 113.934.

Perhatikan bahwa Redmi Note 5 yang saya tes ini memiliki RAM 4 GB, sedangkan Zenfone Max Pro M1 RAM-nya 3 GB. Selisih RAM ini tentu membawa pengaruh ke benchmark.

Bisa kita lihat bahwa meskipun RAM-nya hanya 3 GB, namun kinerja Zenfone Max Pro M1 cukup baik dan hanya terpaut sedikit saja dibandingkan Redmi Note 5 yang memiliki RAM 4 GB.

Dari berbagai sumber, saya mencoba mencari skor Antutu untuk Redmi Note 5 yang memiliki RAM 3 GB, ternyata hasilnya bervariasi antara 108.776 hingga 112.987, namun belum saya temukan yang skornya lebih tinggi daripada skor Antutu Zenfone Max Pro M1 dengan RAM 3 GB.

Sedangkan skor Antutu untuk Zenfone Max Pro M1 yang memiliki RAM 4 GB belum saya temukan.

 

Antarmuka

Seperti halnya kebanyakan produk Xiaomi lainnya, Redmi Note 5 menggunakan antarmuka MIUI.

Sedangkan ASUS memberikan kejutan dengan menyematkan Android murni pada Zenfone Max Pro M1, bukan ZenUI.

Jika kamu sama-sama belum terbiasa menggunakan keduanya, tentu hal tersebut tidak menjadi masalah. Juga bila kamu terbiasa menggunakan MIUI dan ingin membeli Redmi Note 5, tentu juga oke oke saja.

Namun jika kamu sebelumnya telah terbiasa menggunakan produk ASUS dengan ZenUI dan ingin membeli Zenfone Max Pro M1 ini, pada awalnya mungkin akan sedikit canggung.

Jangan khawatir karena ini hanya masalah kebiasaan saja. Tidak butuh waktu lama untuk membiasakan diri menggunakan antarmuka Android murni.

 

Kamera

Soal kamera, pasti sangat subyektif. Karena itu, lebih baik lihat langsung saja hasilnya melalui foto-foto berikut ya.

 

 

 

 

Keunggulan Redmi Note 5 terletak pada adanya watermark, sedangkan Zenfone Max Pro M1 karena menggunakan Android Murni dan kameranya menggunakan Snapdragon Camera, tidak ada watermark yang bisa ditampilkan kecuali mengeditnya menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Untuk urusan selfie, secara default kamera Redmi Note 5 memberikan hasil berupa bayangan cermin, sedangkan kamera selfie Zenfone Max Pro M1 tidak.

Jangan khawatir, soal ini bisa diatur sesuai selera, apakah mau tetap memberikan hasil berupa bayangan cermin atau tidak. Kedua smartphone memiliki pengaturan akan hal tersebut.

Baca Juga
Asus ZenWatch 2, Bukan Arloji Biasa

 

Baterai

Untuk membandingkan baterai kedua smartphone ini, salah satu cara yang umum digunakan adalah memutar film secara terus menerus pada kedua smartphone secara bersamaan dan bisa dilihat smartphone mana yang baterainya habis terlebih dahulu.

Saya mohon maaf karena tidak memiliki sumber daya yang memadai untuk melakukan tes dengan cara seperti itu sehingga perbandingan baterai tidak dapat saya lakukan.

Namun dari penggunaan terhadap kedua smartphone tersebut (dengan cara yang kurang lebih sama, hanya digunakan untuk sosmed dan chatting saja), terlihat bahwa baterai Zenfone Max Pro M1 lebih irit daripada Redmi Note 5.

Wajar, sebab kapasitas baterai Zenfone Max Pro M1 lebih besar, yaitu 5000 mAh, berbanding baterai Redmi Note 5 yang hanya 4000 mAh.

Yang jelas, keduanya sama-sama super karena untuk pemakaian media sosial dan chatting saja, kedua smartphone sanggup bertahan 3 hari.

 

Game

Sesuai dengan tagline yang disematkan oleh ASUS pada Zenfone Max Pro M1, yaitu Limitless Gaming, smartphone ini memang cocok untuk bermain game.

Baterainya berkapasitas besar sehingga kamu bakal puas bermain tanpa harus terlalu sering mengisi ulang baterai.

Namun lebih daripada itu, Zenfone Max Pro M1 memiliki kemampuan “adaptasi” yang lebih baik terhadap game.

Ketika saya coba untuk menginstall PUBG Mobile, setting grafis dan frame rate bisa diatur lebih tinggi daripada nilai defaultnya.

Setting PUBG Zenfone Max Pro M1

 

Setelah setting dinaikkan, tidak nampak adanya penurunan performa dan kenaikan suhu berlebihan. Selesai saya gunakan mencoba PUBG Mobile beberapa saat, suhu baterai sesuai catatan aplikasi CPU-Z adalah 40 °C.

