Baterai Zenfone Boros? Ah, Enggak Kok

Pada beberapa kesempatan, saya sering mendapatkan pertanyaan apakah baterai Zenfone boros. Jujur saja, kalau Zenfone 4 saya tidak tahu karena belum pernah pakai. Memang banyak yang bilang kalau sekali charge, baterai Zenfone 4 hanya bisa bertahan 4-6 jam saja, bahkan ada yang kurang daripada itu.

Namun untuk Zenfone 5, bisa saya pastikan baterainya relatif tidak boros. Sekali charge, Zenfone 5 saya bisa bertahan 12-18 jam. Ya tentu jangan dibandingkan dengan hape yang cuma bisa telpon dan SMS, yang sekali charge bisa dipakai 4 hari bahkan seminggu.

Caranya gimana biar bisa irit gitu?

Ini yang biasa saya lakukan supaya baterai Zenfone 5 irit dan trik ini bisa kok dilakukan pada hape merk apapun dan sistem operasi apapun.

  • Nonaktifkan WiFi saat mobile atau saat tidak ada penyedia WiFi. Bila kita sedang dalam posisi bepergian atau di sekitar tempat kita tidak ada penyedia WiFi, segera matikan WiFi. Bila tidak, feature WiFi ini akan terus-menerus mencari sinyal dan tentu saja baterai akan lebih boros.
  • Aktifkan Bluetooth hanya saat hendak digunakan. Saat hendak transfer data atau hendak dikoneksikan dengan device lain, barulah Bluetooth dinyalakan. Selain lebih hemat baterai, lebih aman juga karena koneksi Bluetooth bisa loh dimanfaatkan untuk menyusup ke hape.
  • Jangan terlalu sering main game. Aplikasi game memang banyak namun tentunya fungsi hape sebenarnya itu bukan untuk nge-game, bukan? Kalau memang doyan nge-game, mestinya cari device lain, game watch misalnya. (Dasar angkatan kuno). Saya sendiri pakai Zenfone ini lebih untuk browsing, sosial media, chatting, dan sesekali telpon.
  • Atur brightness pada layar agak tidak terlalu terang. Saya sendiri memilih menggunakan setelan auto.
  • Apa lagi ya? Sepertinya ya cuma itu saja yang saya lakukan supaya baterai irit.

Oh ya, satu hal lagi, saat ngecharge, bila sudah penuh, segeralah charger dicabut. Baterai yang overcharge relatif lebih mudah menurun kualitasnya atau bahkan rusak. Bila belum penuh sudah dicabut malah gak masalah.

Nah, semoga dengan mengikuti trik ini, baterai Zenfone Anda (atau hape apapun juga) bisa lebih awet dan irit.

Follow me on social media:

Similar Posts

1,222 Comments

  1. Hohoho..tipsnya simpel tapi nampaknya efektivitasnya besar πŸ™‚

    Suami saya punya Zenfone 5, Om. Nanti saya kasih tau dia deh tentang tips ini. Kami sering lupa matiin wifi kalau keluar rumah. Soalnya sudah terbiasa nyalain wifi selama di rumah. Akibatnya di luar rumah pun batre jadi cepet abis, hihihi…

      1. Maafcuma mau tanya : Di ZF 5 saya kok kalo smsan sering eror yah ? Misalnya gini ” ada balesan sms tapi letaknya malah diatas sms yg saya kirim. Kn harusnya dibawah yg saya kirim. Punya anda begitu juga gk ?? . Terus port charger nya pas dicabut keras gk ? Makasih πŸ™‚

        1. np ya asus Z6 boros x klo main game bs tahan 4jam aj,klo online sekitar 6 – 7 jam aj,apa solusi thx

          1. OM MAU TANYA..AKU PAKE Z5..BARU BELI D CAS 3 JAM..SETELAH ITU LANGSUNG D PAKE DOWNLOAD APP KOK CEPET PANAS..APAKAH ITU NORMAL ?

          2. gini om ceritanya..aku beli hp tuh nyampe rumah aku cas 3 jam langsung full..aku pake 30 menit buat download app panasnya nyampe kurang lebih 40 derajat..udah gitu aku matiin besok pagi hp mati total aku cas 3 jam udah penuh lagi aku nyalain aku bawa ke kantor dengan intensitas d kantor ga mungkin aku terus megang hp buat chating browsing atau main game hanya sesekali d saat ada waktu luang aku bisa bls bm tmn2 aku..dan ga kurang dari 5 jam itu hp mati lagi..aku cas lagi..aku cas 3.5 jam tapi ga ful ful malah cmn 45%..itu baiknya gmna yah om ? aku khawatir bgt deh..tadinya aku mau beli z6 tau gitu mndngan beli z6 aja deh πŸ™

          3. Pertama kali charge umumnya memang relatif cepat habis. Coba setelah itu firmwarenya diupdate dan bila perlu factory reset.

        2. ayub…ane baru beli hpnya nie dan masalahnya jg sama kaya ente…apa bgtu smua ya permasalahannya ?