ROG Zephyrus Duo 15 – Perkembangan laptop sudah memasuki masa yang membosankan. Paling-paling pada berlomba menggunakan prosesor terkini dan tercanggih, serta komponen lain yang serba mumpuni, seperti kapasitas RAM besar dan storage menggunakan SSD terbaru.

Kalau jatuhnya jadi mahal ya sediakan varian lain dengan prosesor terbaru tapi varian terendah, RAM minimal, dan storage menggunakan HDD.

Inovasi lainnya adalah bikin laptop setipis dan seringan mungkin, sehingga nyaman dibawa ke mana-mana.

Tapi ya gitu deh, tidak ada gebrakan yang benar-benar baru.

Untung ada ASUS. ASUS bikin sesuatu yang benar-benar out of the box, keluar dari pakem, dengan membawa keluar area layar sehingga lebih lebar. Pintar!

Awalnya, ASUS menelurkan laptop ZenBook Pro UX580 dengan fitur bernama ScreenPad pada tahun 2018. ScreenPad adalah layar yang ditanamkan pada area touchpad, sehingga touchpad tersebut bisa memiliki tampilan.

Ada banyak fungsi yang bisa dijalankan pada ScreenPad tersebut dan saya pernah mendemokan penggunaannya di Semarang.

creenPad tersebut disempurnakan dan dimunculkan pada produk ZenBook yang anggun dan sporty, ZenBook UX534.

ASUS juga memiliki inovasi yang lain lagi pada salah satu laptop terbarunya, ZenBook Pro Duo UX581. Perluasan layar bukan cuma ditambahkan pada area touchpad, melainkan area yang umumnya berisi keyboard diganti dengan layar. Keyboardnya sendiri “terusir” lebih ke bawah, menempati area yang biasanya berisi touchpad.

Laptop Gaming Layar Ganda

Layar ganda ini kemudian dibawa juga ke produk laptop gaming dan lahirlah ROG Zephyrus Duo 15.

ROG Zephyrus Duo 15

Layar kedua ini tentu akan sangat bermanfaat bagi para gamer yang membutuhkan area tambahan saat bermain game.

Layar utama ROG Zephyrus Duo 15 memiliki bentang diagonal 15,6 inci dengan resolusi 3840 x 2160 atau 1920 x 1080, artinya memiliki rasio 16:9. Sedangkan layar tambahannya memiliki bentang diagonal 14,1 inci dengan resolusi 3840 x 1100.

Jika hanya melihat bentang diagonal, sepertinya kedua layar monitor ini hanya berselisih sedikit saja, tapi kudu diperhatikan bahwa layar kedua rasionya kurang lebih 3.5:1, jadi tinggi layar ini kira-kira hanya separuh dari layar utama. Layar keduanya ini touch screen lho gaes.

Uniknya, layar kedua ini memiliki mekanisme khusus yang membuatnya terangkat sejauh 13° ketika digunakan. Mekanisme tersebut oleh ASUS dinamai Active Aerodynamic System (AAS) Plus.

Dengan terangkat seperti ini, ada keuntungan tersendiri, yaitu ruang yang dihasilkan bisa digunakan untuk “membuang” panas. Jadi laptop ini bakal lebih adem saat digunakan.

Laptop Gaming Dengan Body Ringkas

Di kalangan gamer, ROG Zephyrus terkenal sebagai laptop gaming yang memiliki body paling ringkas sehingga nyaman untuk dibawa ke mana-mana.

ROG Zephyrus Duo 15

Tentu saja Zephyrus Duo 15 ini juga demikian.

Tebal laptop ini hanya 2 cm saja dan bobotnya hanya 2,4 kg. Ya tentu saja jangan dibandingkan dengan ZenBook atau VivoBook yang memiliki varian dengan bobot kurang daripada 1 kg, beda peruntukan lah.

Untuk gaming, laptop dengan dimensi panjang 36.0cm, lebar 26.8cm, dan tebal 2.0cm, serta bobot 2,4 kg, tentu sudah termasuk sangat ringkas.

Performa Yang Mumpuni

Ini laptop gaming bro, jadi soal performa tentu tak usah diragukan lagi.

ROG Zephyrus Duo 15

Begini, Zephyrus Duo 15 ini ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ i9 generasi ke-10, dikombinasikan dengan chip grafis NVIDIA® GeForce® RTX 2080 SUPER 8GB GDDR6 VRAM.

Ruang simpannya sudah pasti menggunakan SSD, yaitu M.2 NVMe PCIe 3.0 x4 dengan kapasitas 512GB atau 1TB.

RAM-nya menggunakan DDR4 3200MHz SDRAM dengan kapasitas onboard 8GB atau 16GB, yang dapat ditingkatkan menjadi 32GB.

Tak terbayang betapa “buas” performa Zephyrus Duo 15 ini.

Varian Zephyrus Duo 15

Zephyrus Duo 15 ini akan memiliki paling tidak dua varian (bisa jadi lebih) yang bisa dipilih oleh calon pembelinya.

ROG Zephyrus Duo 15

Tak bisa dipungkiri, selain gamer, content creator (khususnya content grafis) juga menyukai produk ROG berkat spesifikasinya yang garang tersebut.

Nah, untuk gamer yang membutuhkan refresh rate tinggi supaya bisa bermain game dengan lebih nyaman, tersedia varian Zephyrus Duo 15 dengan layar utama FHD (1920 x 1080) dan refresh rate 300Hz.

Layar Zephyrus Duo 15 mendukung fitur G-Sync sehingga menihilkan efek tearing dan stuttering saat bermain game. Jika kebetulan tak butuh-butuh amat, fitur G-Sync bisa dimatikan berkat adanya teknologi ROG GPU Switch. Saat G-Sync non aktif, baterai akan lebih hemat.

Bagi pengolah grafis yang umumnya membutuhkan resolusi tinggi, bisa memilih varian ROG Zephyrus Duo 15 dengan layar utama 4K UHD (3840 x 2160 ) dan reproduksi warna Adobe RGB 100%.

Spesifikasi dan Harga ROG Zephyrus Duo 15

Sayang sekali info detail tentang spesifikasi dan harga Zephyrus Duo 15 belum tersedia karena laptop ini belum dirilis di Indonesia.

Ya harap bersabar ya, mudah-mudahan segera setelah wabah COVID-19 ini berakhir, ASUS akan membawa Zephyrus Duo 15 ke Indonesia.

Mudah-mudahan nanti saya juga diundang ke acara launchingnya, hehe.

Follow me on social media:
ROG Zephyrus Duo 15: Wuih, Layarnya Dobel
Tagged on:                     

3 thoughts on “ROG Zephyrus Duo 15: Wuih, Layarnya Dobel

  • 05/04/2020 at 10:15 pm
    Permalink

    tu layar yang di bawah kalo buat nge-game dipake buat nampilin apa, ya? ?

    Reply
    • 06/04/2020 at 9:16 pm
      Permalink

      Layar utama menampilkan game, layar kedua buat komunikasi sama rekan 1 tim, atau layar kedua diisi daftar senjata yang dimiliki. Macam2 sih manfaatnya

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *