Review Zenfone 4 Selfie Pro, Andalan Baru ASUS

Review Zenfone 4 Selfie Pro, Andalan Baru ASUS

Review Zenfone 4 Selfie Pro – Sudah berapa banyak orang melakukan selfie yang kamu jumpai hari ini? Banyak ya? Bahkan mungkin kamu sendiri sudah berkali-kali melakukan selfie khan?

Begitulah, karena orang yang hobi selfie ini jumlahnya cukup banyak, maka para produsen ponsel berlomba menciptakan ponsel dengan kamera depan mumpuni.

Salah satu pelopornya sebenarnya adalah ASUS dengan Zenfone Selfie. Hanya sayang di generasi berikutnya, entah mengapa tidak ada lagi ponsel selfie dari ASUS.

ASUS tak mau lagi mengulang kesalahan yang sama dan kini mereka merilis lagi ponsel selfie. Tak tanggung-tanggung, ponsel selfie yang mereka rilis memiliki kualitas yang sangat mumpuni.

Dan salah satu bukti lagi keseriusan ASUS dalam merilis ponsel ini, mereka mengangkat Gong Yoo sebagai brand ambassador.

Seperti pendahulunya, ponsel selfie ini tetap diberi nama Selfie dan mengacu pada generasi keempat Zenfone, nama lengkapnya menjadi Zenfone 4 Selfie.

Zenfone 4 Selfie ini memiliki dua buah varian, yaitu Zenfone 4 Selfie “biasa” dan Pro. Nah, tamu yang menginap di rumah BOY kali ini adalah Zenfone 4 Selfie Pro.

Sebelum kamu makin penasaran, inilah review Zenfone 4 Selfie Pro.

Body

Trend body ponsel zaman now adalah langsing dan memiliki bezel tipis. Tak ada gunanya melawan trend desain body tersebut, maka ASUS pun merancang desain Zenfone 4 Selfie Pro dengan konsep tadi.

Ketebalan body Zenfone 4 Selfie Pro tidak sampai 7 mm, hanya 6.85 mm. Bezelnya 1.7 mm saja.

Review Zenfone 4 Selfie Pro

Body Zenfone 4 Selfie Pro terbuat dari logam namun yang mengherankan, tidak licin-licin amat. Saat digenggam, Zenfone 4 Selfie Pro ini memberikan reaksi grip yang baik.

Namun jika kamu masih merasa terlalu licin saat memegang Zenfone 4 Selfie Pro ini, tersedia soft cover yang telah termasuk ke dalam paket pembeliannya.

Saat digenggam, bahkan jari kita tak mudah “selip” ke layar sampai mengakibatkan memencet sesuatu tanpa sengaja.

Di bagian belakang, Zenfone 4 Selfie Pro menggunakan lensa kamera yang memiliki “rumah” yang menonjol namun tonjolannya tipis saja, tidak seperti beberapa varian Zenfone 3.

Di bagian belakang ini, kalian tak akan menemukan lagi sensor sidik jari karena sudah berpindah ke depan, melebur dengan tombol Home. Nah, sekalian kita pindah ke bagian depan.

Review Zenfone 4 Selfie Pro

Berdampingan dengan tombol Home, seperti biasa ASUS menyediakan tombol Back di kiri dan tombol Recent di kanan. Yang tidak biasa, kali ini kedua tombol tersebut telah dilengkapi dengan backlight.

Baca Juga
Infinix Note 4 X572 Persembahan Terbaru Infinix

Ini menjawab “tuntutan” para Zenfans yang selama ini menginginkan adanya backlight pada tombol Android yang ada di bagian depan bawah Zenfone.

Geser ke sebelah atas, nampak jelas ada empat buat “mata” di sana. Dua mata yang ada di sebelah kanan merupakan kamera dan dua lagi yang ada di kiri adalah lampu LED untuk flash light dan sensor.

Mata tersebut bisa bertambah jika lampu LED notifikasi menyala. Saat padam, memang lampu LED tersebut sulit dilihat.

Dua mata di sebelah kanan yang seolah melotot itu merupakan ciri khas Zenfone 4 Selfie Pro yang membuatnya mudah dikenali.

