Tip Mengubah Posisi Tombol Back Android – Kebanyakan smartphone Android yang diluncurkan mulai tahun 2018 memiliki tombol Android on-screen alias di dalam layar, bukan lagi tombol fisik.

Hal yang mendorong makin banyaknya produsen smartphone meletakkan tombol Android di dalam layar adalah rasio ukuran layar smartphone yang semakin jangkung dan bezel yang semakin tipis.

Hanya saja, urutan tombol Android sebuah brand tertentu akan tetap mengikuti urutan tombol ketika masih berupa tombol fisik.

Tombol home sudah bisa dipastikan akan tetap terletak di tengah, sedangkan posisi tombol back dan recent akan bervariasi.

Smartphone keluarga ASUS selalu memiliki tombol back di kiri, demikian pula dengan Huawei. Sedangkan Samsung dan Xiaomi adalah penganut tombol back di sebelah kanan.

Android pertama yang kamu gunakan tentu memberi andil besar dalam kebiasaanmu menggunakan tombol Android tersebut. Bila terbiasa menggunakan tombol back di sebelah kiri, tentu bakal kurang nyaman saat menggunakan Android yang tombol back-nya di kanan.

Bahkan terkadang posisi tombol bisa menyebabkan seseorang batal membeli smartphone Android tertentu, padahal dari sisi spesifikasi sudah sangat cocok dengan kebutuhannya.

Saya bahkan pernah menemui iklan hape dijual, padahal baru sebulan dipakai, alasannya adalah karena tombol back hape tersebut di kiri, padahal dia biasa pakai tombol back di kanan.

Sebenarnya, sekarang ini hampir semua smartphone Android yang tombolnya on-screen, urutan tombolnya bisa diatur. Yang suka tombol back di kiri, pindahkan saja ke kiri meskipun sepanjang sejarah smartphone tersebut, tombol back-nya selalu di kanan, sejak zaman masih tombol fisik.

Nah, berikut ini saya mau membagikan cara memindahkan posisi tombol back Android untuk beberapa jenis smartphone.

Zenfone 5

Zenfone memiliki tombol back default di sebelah kiri. Pengguna Zenfone 5 dan Zenfone lainnya yang menggunakan ZenUI bisa memindahkan tombol back Android ke kanan dengan cara ini:

  1. Buka Settings.
  2. Ketuk Display.
  3. Ketuk Navigation bar.
  4. Ketuk Button layout.
  5. Pilih urutan tombol yang diinginkan.
  6. Klik OK.

Sedangkan Zenfone yang menggunakan Android murni tidak dapat diubah posisi tombolnya, kecuali mungkin dengan aplikasi tambahan.

Hal ini sebenarnya membuktikan bahwa aslinya tombol back tersebut terletak di sebelah kiri, karena Android murni tidak mengalami kustomisasi terlalu ekstrim dari pemilik brand smartphone.

Nanti ada bukti lain lagi, simak terus artikel ini.

Mi 8 Lite

Pengguna Xiaomi dengan MIUI 10, termasuk di antaranya Mi 8 Lite, Redmi Note 5, Redmi Note 6, dan masih banyak lagi, dapat memindahkan tombol back dengan cara berikut:

  1. Buka Settings.
  2. Ketuk Full screen display.
  3. Pastikan opsi Buttons yang terpilih, bukan Full screen gestures.
  4. Non aktifkan opsi Mirror buttons.

Ini sekaligus merupakan bukti kedua bahwa aslinya tombol back itu terletak di sebelah kiri.

Kok bisa? Ya bisa, sebab ketika urutan tombol tidak dalam keadaan mirror (tidak dalam keadaan terbalik), tombol back berada di kiri.

Samsung Galaxy A7 2018

Pengguna Samsung Galaxy berbagai seri dapat mengubah susunan tombol back dari kanan menjadi kiri atau sebaliknya. Pada tulisan ini, pembahasan mengenai hal tersebut saya lakukan dengan Samsung Galaxy A7 2018.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Settings.
  2. Ketuk Display.
  3. Ketuk Navigation bar.
  4. Pada bagian Button Order, pilih urutan tombol yang diinginkan.

Huawei P20 Pro

Pengguna Huawei yang mempertahankan EMUI sebagai antarmukanya dapat mengubah susunan tombol Android dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka Settings.
  2. Ketuk System.
  3. Ketuk System navigation.
  4. Pilih opsi Three-key navigation, lalu ketuk Settings yang ada di bawahnya.
  5. Pilih urutan tombol yang diinginkan.

