Avast Premier Anti Virus, Tameng Windows 10

Avast Premier Anti Virus, Tameng Windows 10 – Salah satu yang sering dikeluhkan oleh pengguna sistem operasi Windows adalah masalah virus. Meskipun sebenarnya masalah virus bisa diminimalisir dengan berperilaku sehat dalam menggunakan komputer namun harus diakui bahwa keberadaan anti virus sangat membantu dalam menghalau kemungkinan tertular virus.

Sistem operasi Windows terkini, yaitu Windows 10, telah dilengkapi dengan anti virus bawaan, yaitu Windows Defender. Meskipun tidak buruk, namun Windows Defender oleh sebagian pengguna Windows 10 dianggap terlalu standar. Mereka membutuhkan sesuatu yang lebih. Logikanya kurang lebih sama dengan pernyataan ini: WordPad merupakan aplikasi pengolah kata bawaan Windows, meskipun tidak buruk, namun terlalu standar dan banyak pengguna yang membutuhkan pengolah kata yang memiliki feature lebih.

Nah, jika untuk pengolah kata banyak yang memilih menggunakan Microsoft Word, maka untuk anti virus tersedia pilihan yang cukup menarik: Avast.

Unduh dan Install Avast

Anti virus Avast dapat diunduh melalui situs resminya di avast.com. Tinggal klik tombol Download Free Antivirus dan ikuti petunjuk berikutnya untuk melakukan proses instalasi. Baik saat mengunduh paket instalasi maupun saat melakukan proses instalasi dibutuhkan koneksi internet.

Pada salah satu langkah instalasi, Anda akan diminta untuk menentukan item apa saja yang hendak disertakan. Saran saya sih, pilih proteksi yang disarankan. Namun bila Anda mengerti benar kebutuhan Anda, silakan pilih item yang tersedia sesuai dengan kebutuhan.

Avast Anti Virus

 

Pasca instalasi, sistem akan menanyakan anti virus apa yang hendak digunakan (sebab menjalankan 2 anti virus dalam 1 sistem operasi bukanlah hal yang baik karena bisa saling mengganggu) apakah Windows Defender atau Avast. Silakan pilih Avast.

Avast akan melindungi sistem secara real time, selain itu deteksi terhadap suatu file yang dicurigai mengandung virus juga dapat dilakukan dengan mudah, cukup dengan klik kanan terhadap file (melalui File Explorer) kemudian pada menu yang muncul pilih Pindai [nama file].

 

Varian Avast

Instalasi dengan cara seperti ini akan memasang Avast Free Antivirus yang sifatnya essential, varian Avast yang free namun memiliki feature yang minimal. Varian lain yang tersedia adalah Internet Security dan Premier. Untuk mengetahui perbedaan masing-masing varian, masuklah ke situs Avast dan klik tombol Compare Product.

Bila memang memiliki kebutuhan khusus dan ingin membeli versi Avast yang lain, silakan berkunjung ke halaman Store.

 

Feature Avast Premier

Saya berkesempatan untuk mencoba varian tertinggi dari Avast, yaitu Avast Premier. Dalam hal deteksi virus, Avast Premier sama bagusnya dengan varian Avast yang lain. Kebetulan di komputer saya memang tidak ada virusnya sih.

Selain perlindungan terhadap virus, feature lain yang terdapat pada Avast Premier antara lain adalah:

  • Firewall, memberikan perlindungan terhadap komputer saat terhubung ke dalam jaringan.
  • Situs Riil, mendeteksi apakah situs yang dibuka merupakan situs asli (riil) atau palsu.
  • Sandbox, menguji aplikasi pada sebuah “sandbox”, sehingga tidak mengganggu sistem apabila ternyata aplikasi tersebut membawa virus.
  • Pemusnah Data, menghapus data di media simpan sehingga tidak bisa dipulihkan atau dilacak.

 

Avast memiliki antarmuka berbahasa Indonesia sehingga memudahkan pengguna yang kurang mengenal bahasa Inggris.

Avast Anti Virus

Avast juga tersedia pada platform Android, jadi ponsel Andapun bakal aman terlindungi.

Avast Premier bisa didapatkan dengan berlangganan dan harga langganannya adalah sebesar USD 79.99 per tahun atau sekitar Rp 1 juta per tahun. Itu berarti per bulan Anda akan mengeluarkan biaya sekitar Rp 80 ribuan. Jika memang data yang tersimpan di komputer Anda penting dan memiliki nilai tinggi, ya mengapa tidak berlangganan Avast Premier.

Follow me on social media:

COMMENTS

  • Pengalaman Menggunakan Avast Mac Security dan Avast Premier

    Pengalaman menggunakan Avast Mac Security 2016 dan Avast Premier di Windows. Aplikasi antivirus dan keamanan data (online security) terbaik dari Avast!

Leave a Comment