Pertolongan Pertama Pada Masalah Zenfone (dan Android)

Beberapa kali saya menulis tentang Zenfone (baik Zenfone 5 dan Zenfone 2) di blog ini, ternyata mendapatkan tanggapan yang positif namun juga cukup banyak yang melaporkan masalah yang mereka alami dengan Zenfone mereka. Malahan ada yang bertanya masalah Zenfone dari spesies yang lain seperti Zenfone 4, 4S, dan 4C, juga Zenfone 6.

Bukan berarti Zenfone itu produk yang bermasalah karena sebagian besar keluhan yang masuk ke sini nyatanya tidak saya alami. Saya juga mohon maaf bila tidak semua permasalahan yang terjadi bisa saya jawab/tanggapi karena sebenarnya saya ini juga pengguna biasa.

Hanya saja, setidaknya ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertolongan pertama untuk masalah-masalah yang relatif ringan, misalnya kamera tidak fokus, sinyal naik turun, persentase baterai masih 20% kok sudah mati, dan lain-lain, pokoknya sepanjang Zenfone masih bisa dioperasikan. Dan beberapa tips berikut barangkali bisa juga diterapkan untuk ponsel Android yang lain, bukan hanya Zenfone saja.

Nah, inilah beberapa hal yang bisa dicoba kala Zenfone (ponsel Android) bermasalah:

  1. Restart ponsel. Caranya adalah dengan menekan dan menahan tombol power sampai terasa getar. Masalah yang sangat ringan biasanya sudah dapat teratasi dengan merestart ponsel.
  2. Untuk yang bermasalah dengan sinyal, bisa dicoba melepas kartu SIM dan membersihkannya. Yang biasa saya lakukan adalah menggosok bagian kuning emas kartu SIM menggunakan penghapus pensil. Ya betul, penghapus pensil atau setip itu. Bila baterai bisa dilepas, bisa dicoba juga membersihkan konektornya. Kalau ini biasanya saya pakai tisue atau lap kering bersih.
  3. Update firmware. Seringkali masalah yang muncul sudah terdeteksi oleh pihak Asus dan mereka menyediakan perbaikannya melalui firmware terbaru. Jadi bila ada notifikasi update firmware, segeralah update. Selengkapnya baca di sini.
  4. Bila sudah memiliki firmware terbaru dan masih bermasalah, cobalah untuk melakukan recovery. Matikan dulu ponsel, kemudian tekan dan tahan tombol power + volume up bersamaan sampai terasa getar, lalu akan muncul menu dan pilihlah recovery. Menu dipilih dengan tombol volume dan untuk enter, gunakan tombol power.
  5. Bila masih juga bermasalah, tidak ada salahnya melakukan reset factory seperti telah saya tulis di sini. Pastikan data-data seperti foto, dokumen, percakapan BBM/WA, dan lain-lain sudah dibackup.

Bila cara-cara di atas sudah dicoba dan masih bermasalah juga, sebaiknya dibawa ke service center. Lokasi service center terdekat tempat tinggal Anda bisa dilihat di sini.

Apakah cara-cara di atas menggugurkan garansi? Sepanjang pengetahuan saya tidak. Yang membuat garansi gugur itu misalnya adalah jatuh, pake charger non ori atau beda merk, di-root, kerusakan yang diakibatkan oleh aksesoris non ori, dan lain-lain.

Soal baterai boros gimana? Ada tips yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Yang perlu dipahami, Zenfone itu menggunakan prosesor Intel Atom yang meski sudah dioptimasi untuk mobile, aslinya adalah prosesor untuk gadget yang lebih besar daripada ponsel (tablet atau netbook). Jadi relatif memang lebih rakus daya namun sebagai gantinya, Anda mendapatkan performa yang lebih baik. Sebenarnya asal tidak on terus menerus, untuk tembus 12 jam bahkan lebih gak sulit loh (untuk Zenfone 5 atau Zenfone 2 ya).

Semoga bermanfaat.

Follow me on social media:

Similar Posts

525 Comments

  1. Tipsnya sangat bermanfaat. Sekaligus menguatkan saya untuk beli zenfone. Saya pernah pakai s*m*ung, sekarang pindah ke lain merek.

