Pilih Vivo V5 Plus atau Oppo F3 Plus

Pilih Vivo V5 Plus atau Oppo F3 Plus – Penggemar selfie sedang sangat bahagia karena mereka memiliki setidaknya dua pilihan baru untuk berselfie ria, yaitu Vivo V5 Plus dan Oppo F3 Plus. Kedua produk ini memang dirancang untuk memiliki kamera depan yang mumpuni, bahkan lebih bagus daripada kamera utama. Jadi ya memang sudah jago selfie sejak masih orok. 😂

Jika Anda tergolong penggemar selfie, sudah tentu tertarik untuk memiliki salah satu dari kedua gadget ini. Namun bisa jadi Anda akan dilanda kebingungan, sebaiknya pilih mana ya, Vivo V5 Plus atau Oppo F3 Plus?

Nah, kebetulan saya sempat mencoba keduanya, meskipun hanya dalam waktu singkat, namun mudah-mudahan cukup untuk memberikan impresi awal terhadap kedua ponsel ini. Kesan singkat terhadap kedua ponsel tersebut telah saya tuangkan di blog baru saya, Gadgetboy. Tulisan tentang Vivo V5 Plus bisa disimak di sini sedangkan untuk membaca kesan terhadap Oppo F3 Plus, silakan klik di sini.

Dari kesan menjajal keduanya, saya akan memberikan pertimbangan, sebaiknya pilih Vivo V5 Plus atau Oppo F3 Plus jika ingin membeli ponsel selfie.

Untuk membantu Anda dalam membandingkan spesifikasi keduanya, saya akan tampilkan tabel spesifikasi Vivo V5 Plus dan Oppo F3 Plus secara head-to-head.

Pilih Vivo V5 Plus atau Oppo F3 Plus

Nah, saya akan membandingkan beberapa hal yang menarik saja ya.

 

Prosesor

Mulai dari prosesor. Oppo F3 Plus menggunakan seri Snapdragon 653 yang lebih baru dibandingkan Vivo yang menggunakan 625. Dari sisi performa, Snapdragon 653 mengungguli 625, namun yang perlu dicatat, 625 bisa dibilang merupakan prosesor paling seimbang saat ini. Seimbang apanya? Performa versus daya. Jadi meski performa kencang namun tidak boros daya.

Kompensasi yang diberikan oleh Oppo untuk mengimbangi daya yang relatif lebih boros dan layar yang lebih besar adalah baterai dengan kapasitas lebih besar.

 

Body

Nah, ini merupakan sektor yang paling mudah untuk diperbandingkan. Dengan ukuran layar 6 inci, body bongsor, dan bobot yang lumayan berat, Oppo F3 Plus sebenarnya sangat tidak cocok digunakan untuk selfie. Saya saja waktu pertama kali memegang langsung terpikir, “what the … apa-apaan ini gede banget”.

Apalagi kebanyakan penyuka selfie itu cewe cantik dan imut, otomatis lebar telempapnya juga kecil. Sudah pasti rada kesulitan memegang ponsel gede dengan satu tangan.

Pake tongsis? Bisa sih. Cuma lagi-lagi bobotnya bikin kurang nyaman.

 

Hasil Pemotretan

Melihat spesifikasi di atas kertas, kamera depan Vivo menang telak dibandingkan Oppo, karena memiliki sensor lebih besar (1/2.8 vs 1/3) serta resolusi lebih besar juga (20 MP dan 8 MP vs 16 MP dan 8 MP).

Sedangkan untuk kamera belakang, Oppo menang di apperture namun kalah di setting manualnya.

 

Jadi, Pilih Vivo V5 Plus atau Oppo F3 Plus?

Dari pembahasan di atas, sudah jelas khan ke mana arahnya?

V5 Plus vs F3 Plus

Ya, untuk kegiatan selfie saya lebih menyarankan memilih Vivo V5 Plus ketimbang Oppo F3 Plus. Kalau bukan untuk selfie? Saya sih gak memilih keduanya, hehehe. Di rentang harga yang sama (bahkan lebih murah) ada Zenfone 3 ZE520KL/ZE553KL atau Samsung Galaxy A5 yang sekarang ini saya pakai *ups. Tapi kalau memang kudu cuma dua itu pilihannya, saya sih cenderung memilih Vivo V5 Plus saja.

Follow me on social media:

9 thoughts on “Pilih Vivo V5 Plus atau Oppo F3 Plus

  1. Warm

    Untuk pertimbangan harga gimana, mas?
    Ohiya ini kok tampilan blog mobilenya ga ada di browser saya ya? Suwun

    1. Oom Yahya

      Harganya jelas lebih mahal Oppo karena ukuran layar lebih besar dan prosesor lebih baru.
      Tampilan mobile gak keluar? Masa sih?

  2. ini Androidnya masih sama-sama Lolipop ya? selain prosesor, faktor OS juga pengaruh sebenarnya. pake ROM default atau yang di-tweak oleh developer pabriknya, tentu akan beda hasil.

    kecepatan dan jumlah inti prosesor juga ngga bisa jadi faktor head-to-head. justru tipe prosesor ini juga faktor penentu juga.

    tapi seperti yg dibilang oom Yahya, performa ini ngga cuma ditentukan sama prosesor dan besarnya RAM saja. karena ponsel adalah integrasi dari berbagai komponen.

    kalo aku, sepertinya akan memilih VIvo V5 Plus, sih.. :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *