Zenfone Laser, Pake Laser Beneran

Dulu saya sempat ogah menggunakan ponsel berkamera. Ponsel ya ponsel, kalo butuh kamera, pake kamera digital. Tapi barangkali hal itu disebabkan karena waktu itu kamera yang disematkan pada ponsel memiliki spesifikasi dan feature yang gitu deh. Asal bisa memotret.

Namun kini kamera ponsel sudah begitu canggihnya dan bisa dibilang merupakan feature default yang ada pada sebuah ponsel. Kalo saya ngotot gak mau pake ponsel berkamera, bisa-bisa gak bakal punya ponsel. Jadi kini saya sudah legowo menggunakan ponsel berkamera. Apalagi semenjak saya menggunakan keluarga Asus Zenfone dan sejak kamera digital saya hilang digondol maling.

Feature kamera yang disematkan pada keluarga Zenfone ini semakin lama semakin canggih dan kini Asus meluncurkan lagi satu varian Zenfone dengan feature kamera sangat mumpuni, namanya Zenfone 2 Laser.

Jadi Oom Yahya punya hape baru lagi nih? Oh tidak, tidak (setidaknya sampai artikel ini ditulis, hehe). Saya diundang di acara Zenfestival dan di sana ada demo Zenfone 2 Laser.

Asus Zenfestival

 

Kebetulan juga ada teman yang sudah punya dan dia saya interogasi tentang pengalamannya menggunakan Zenfone 2 Laser ini.

Jadi berdasarkan itu, sekarang saya akan coba kupas soal Zenfone 2 Laser ini.

 

Zenfone 2 Laser

Body

Dari sisi penampakan, Asus Zenfone 2 Laser ini nyaris sama dengan Zenfone 2 dan bila tak teliti, mudah sekali tertukar. Yang paling nampak nyata bedanya adalah bagian belakang. Pada Zenfone 2 Laser, pada sisi kiri dan kanan lensa kamera ada dua “mata”, yang sebelah kiri adalah lampu flash atau blitz dan yang sebelah kanan adalah pemancar sinar laser.

Zenfone 2 Laser

Tombol power diletakkan di bagian atas dan tombol volume diletakkan di belakang, tepat di bawah lensa kamera. Dengan demikian sisi kiri dan kanan “kosong”, tak ada tombol, sehingga lebih nyaman digenggam.

Selain tombol power, di bagian atas tersedia colokan untuk handphone dan sebaliknya di bagian bawah ada lubang micro USB yg berfungsi untuk menancapkan charger atau USB Flash.

Bagian belakang Zenfone 2 laser berbentuk lengkung, menambah rasa ergonomis ketika digenggam. Cuma kalo Anda lebih suka meletakkan ponsel di atas meja ketika mengoperasikannya, jadi agak kikuk karena sering goyang ke kiri ke kanan. Jadi memang Zenfone 2 Laser ini lebih baik “ditimang” daripada diletakkan, hehe.

Seperti halnya kebanyakan ponsel yang lain, bagian belakang body kudu dibuka untuk memasukkan kartu SIM dan kartu micro SD.

Layarnya yang berukuran 5 inchi telah diproteksi dengan Gorilla Glass 4, aman tanpa anti gores, yang pada beberapa kasus justru mengganggu sensor geraknya. Pada acara Zenfestival tersebut didemokan tentang keampuhan Gorilla Glass 4 ini, dengan cara digunakan sebagai alas untuk memotong buah dan sayur. Hiii, itu pisau tajam banget loh.

Zenfone 2 Laser Gorilla Glass 4

 

OS

Zenfone 2 Laser tentu saja bersifat kekinian dengan menggunakan Android Lollipop. Pada gilirannya nanti, bakal dapat update ke Marshmallow.

Tampilan visualnya menggunakan ZenUI yang sudah pasti telah dioptimasi untuk Zenfone.

Zenfone 2 Laser menyediakan kemampuan doubletap to wake up alias ketuk ganda untuk mengaktifkan ponsel, di samping beberapa gestur lain untuk mengaktifkan aplikasi tertentu. Ini tentunya akan membuat tombol power lebih awet karena penggunaannya diminimalisir.

 

Kamera

Nah, sekarang ke sektor kamera. Nama laser yang disematkan ke Zenfone ini bukan sekadar untuk gaya-gayaan. Faktanya, kamera Zenfone 2 Laser memang dilengkapi dengan kemampuan untuk “menembakkan” laser guna mengaktifkan auto fokus. Dengan fitur ini, fokus akan lebih cepat dikunci, butuh 0.03 detik saja, dan hasil potret akan lebih bagus. Hal ini dibuktikan dengan cara membidik objek yang bergerak cepat, ternyata bidikan kameranya selalu fokus.

Feature laser yang menjadi “signature” varian Zenfone ini semakin memperkokoh kualitas kameranya yang memiliki resolusi 13 mega pixel. Sedangkan kamera depannya tetap tak mengecewakan dengan resolusi 5 mega pixel. Cukuplah untuk membuat foto selfie yang bagus.

Kemampuan canggih kamera Zenfone 2 Laser ini diimbangi dengan layar yang tajam dan terang serta memiliki resolusi 720×1280. Sensitivitas layarnya memiliki waktu respon 60 ms, salah satu yg tercepat di kelasnya.

 

Performa

Dapur pacu Zenfone 2 Laser diperkuat oleh prosesor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Quad-core 1.2 GHz dan RAM 2GB. Spesifikasi ini memang tidak terlalu “buas” namun tentu sudah cukup mumpuni. Ingat, yang ditonjolkan oleh ponsel ini adalah kameranya.

