Asus Meluncurkan Zenfone 6 Di Indonesia kapan? Itulah pertanyaan yang selalu muncul saat sebuah brand smartphone meluncurkan produk barunya.

Yach, memang kita harus bersabar, karena untuk bisa masuk ke Indonesia, sebuah produk smartphone harus memenuhi TKDN.

Jadi secara resmi, Asus meluncurkan Zenfone 6 pada tanggal 16 Mei 2019 di Valencia, Spanyol. Apa istimewanya Zenfone 6 baru ini? Yang jelas, ada perubahan cukup signifikan dibandingkan dengan Zefone 5.

Flip Camera

Trend terkini, bagian depan smartphone benar-benar penuh dengan layar, tidak ada notch lagi. Lalu bagaimana dengan kamera depan? Ada produsen smartphone yang menanamkan kamera depan di dalam layar, jadi di layar seolah ada bintik hitamnya, ada juga produsen yang membuat kamera depan tersembunyi di dalam body smartphone dan baru muncul saat dibutuhkan.

Asus mengambil pendekatan yang berbeda berkat usul saya. Kamera depan Zenfone 6 ya sama dengan kamera belakangnya. Lensa kameranya akan berputar ke atas sejauh 180° saat dibutuhkan sebagai kamera depan. Model seperti ini disebut dengan flip camera.

Jadi, sekarang kualitas kamera depan dan belakang Zenfone sama, karena ya memang sama kameranya.

Modul kamera yang disematkan ada Zenfone 6 terdiri dari kamera utama bersensor Sony IMX586 dengan resolusi 48MP serta sensor kamera ultrawide beresolusi 13MP yang mampu mengambil gambar hingga lebar sudut 125°.

Flip Camera pada Zenfone 6 ditenagai oleh motor elektrik khusus yang memiliki gerakan dengan tingkat presisi yang sangat tinggi. Selain dapat berfungsi sebagai kamera selfie, kamu juga bisa mengambil gambar dari berbagai sudut posisi modul kamera di ZenFone 6. Fitur ini bakal menyenangkan dan membuat kamu yang sering bikin video bakal bisa mengambil gambar dari sudut-sudut yang tak terduga. Makin kreatif pokoknya.

Nih yang bakal bikin kamu girang: kamera Zenfone 6 sudah dilengkapi dengan teknologi Quad Bayer untuk pengambilan gambar lebih sempurna saat kondisi gelap, serta teknologi autofocus 2×1 OCL PDAF untuk fokus lebih akurat dan cepat. Sementara kamera ultrawide pada ZenFone 6 sudah dilengkapi dengan teknologi anti-distorsi.

Lalu mungkin kamu bertanya-tanya: kalau kameranya bisa berputar naik ke atas gitu, apa gak mudah rusak? Kalau jatuh gimana?

Tenang, semua udah dipikirkan oleh Asus. Modul Flip Camera di ZenFone 6 ini dibuat menggunakan liquid metal (amorphous alloy), sebuah bahan khusus dengan bobot 20% lebih ringan dari stainless steel namun empat kali lipat lebih tangguh. Sebagai pengaman tambahan, ada G-Sensor yang ditempatkan pada modul kamera, sensor yang bakal mendeteksi adanya akselerasi yang akan mengembalikan modul Flip Camera ke posisi aman jika Zenfone 6 terjatuh.

Layar Luas Zenfone 6

Zenfone 6 memiliki layar dengan lebar diagonal 6.4 inci, dengan rasio 19.5:9. Betapa luas layar tanpa notch tersebut. Bahkan screen-to-body ratio mencapai 92%.

Layar ini dirancang dengan teknologi NanoEdge Display, sebuah teknologi yang memungkinkan bezel tampil sangat tipis. Layar tersebut juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 6 untuk proteksi maksimal.

Dengan layar yang luas ini kamu bakal bisa menikmati content apapun yang ditampilkan pada layar dengan lebih puas.

Tidak berhenti di sini, Asus menggunakan layar Zenfone 6 dengan kualitas layar cinema-grade yang memiliki tingkat reproduksi warna pada color space DCI-P3 sebesar 100%, memastikan kualitas visual yang kaya dan lebih hidup. Tngkat kecerahannya mencapai 600nits, jadi kamu dapat menikmati konten dalam berbagai kondisi bahkan saat di luar ruangan.

Performa Buas Baterai Ganas

Asus Zenfone 6 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 855 Mobile Platform, sebuah prosesor mobile terbaru yang hadir dengan konfigurasi octa-core berkecepatan hingga 2,8GHz dan menggunakan arsitektur 7nm. Dikombinasikan dengan RAM sebesar 8GB, ZenFone 6 mampu menghadirkan performa yang sangat kencang dan dipastikan dapat menjalankan aplikasi Android paling berat tanpa masalah.

Qualcomm Snapdragon 855 sendiri mampu menghadirkan performa CPU 45% lebih tinggi serta performa rendering grafis 20% lebih kencang dibandingkan prosesor mobile generasi sebelumnya.

Kalau performa buas, takutnya baterai boros kan? Jangan khawatir, Zenfone 6 didukung dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 5.000mAh. Dijamin Zenfone 6 dapat menemani penggunanya selama dua hari non-stop untuk penggunaan kasual.