Pada pembahasan ini, saya menggunakan P20 Pro, tapi tentunya bukan hanya P20 Pro yang mampu diatur susunan tombol Android-nya, Huawei nova 3i juga bisa. Bahkan smartphone Honor yang juga menggunakan EMUI kemungkinan besar juga bisa.

***

Nah, sementara baru ini yang bisa saya bagikan. Nanti bila ada smartphone lain yang kebetulan saya review dan posisi tombolnya bisa dipindah, akan saya perbaharui daftar ini.

Selamat mencoba.

Follow me on social media:

17 Comments

Yuni · 14/02/2019 at 5:52 pm

Bisa jadi referensi nih mas… Kadang kalau saya pake hape suka nyari2 tombol screenshot… Biasanya browsing dl baru dipraktekkan. Dan setiap hape pasti beda tombolnya. TFS ya mas

Casmudi · 14/02/2019 at 7:56 pm

Wah, mantep nih infonya

Joe Candra · 15/02/2019 at 2:05 am

Dan aku pun baru tahu bahwa tombol back bs diganti2 om hehhe, iya aku jg kebiasaan back di kanan e

Bambang Irwanto · 15/02/2019 at 8:24 am

Keren ini nfonya, Mas. Soalnya sama kayak nyetir mobil ya. Orang Indonesia biasa di kiri, tiba-tiba pakai mobil posisi setir kanan pasti kagok.
Tapi seara kebetulan, hape saya samsung dan Xiaomi. Jadi dua-dua kanan hehehe.

firafirdaus · 15/02/2019 at 11:05 pm

Kalau saya dulu sempat bagian tombol fisik hape rusak sampai harus install aplikasi tambahan buat nambahin tombol on-screen.
Mungkin bukan hanya dari kebiasaan android pertama bang, tapi juga hape jadul dulu tombol back selalu dikanan, jadi terbiasa sampai sekarang. Sempat kebingungan juga pas pake Asus, tapi lama-lama bisa menyesuaikan

inez · 16/02/2019 at 3:37 am

baru tau nih cara ubah posisinya
makasi sharingnya kak

lendyagasshi · 17/02/2019 at 2:10 pm

Eh…bisa diganti-ganti sesuai kebiasaan ternyata yaa, om…
Keren banget..

Nengsih Hariyanti · 18/02/2019 at 8:26 am

Aku penganut tombol kanan bang. Xiomi. Hehee

aldhi Fajar · 18/02/2019 at 10:53 pm

Weh aku baru tau ada fitur ini, di xiaomi kok gda ya

    Oom Yahya · 18/02/2019 at 10:56 pm

    Ada tapi harus MIUI 10

Muhammad Rifqi Saifudin · 19/02/2019 at 9:49 am

Nah ini nih, suka bingung kalau pas minjem hp temen, kok kayaknya ada yang beda. Eh ternyata tombol backnya, kalau aku sendiri sih terbiasa yang kanan

Eko Prasetyo · 19/02/2019 at 4:31 pm

Saya baru tau nih om klw ada settingan begitu, tapi selama ini pake hp yang masih manual tanpa settingan seperti itu.

Rhoshandhayani KT ๐Ÿ’• · 21/02/2019 at 7:31 am

Oooh, aku baru tahu kalau tombol back bisa kita atur sendiri
Biasanya sih aku…. menyabarkan diri. hahaha

Khoirur Rohmah · 21/02/2019 at 8:45 am

Baru tahu nih kalau tombol back bisa dipindah hhee
Kujuga terbiasa dari awal pakai samsung 5 thun dg tombol back di kanan. jadi ke kiri tuh perlu kebiasaan dan akhirnya bisa move on juga, hhheee
TFs utk infonya, Oom Boy ^_^

Muthi Haura · 22/02/2019 at 11:15 am

Bisa diganti ternyata ya om. baru tau hehe. bolehlah dicoba. makasih sharingnya

Enychan · 23/02/2019 at 8:30 pm

Wah ternyata tombol back ada yg bisa dirubah letaknya ada yg gk ya.. bisa nih dicoba kali aja bosan back ya dikirim Mulu hhe

Enychan · 23/02/2019 at 8:30 pm

Wah ternyata tombol back ada yg bisa dirubah letaknya ada yg gk ya.. bisa nih dicoba kali aja bosan back ya dikiri Mulu hhe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.