Untuk urusan koneksi, Zenfone 2 Laser mampu menangkap jaringan 4G LTE, yang menjamin koneksi internet kencang.

Dengan kemampuan dan spesifikasi seperti itu, baterai Zenfone 2 Laser yang memiliki daya sebesar 2400 mAh mampu menghidupinya hingga 14 jam (untuk penggunaan normal tentunya). Lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang baterainya sekitar 3 jam.

 

Harga

Nah, ini yang menarik. Dengan spesifikasi dan feature yang begitu mumpuni, harga Zenfone 2 Laser ada di kisaran 2 juta Rupiah saja loh. Dan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna yang bervariasi serta memberikan pilihan rentang harga, Zenfone Laser ternyata tidak hanya tersedia dalam model yang berukuran layar 5 inchi saja, melainkan tersedia juga ukuran 5.5 dan 6.0 inchi. Bagi yang sensitif soal harga, tersedia pula varian yang hanya mampu mengakses jaringan 3G.

Inilah daftar harga selengkapnyaHarga Zenfone Laser

Khusus untuk Zenfone Laser 6.0, layarnya telah menggunakan resolusi Full HD (1920×1080).

 

Semoga review singkat ini cukup memberi gambaran mengenai Zenfone 2 Laser, khususnya bagi yang penasaran dan ingin meminangnya.

 

Follow me on social media:

Similar Posts

36 Comments

    1. Angka2 itu memang klaim dari Asus dan terus terang saya belum mencoba karena perlu waktu panjang untuk mencobanya.
      Namun setidaknya dari demo2 yang diadakan di venue, bisa diambil kesimpulan bahwa klaim2 tsb (mendekati) benar

  1. oalah.. lasernya itu untuk membantu autofokus toh.. dalam bayanganku ini HP bisa dijadiin kayak light saber gitu.. ??

    anyway, untuk spek sepertinya banyak yang bermain di area menengah seperti ini ya.. tinggal penasaran sama hasil kameranya yang pake laser itu, sih.. ??

  2. sebahai pengguna ASUS, saya puas dengan harga dan specnya. Memang sih, Zenfone 5 yang masih saya pakai ini kurang memuaskan di kamera.

    Zenfone 2 Laser menggiurkan. *cari sponsor* :’)))

  3. kmaren liat2 di toko hape, bingung beda versi laser ini, ternyata disini diulas lengkap, njenengan ki emang pancen oye, om

    dan yg 3G sama 4G toh harganya beda tipis euy…

    1. Hasil foto sama bagusnya dengan zenfone yang lain, laser itu lebih berfungsi mendapatkan autofokus dengan cepat. Jadi kalo lomba cepet2an ya pasti menang Zenfone laser, lomba bagus2an ya semua menang, wong sama bagusnya

  4. Bagus tuh yang zenfone laser 6, jadi pengen beli, tapi sayang lum ada budget, 😀 Salam kenal..

    1. Mohon maaf karena kesibukan, saya baru sempat reply.
      Kalau flash hanya hidup 1, kemungkinan rusak. Sebaiknya dibawa ke service center saja.

      1. Kalau flashnya dual tone kayak punya saya kadang2 juga hidup 1 lampu, itu dikarenakan lasernya lagi berfungi dan terang/gelapnya tempat/objek yang difoto, jadi lampu flashnya nyala 1, nyala 2 itu sudah biasa ngak usah khawatir om.

  5. Om ..klo lasr ny hidup outomatis dlm ke adaan gi manah y, ? Trs pah dya kan kluar berbntuk cahaya?

    1. Laser itu aktif saat hendak memotret, untuk membantu autofocus. Lasernya tak kasat mata

  6. Om mau nanya nih, gatau kenapa nih laser di asus saya ga berfungsi dari kira2 dari bulqn agustus lalu, jadi camera saya gak focus samasekali buat foto, jadi hasilnya jelek deh.. Tolong dibantu yah ini kenapa soalnya awalnya bagus banget cameranya;((

    1. Coba update firmwarenya.
      Cuma kalau dugaan saya sih masalah perangkat keras. Syukur2 update firmware sembuh tapi kalau gak sembuh ya terpaksa dibawa ke service center

    1. Menghidupkan lasernya?
      Tidak bisa, itu hanya untuk fokus kamera.
      Lagipula lasernya nyaris tak kasat mata kok

  7. Akhir2 ini saya kecewa pakai zenfone laser. Soalnya sentuh layar 2x untuk on layar tidak berfungsi. Padahal di pengaturan semua saya on-kan. Mengaktifkan layar harus pencet layar power. Dan saat layar tidur/ hitam, tampilan jam yg saya sukai tidak nongol. Sdh saya reset factory, ttp tidak bisa. Repot jdnya pakai ini si zenfone… setelah saya baca2 di google, ternyata bnyk mengalami hal yg sama…
    Ada yg tau solusinya gak ya…? Kalo ada kasih info ya teman2…!

  8. Mungkin Itu sensor jaraknya om ketutupan anti gores tambahan sendiri, kayak punya saya om dulu juga seperti itu langung saya cari info pas saya sudah tau penyakitnya langsung deh saya copot anti gores tambahan saya sendiri bukan anti gores bawaan pabrik lo ya/Gorilla Glass 4

    1. Lasernya itu otomatis aktif saat hendak memotret, fungsinya mencari fokus. Jadi tidak perlu diapa-apakan lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published.