    1. Kenapa Asus pas udah lama dipakai
      Kesingnya kayak longgar padahal pas beli Masi bagus tolong dong pencerahannya please please ya
      Terus kalo belakang. Nya di ketuk kaya kosong

  2. om please bantu saya um , lampu led di asus zenfone 5 saya gak hidup waktu di cas om , gmna cara ngidupinnya itu om ? please pncrahanny om, soalny di atas gak ad solusi buat itu

    1. Ya khan sudah tertulis di situ, bila hape masih bisa nyala masih bisa dipakai, cobalah langkah2 pertolongan pertama itu.
      Jadi ya silakan dicoba dulu

          1. Sya memakai asus zenfonemax z010d,…yg sya tahu ram 2 G,tpi kenapa sya cek di aplikasi berjalan, ram nya hanya 8 mb( ga sampai 1 G ),apakah krna sya tidak memakai sd card?mohon penjelasannya?

          2. mf om mau tanya masalah dan solusinya hp asus zenfone 6 t00g tampilan layar hanya jam,cuaca dan lampu sensor,,,,udah di flash dan ganti boot bawah serta flaxible simc tetep aja masih tampil flip cover,tolong dong om bantuannya?….trimakasih

        1. Om kenapa hp zenfone c jika dicas hp nya tidak bisa mengisi saat dimainkan. Itu kenapa om ??

          1. Om hp saya kok chargernya harus digeser2 gitu ya biar ngisi ? harus ditekan2 gitu. Solusinya apa ya om

      1. om saya mau tanya hp sya zenfone 6 batre kembung dan layar merekah . pas di chargr aku mau nyalahin kok layar nya gelap yah tapi bbm masuk smua pkk nya Msuk lah tapi layr nya gelap knpa yah . sAya sngt gelisah takut data2 saya hilang gak klo gitu

        1. Mohon maaf karena kesibukan, saya baru sempat menanggapi sekarang.
          Kalau baterai kembung, sebaiknya segera dibawa ke service center untuk diganti, takutnya akan merembet ke komponen lain. Jika BBM dll masih bisa masuk, berarti yg rusak hanya layarnya saja, kemungkinan besar data masih aman

        2. Saya ada kendala dgn handphone asus zenfone selfie, permasalahan datang ketika habis charge dan hp dihidupkan cuma getar terus dan muncul logo asus dan Android. Dicoba matikan berulang ketika dinyalakan tetap getar² dan yang muncul logo saja. Coba tekan tombol power&vol + tetap hanya getar dan kembali ke logo tadi. Kira2 ada solusi utk masalah ini. Saya belum coba ke service centre krn ingin mencoba dulu barangkali agan bisa kasih pencerahan ke saya. Terima kasih

    2. Hp asus lama disimpan dalam keadaan arusnya habis alasan disimpan karena salah pada waktu reset ulang.
      Sekarang saya mau cas namun hpnya tidak merespon lagi.
      Kira-kira bagaimana caranya kak?

  3. om tolong bantuannya,kmren sya beli zen5 ternyata firmerenya CUCC bukan WW,jadi sy ganti firmwerenya dan untungnya berhasil jd yg versi ASUS -TOOF-WW-user-1.14.40.50,jd udah WW om,nah tp udah update itu kamera zen5 sy jdi gelap blit nya jd gk terang om,tolong pencerahannya om,trus gmna om klu sya mau updte kitkat,terus lolypop

    1. Soal blitsnya itu bisa jadi karena pergantian firmware. Dugaan saya, spesifikasi lampu blitsnya tidak sesuai dengan firmware yang digunakan. Ya memang itu resiko mengganti firmware.
      Untuk update, mau tidak mau selalu harus dilakukan secara manual. Atau cek lewat OTA, syukur2 kalo bisa khan lumayan

  4. om hape zenfone 5 saya gabisa di charge udah saya cek chargernya gaada masalah saya hidupin juga gabisa soalnya hapenya emang kondisi gaada baterai sama sekali. Mohon pencerahannya om

  5. Om, radio di zenfone 2 ku kok mati2 sendiri ya, itu kenapa apakah ada masalah? Tapi dibagian mananya ya. Thx