Sedangkan game PUBG Mobile di Redmi Note 5 hanya bisa diatur sesuai nilai defaultnya. Ketika diset ke nilai lebih tinggi, ada penolakan dari game PUBG dan mengatakan bahwa fitur tersebut akan segera tersedia.

Setting PUBG Redmi Note 5

 

Error Setting PUBG Redmi Note 5

Selesai saya gunakan mencoba PUBG Mobile beberapa saat, suhu baterai sesuai catatan aplikasi CPU-Z adalah 39 °C. Memang lebih dingin 1 derajat tapi perlu diingat bahwa pengaturan grafis dan frame rate juga lebih rendah, tambah lagi RAM-nya lebih besar.

Baca Juga
ASUS ROG GX800, Jago Silat Dari Perguruan ASUS

 

Polarisasi Layar

Kedua smartphone memiliki layar yang terpolarisasi. Tujuannya adalah supaya layar smartphone tersebut lebih mudah dilihat di bawah terik matahari.

Nah, permasalahan yang mungkin timbul dengan layar terpolarisasi adalah ketika kamu menggunakan kacamata hitam yang juga terpolarisasi.

Apakah masalahnya?

Saat menggunakan kacamata hitam dan melihat smartphone pada orientasi tegak (portrait), maka apa yang ditampilkan di layar smartphone akan menjadi tidak terlihat sama sekali.

Solusinya mudah saja sebenarnya, putar smartphone tersebut 90° hingga ke posisi tidur (landscape) dan isi layar akan terlihat kembali.

Kejadian seperti ini hanya muncul pada layar yang menggunakan teknologi IPS LCD. Sedangkan layar AMOLED tidak mengalaminya.

Catatan: video tentang hal ini menyusul

 

Sensor Sidik Jari dan Wajah

Sensor sidik jari Zenfone Max Pro M1 sedikit lebih lemot dibandingkan dengan Redmi Note 5. Butuh jari yang ditempelkan dan ditekan sedikit keras supaya sensor tersebut dapat mengenalinya.

Namun sebagai kompensasi, Zenfone Max Pro M1 memiliki fitur double tap to sleep, melengkapi double tap to wake. Sementara Redmi Note 5 hanya memiliki double tap to wake saja.

Pengenalan wajah Redmi Note 5 juga lebih baik dibandingkan dengan Zenfone Max Pro M1 karena bisa melakukan tugasnya dengan baik di kondisi kurang cahaya.

Soal pengenalan wajah, saya sih cenderung tidak terlalu suka karena smartphone bisa diunlock dengan foto saya.

 

Kesimpulan

Nah, dari berbagai pembahasan di atas, mana yang sebaiknya dipilih, Zenfone Max Pro M1 atau Redmi Note 5?

Zenfone Max Pro M1 memiliki harga lebih murah pada spesifikasi yang sama dan lebih dioptimasi untuk bermain game. Hasil potretnya juga tidak buruk.

Jadi untuk keperluan yang lebih umum, Zenfone Max Pro M1 lebih cocok untuk dipilih.

Redmi Note 5, di sisi lain, cocok bagi mereka yang memang menyukai MIUI dan murni membutuhkan kamera saja.

Follow me on social media:

6 Comments

tandi herdiansyah · 14/05/2018 at 11:14 pm

Kalau saya penyuka xiaomi, karena kualitas nya benar benar bagus dengan harga yang masih terjangkau. sekarang saya pakai xiaomi 4x

deddyhuang.com · 15/05/2018 at 7:34 am

Huwaaaaa kaos kaskusnya dipake terus.

Xiaomi menarik juga ya.. jadi pengen nih review. soalnya di blogku belum pernah review xiaomi.

Maseko · 15/05/2018 at 11:05 am

Kenapa ya Om? Max Pro M1 warnanya lebih redup?? secara foto, jujur, saya suka hasil fotonya xiaomi.. lebih cerah, lebih detil..

Alma Wahdie · 03/06/2018 at 7:07 pm

Duh, mupeng sama hasil fotonya xiaomi. Nampak bokehnya bagusan xiaomi ya, Om? Warnanya juga lebih bagus menurut saya. Ga redup gitu. Hehe…

Tapi zenfone bikin mupeng ama kapasitas batreny . Secara di kampung suka mati listrik haha…

    Oom Yahya · 03/06/2018 at 7:23 pm

    Don’t worry, Zenfone Max Pro M1 setelah dapat update, lumayan juga kok kameranya

Mursid B · 13/06/2018 at 3:21 pm

Xiaomi cukup bagus kalau suruh pilih saya pilih xiomi yg redmi 4x

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.