Sebagai media simpan, peran hard disk pada komputer sangatlah vital. Bahkan bisa dibilang, hard disk merupakan komponen paling berharga pada sebuah komputer. Kalau prosesor rusak, Anda bisa membeli prosesor baru dan komputer bisa digunakan lagi. Demikian pula halnya dengan RAM, kartu grafis, bahkan motherboard sekalipun.

Nah, kalau hard disk rusak? Memang bisa beli baru lagi tapi bagaimana dengan data yang ada di dalamnya? Data inilah yang sebenarnya memiliki nilai tinggi.

Meski demikian, bukan berarti hard disk lalu tidak boleh “disentuh” sama sekali. Misalnya saja pada suatu kesempatan ada kebutuhan untuk memperbesar ukuran partisi atau sebaliknya, memecah sebuah partisi menjadi beberapa partisi baru, tetapi begitu ketakutan kehilangan data sehingga akhirnya justru tidak ada langkah apa-apa yang dilakukan. Padahal barangkali kebutuhan tersebut cukup mendesak.

Kalau ada partisi yang tinggal sedikit ruang kosongnya, apalagi jika yang penuh itu drive C – partisi yang sangat penting bagi sistem – padahal ada partisi lain yang nyaris kosong, mengapa tidak memindahkan ruang kosong tersebut ke drive C? Takut rusak?

Ya sebenarnya tidaklah perlu segitu paranoidnya. Sekarang sudah cukup banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengelola partisi hard disk tanpa harus membahayakan data yang ada di dalamnya.

Baca Juga
Bikin Lumia Jadi Remote Control PowerPoint

Salah satu yang baru saja saya coba adalah EaseUS Partition Master.

Sekedar info, EaseUS memang sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam menghadirkan aplikasi-aplikasi yang berkenaan dengan pengelolaan hard disk. Salah satu produk lain yang beberapa kali saya gunakan juga adalah EaseUS Data Recovery, aplikasi yang digunakan untuk mengambil kembali data yang terhapus dengan tingkat kesuksesan cukup tinggi.

Nah, balik lagi ke EaseUS Partition Master. Aplikasi ini bisa diunduh melalui situs resmi EaseUS atau melalui situs alternatif yang menggunakan nama domain mengandung kata partition tool. Sebuah langkah yang cerdas agar mudah ditemukan via search engine.

EaseUS Partition Master

Ada beberapa versi EaseUS Partition Master yang tersedia. Untuk pengguna rumahan atau kantor kecil, bisa mengunduh EaseUS Partition Master Free. Untuk pengguna yang membutuhkan fitur lebih, bisa memilih Partition Master Professional, Partition Master Server, atau Partition Master Pro + Todo Backup Workstation. Perbedaan fitur masing-masing edisi Partition Master tersebut bisa dilihat di sini.

Baca Juga
Review Seagate Firecuda 2TB

Pada halaman tersebut terlihat bahwa untuk Partition Master Free, hanya ada 1 fitur saja yang didukung, yaitu Merge Partition. Namun pada kenyataannya, ada jauh lebih banyak pekerjaan yang bisa dilakukan oleh Partition Master Free daripada sekedar melakukan Merge Partition.

Baiklah, mari kita kupas satu persatu apa saja yang bisa dilakukan oleh Partition Master Free.

 

Resize

Resize adalah pengubahan ukuran partisi menjadi lebih kecil dan sisanya bisa dijadikan partisi baru. Perubahan ukuran bisa dilakukan dengan mengurangi ukuran di bagian depan partisi atau di bagian belakang partisi. Pengubahan bisa dilakukan baik dengan memasukkan angka atau dengan menggeser slider yang tersedia.

EaseUS Partition Master

 

Copy Partition

Menyalin suatu partisi ke partisi lain. Cocok digunakan untuk melakukan backup terhadap sebuah partisi.

 

Merge Partition

Menggabungkan dua partisi menjadi satu.

 

Convert to Primary/Logical

Melakukan konversi partisi dari primary ke logical atau sebaliknya.

 

Change Label

Mengganti label (nama) partisi.

 

Change Drive Letter

Mengubah huruf partisi.

 

Defragment

Melakukan defragment terhadap partisi.

 

Set Active

Mengubah partisi menjadi partisi aktif.

Baca Juga
Jaconda, Bot Cerdas Telegram

 

Check Partition

Melakukan pemeriksaan terhadap partisi, apakah error atau tidak.

 

Hide Partition

Menyembunyikan suatu partisi.

 

Delete Partition

Menghapus suatu partisi.

 

Format Partition

Melakukan format terhadap suatu partisi. File system yang didukung oleh Partition Master adalah NTFS, FAT32, ext2, dan ext3.

 

Wipe Partition

Menghapus data yang ada pada suatu partisi sedemikian rupa sehingga sulit dipulihkan. Fitur ini akan bermanfaat misalnya bila hard disk hendak dijual.

 

Explore Partition

Melihat isi sebuah partisi.

 

View Properties

Melihat properti suatu partisi

EaseUS Partition Master

 

Operasi yang akan dilakukan terhadap suatu partisi tidak langsung dilakukan seketika itu juga. Operasi-operasi tersebut didata terlebih dahulu dan ditayangkan di bagian pending operation. Jika sudah yakin benar akan melakukan operasi-operasi tersebut, klik tombol Apply.

Bila ternyata ada hal-hal yang dianggap masih meragukan, tidak yakin hendak menjalankan operasi tertentu, sebaiknya segera klik tombol Undo untuk membatalkannya.

Nah, dengan menggunakan EaseUS Partition Master ini, tak perlu ragu lagi melakukan operasi terhadap partisi hard disk apabila memang diperlukan.

Follow me on social media:

3 Comments

warm · 12/11/2015 at 10:08 am

karena saya transmigrasi ke Debian linux, saya pake gparted dalam urusan partisi ini, rasanya tersedia jg untuk platform windows :D

    Oom Yahya · 12/11/2015 at 12:25 pm

    Terima kasih untuk sharingnya, Om

Alris · 12/11/2015 at 3:41 pm

Bagus nih gan. Kadang kita parno mengotak-atik hard disk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.