Pengalaman Pakai

Modelnya yang tipis dan bobotnya yang ringan pada awalnya membuat saya sedikit kikuk menggunakan Zenfone 4 Selfie Pro ini, namun tak butuh waktu lama untuk membiasakannya.

Justru setelah terbiasa, dijamin ogah ganti ke hape lain, hehe.

Sensor sidik jarinya juara, sangat mudah digunakan untuk unlock dan nyaris tak pernah gagal dalam percobaan pertama. Klaim ASUS bahwa sensor sidik jari ini memiliki kecepatan 0.03 detik untuk mengenali sidik jari bisa jadi benar.

Layarnya nyaman dipandang karena memberikan terang yang cukup di saat outdoor namun tak menyilaukan di indoor. Maklum, layarnya menggunakan teknologi AMOLED.

Review Zenfone 4 Selfie Pro

Bagaimana saat dipakai selfie? Oh menyenangkan sekali. Saya selalu menggunakan jurus capit kepiting saat melakukan selfie dan mudah sekali melakukan hal itu terhadap Zenfone 4 Selfie Pro ini.

Jepitan yang dilakukan bisa kencang sehingga sudut pengambilan foto bisa diubah tanpa ragu, jempol juga bebas memencet tombol shutter di layar.

Jadi memang cocok sekali ponsel ini menjadi ponsel Selfie.

Performa

Zenfone 4 Selfie Pro menggunakan prosesor Snapdragon 625, sama seperti Zenfone 3 dan Zenfone Zoom S. Bagi yang pernah menggunakan Zenfone 3 dan Zenfone Zoom S, tentu paham bahwa kedua ponsel tersebut memiliki performa yang bisa diandalkan.

Zenfone 4 Selfie Pro pun juga demikian. Untuk keperluan sehari-hari seperti chatting, browsing, nonton video, tidak ada masalah sama sekali. Baterainya juga tetap irit meskipun paket data atau wifi terus menerus nyala.

Diajak bermain game juga ayo saja, sepanjang bukan game yang memang sangat membutuhkan sumber daya prosesor yang sangat tinggi. Bagaimanapun, ini ponsel untuk memotret, bukan ponsel gaming.

Baca Juga
Oleh-oleh Dari Zenfestival

Bagi para maniak performa dan selalu menginginkan skor Antutu, nih saya sajikan khusus buat kamu. Skor Antutu Zenfone 4 Selfie Pro adalah 65741.

Review Zenfone 4 Selfie Pro

Audio

Audio yang disemburkan oleh ponsel ASUS tak pernah mengecewakan. Dengan teknologi Sonicmaster 4.0, kualitas audio yang dihasilkan oleh Zenfone 4 Selfie Pro ini cukup memukau.

Zenfone 4 Selfie Pro mengusung lima magnet speaker yang didukung dengan NXP Smart AMP, sehingga memberikan suara yang lebih kaya, distorsi rendah, dan volume lebih kencang.

Review Zenfone 4 Selfie Pro

Kualitas audio tersebut akan meningkat 1000x lipat karena headphone bawaannya (tumben). Ya, DTS Headphone:X bawaan Zenfone 4 Selfie Pro akan memberikan kualitas suara 7.1-channel virtual surround sound seperti kualitas teater. Padahal cuma headphone loh.

Foto

Nah, inilah fitur yang paling diunggulkan di Zenfone 4 Selfie Pro ini. Namanya saja Selfie, jadi tidak heran jika kamera depan yang lebih diutamakan.

Saya akan menunjukkan beberapa hasil foto Zenfone 4 Selfie Pro dan di bawahnya saya akan sedikit bercerita mengenai foto tersebut.

24MP Dual Pixel

Salah satu yang menjadi fitur andalan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro adalah 24MP DuoPixel yang diklaim akan memberikan resolusi yang lebih baik pada kamera depannya.

Dari kedua foto di atas, sejujurnya baik dengan menggunakan 24MP DuoPixel maupun tidak, hasilnya sudah sama-sama bagus.

Pencahayaan juga relatif remang-remang namun hasil fotonya terang, menunjukkan bahwa kamera depan Zenfone 4 Selfie Pro ini memang jago low light.

