Solusi File Explorer Crash Saat Diklik Kanan – Pada sistem operasi Windows, fungsi klik kanan pada mouse (atau touch pad untuk pengguna notebook) cukup vital. Ada beberapa fungsi tambahan melalui context menu yang ditampilkan dengan klik kanan ini.

Sayangnya, kadang-kadang klik kanan ini bermasalah. Contohnya adalah yang dialami oleh beberapa pengguna notebook ASUS Zenbook. Ketika sedang membuka File Explorer dan melakukan klik kanan di situ, File Explorer langsung crash dan menutup.

Tentu hal ini akan sangat mengganggu dalam penggunaan sehari-hari.

Dari hasil penelusuran saya, ternyata cukup banyak yang mengalami hal ini. Penyebabnya ternyata adalah aplikasi tertentu yang entah bagaimana tidak terinstall dengan benar, khususnya di bagian context menu tersebut.

Lalu bagaimana solusinya?

Mudah saja sih sebenarnya, non aktifkan feature context menu pada aplikasi yang dicurigai tidak beres tadi. Caranya yang butuh sedikit perjuangan, hehe.

Baca Juga
20 Alasan Memilih Zenfone 3

Untuk menonaktifkan feature context menu pada sebuah aplikasi, dibutuhkan peranti lunak bernama ShellExView Shell Extension Manager. Aplikasi tersebut bisa diunduh melalui situs ini. Langsung scroll ke bagian bawah halaman untuk menemukan link unduhnya.

Setelah aplikasi tersebut diunduh dan diinstall, jalankan ShellExView tersebut sebagai administrator. Saat pertama kali dijalankan, ShellExView akan menampilkan banyak sekali item.

Untuk menyaring agar item yang ditampilkan tidak sebanyak itu, klik menu Options > Hide All Microsoft Extensions.

Selain untuk mempersempit pencarian, penyembunyian item extensions milik Microsoft ini untuk meminimalisir ketidaksengajaan menyunting ekstensi milik Microsoft, yang bisa dipastikan tidak bermasalah.

Berikutnya, agar item yang memiliki tipe context menu ngumpul, klik papan bertuliskan type. Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar berikut ini.

Baca Juga
Mengapa Facebook Saya Posting Hal Porno?

Untuk memilih sebuah item, klik item tersebut hingga disorot warna biru. Saat sebuah item tersorot, klik menu File > Disable Selected Items untuk menonaktifkan item tersebut, atau bisa juga dengan menekan tombol F7.

Setelah item yang mengganggu tadi di-disable, klik menu Options > Restart Explorer atau shortcut Ctrl+E untuk merestart Windows Explorer. Setelah Explorer up kembali, silakan coba untuk membuka File Explorer dan melakukan klik kanan, apakah masih bermasalah atau tidak.

Bagaimana caranya tahu mana yang harus disable? Yach, ini memang butuh ketelatenan. Supaya cepat ketemu, saya sarankan gunakan cara eliminasi dengan menonaktifkan setengah dari jumlah total context menu yang ada.

Misalnya ada 7 item context menu, pilih 4. Untuk menyorot lebih daripada 1 item, tekan kombinasi Ctrl + klik terhadap item yang akan dipilih.

Baca Juga
Enam Notebook Keluaran Terbaru ASUS

Setelah keempat item tadi dinonaktifkan dan Explorer direstart, coba apakah klik kanan masih bermasalah atau tidak. Jika tidak, berarti salah satu dari keempat item tadi bermasalah, jika masih bermasalah, berarti salah satu item dari kelompok yang tidak dipilih yang bermasalah.

Lakukan eliminasi lagi untuk kelompok yang dicurigai bermasalah, demikian seterusnya sampai ketemu biang keroknya.

Untuk masalah yang dialami oleh pengguna Asus Zenbook, biang keroknya adalah item ConvertToPDF Class. Setelah item tersebut dinonaktifkan, context menu klik kanan bakal muncul lagi dengan mulus.

Untuk lebih jelasnya, bisa lihat video berikut ini:

Bila memang dianggap tidak dibutuhkan, aplikasi ConvertToPDF boleh diuninstall saja.

Follow me on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.