Antarmuka Cepat dan Simpel

Zenfone 6 menggunakan antarmuka ZenUI 6 dan Android yang digunakan adalah Android Pie. Asus biasanya selalu memberikan update hingga dua versi OS, jadi kemungkinan besar Zenfone 6 ini nanti bakal dapat hingga Android R.

ZenUI 6 sendiri hadir dengan tampilan yang lebih simpel dan mudah digunakan, mengedepankan konsep tampilan yang hanya dibutuhkan oleh pengguna. ZenUI 6 juga dilengkapi dengan Dark Mode, yaitu mode tampilan gelap yang membantu penglihatan pengguna agar tidak cepat lelah ketika menggunakan Zenfone 6 dalam kondisi gelap.

Zenfone 6 dilengkapi dengan teknologi OptiFlex yang membuat aplikasi dapat dibuka dan dijalankan lebih cepat. OptiFlex memiliki kecerdasan buatan yang akan mempelajari aplikasi mana saja yang sering digunakan oleh pengguna dan aplikasi tersebut disimpan secara khusus pada memori sehingga dapat diakses lebih cepat saat dijalankan.

Paket Penjualan

Pada paket penjualan Zenfone 6 terdapat ASUS ZenEar, sebuah earphone premium yang dirancang khusus oleh produsen headphone ternama 1MORE. ZenEar memastikan pengguna Zenfone 6 untuk mendapatkan kualitas audio yang begitu mumpuni, termasuk ketika berinteraksi dengan Google Assistant yang kini bisa diakses langsung melalui Smart Key yang ada di Zenfone 6.

Kapan Asus Meluncurkan Zenfone 6 di Indonesia?

Belum ada informasi jelas soal ini. Yang pasti, Zenfone 6 bakal dibawa ke Indonesia dan sekarang sudah dalam proses untuk memperoleh sertifikasi TKDN.

Jika TKDN tidak bermasalah, kemungkinan besar sih Agustus atau September 2019 sudah bisa dinikmati oleh Zenfans. Doakan ya, semoga sayapun bisa memilikinya dan menulis reviewnya.

Spesifikasi

Model

ZenFone 6 (ZS630KL)

Display, Resolution

6.4“ FHD+ (2340×1080) IPS, all-screen NanoEdge display

92% screen-to-body ratio, 19.5:9 ratio, 96% NTSC color gamut

100% DCI-P3 coverage / 600 nits in HBM / RGB-subpixel matrix

SoC Processor

CPU

Latest 7nm Qualcomm Snapdragon 855 Octa Core Processor

GPU

Qualcomm® Adreno™ 640 GPU

Memory

RAM / Storage

Up to LPDDR4X 8GB

Camera System

Rear (main)

Camera

48MP SONY IMX586 flagship sensor, Quad Bayer Technology, F1.79,

0.8µm/1.6µm effective pixel size, 1/2.0", 2×1 OCL PDAF, Laser focus, Dual LED flash

Rear (wide)

Camera

13MP, 125˚ ultrawide, F2.4, Real-time distortion correction

Front camera

13MP, F2.0, 77.2 degree view angle with LED Flash

Wireless

802.11a/b/g/n/ac, 2*2MIMO; WiFi-Direct

Bluetooth 5.0

Sensor

Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Face Recognition, Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light Sensor, Gyroscope, G-sensor

NFC

Yes

SIM card and SD slot

Triple slots, dual SIM dual standby (4G+4G)

Slot1: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot2: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot3: Supports up to 2TB microSD card

Network

FDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, GSM

Data rate:

DC-HSPA+: UL 5.76Mbps / DL 42Mbps; up to LTE DL 5CA UL 150Mbps / DL

1200Mbps; 4CA UL 150Mbps / DL 800Mbps

GPS

Support GPS(L1+L5), GLONASS(L1), BDS(B1), GALILEO(E1+E5a), QZSS(L1+L5)

OS

All new ZenUI 6, Pure Android enhanced by ASUS, on Android 9

Battery

5 .00 0mAh capacity

Supports Quick Charge 4.0 (18W charger included in box)

Supports 10W Reverse Charge (USB-C to USB-C)

Audio / Microphone

Dual stereo speakers with ear piece receiver + main 5-magnet speaker

Dual NXP TFA9874 smart amplifier

2 microphones for noise reduction

Hi-res earphones bundled, supports DTS Headphone X™ 7.1

FM-Radio

Size / Weight

159.1×75.44×9.2mm / 190g

Color

Midnight Black, Twilight Silver

Harga Zenfone 6

Karena belum ada kepastian kapan Asus meluncurkan Zenfone 6 di Indonesia, maka sementara saya berikan informasi harga di Eropa, sesuai launching kemarin.

  • Zenfone 6 varian 6/64 €499
  • Zenfone 6 varian 6/128 €559
  • Zenfone 6 varian 8/256 €599

Harga Zenfone 6 di Indonesia nanti kemungkinan besar lebih murah. Semoga.

Follow me on social media:

1 Comment

sanjaya · 22/05/2019 at 10:24 am

kayak gimana gitu desain’a

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.