Mengaktifkan opsi 24MP DuoPixel juga akan mematikan flash light serta pengaturan perbandingan foto.

Jadi silakan gunakan dengan bijak fitur ini. Jika hasilnya sudah bagus, saya pikir 24MP DuoPixel tak perlu diaktifkan.

Wide Angle

Dari kedua foto di atas sudah nampak jelas bahwa foto yang bawah lebih lebar yang artinya ditangkap dengan mode wide angle.

Hasil tangkapan wide angle memang memberikan sudut lebih lebar, yaitu 120 derajat namun resolusinya turun menjadi 5 MP saja dan berimbas pada kualitas foto.

HDR

Dengan mode HDR, selfie dengan pencahayaan yang kurang merata, misalnya di dalam mobil, akan ditangkap dengan lebih baik karena pengaturan jangkauan cahaya yang dinamis.

Contoh lain yang bisa diberikan adalah saat foto dengan latar belakang neon box. Gambar atau teks yang ada pada neon box akan terlihat lebih jelas dan tidak sekadar berubah menjadi cahaya putih saja.

Baca Juga
Kesan Menggunakan vivo V3Max

Bokeh

Kamera selfie Zenfone 4 Selfie Pro sanggup membuat foto bokeh yang keren. Memang terkadang hasilnya kurang begitu pas, mudah-mudahan pada update firmware berikutnya hasilnya lebih bagus.

Lebih Natural

Saat digunakan untuk memotret langit senja, kamera depan Zenfone 4 Selfie Pro memberikan hasil yang nampak lebih natural.

Kamera Belakang

Zenfone 4 Selfie Pro tidak hanya memiliki kamera depan yang bagus namun kamera belakangnyapun bisa diandalkan. Foto di atas menunjukkan hasil pemotretan pada kondisi low light.

 

Foto di atas ini dipotret dengan kamera belakang, mode auto. Tanpa harus mengatur macam-macam, hasil yang diberikan oleh kamera belakang Zenfone 4 Selfie Pro sudah keren.

Mode Manual

Mau bermain-main dengan mode manual? Zenfone 4 Selfie Pro juga menyediakannya. Foto di atas diambil menggunakan mode manual dengan ISO 25 dan shutter speed 8 detik. Zenfone 4 Selfie Pro memiliki shutter speed hingga 32 detik.

Baterai

Kapasitas baterai Zenfone 4 Selfie Pro boleh cuma 3000 mAh, namun ternyata manajemen dayanya keren sehingga sanggup bersaing dengan Zenfone Zoom yang 5000 mAh dan hanya kalah sedikit saja.

Selama beberapa hari saya gunakan, baterainya sanggup bertahan seharian. Jika pagi dicharge penuh, malam jelang tidur umumnya masih tersisa 40an persen.

Waktu charge-nya juga tidak terlalu lama, sekitar satu setengah jam, padahal colokan USB-nya tidak lagi menggunakan USB Type C melainkan balik ke micro USB.

Maklum, Zenfone 4 Selfie Pro menggunakan teknologi fast charging dalam proses pengisian baterainya.

Kesimpulan

Dari review saya di atas, bisa disimpulkan bahwa Zenfone 4 Selfie Pro, sesuai dengan namanya, cocok sekali digunakan untuk selfie. Namun bukan itu saja, kamera belakangnyapun ternyata sangat bisa diandalkan.

Meskipun kamu tidak terlalu suka selfie tapi suka motret juga, kamera ponsel ini tetap bakal jadi teman sejati.

Performanyapun tidak boleh dianggap remeh. Multi tasking enteng dan diajak bermain game-pun ayuk aja.

Jadi, Zenfone 4 Selfie Pro ini cocok bagi mereka yang suka fotografi, khususnya selfie, meskipun kalangan yang lebih luaspun juga bisa menggunakannya.

Rating

Performa
Desain
Baterai
Kelengkapan
Fotografi
Skor Total 4.5

 

Berminat membelinya? Sediakan dana sebesar Rp 4.999.000,-

Kamu bisa membelinya melalui toko online, salah satunya di Official Store ASUS di Lazada.

Follow me on social media:

10 Replies to “Review Zenfone 4 Selfie Pro, Andalan Baru ASUS”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *