5 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Beli Zenfone Max Pro M1

5 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Beli Zenfone Max Pro M1 – ASUS Zenfone Max Pro M1 sedang dituding menjadi barang ghoib karena sulit didapatkan.

Maklum, setiap kali ada flash sale, dalam hitungan detik saja barangnya sudah habis.

Ya mau gimana lagi, faktor keberuntungan memang cukup tinggi bila beli melalui flash sale. Tapi barang yang dijual di flash sale jelas bukan barang ghoib lah, faktanya saya pernah berhasil kok beli melalui flash sale.

Namun percayalah, dalam waktu tak lama lagi, Zenfone Max Pro M1 bisa dibeli secara “normal” di toko-toko.

Nah, bila saat itu tiba dan kamu sudah berhasil membelinya, inilah 5 hal yang harus dilakukan setelah beli Zenfone Max Pro M1. Apa sajakah itu?

1. Update Firmware

ASUS cukup rajin memberikan update firmware terhadap Zenfone Max Pro M1. Jadi supaya smartphonemu makin sempurna, segeralah update firmwarenya.

Caranya gampang banget:

  1. Ketuk Settings.
  2. Ketuk System.
  3. Ketuk System update.
  4. Bila tersedia update, maka update secara otomatis akan diunduh dan diinstall.

 

Perhatikan bahwa ukuran update tersebut umumnya besar, mencapai ratusan megabyte hingga gigabyte, karena itu sebaiknya kamu mengunduh update menggunakan WiFi.

Beberapa fitur yang akan dibahas selanjutnya ditulis dengan asumsi update firmware telah dilakukan hingga versi terkini.

 

2. Tampilkan Persentase Baterai

Persentase baterai umumnya tidak ditampilkan pada bagian notifikasi, hanya berupa ikon saja.

Dengan ikon tersebut, sulit mengetahui dengan tepat berapa persen kapasitas baterai yang masih tersisa.

Karena itu sebaiknya angka persentasenya ditampilkan saja.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Ketuk Settings.
  2. Ketuk Battery.
  3. Aktifkan opsi Battery percentage.

 

Yak, hanya dengan tiga langkah itu saja, persentase baterai sekarang akan ditampilkan di status bar.

 

3. Aktifkan Double Tap To Wake

Double tap to wake merupakan fitur yang memungkinkan kamu untuk membuka layar dengan cara mengetuk dua kali secara cepat di tempat yang sama.

Saya selalu menyarankan pengguna smartphone untuk mengaktifkan fitur ini bila ada di smartphonenya, supaya ketergantungan terhadap tombol power berkurang.

Memang sekarang ada fitur sensor sidik jari dan pengenalan wajah, namun bisa jadi fitur double tap to wake ini dibutuhkan pada kasus tertentu.

Untuk mengaktifkan fitur ini, langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Ketuk Settings.
  2. Ketuk System.
  3. Ketuk Gestures.
  4. Ketuk ZenMotion.
  5. Aktifkan ZenMotion dengan mengaktifkan item On.
  6. Setelah itu atur apa saja yang kamu aktifkan.

 

Saran saya, yang perlu diaktifkan adalah:

  • Double tap to turn off screen: ketuk ganda di tempat sama untuk menonaktifkan layar. Lakukan di tempat yang “kosong”, tidak ada aplikasi yang aktif, launcher, atau widget di tempat tersebut.
  • Double tap to wake up: ketuk ganda pada lock screen untuk membukanya. Bila kamu menyetel sistem keamanan berupa PIN, pola, atau password, maka PIN, pola, atau password tersebut harus dimasukkan terlebih dahulu setelah lock screen terbuka.
  • Swipe up to wake up: mirip double tap to wake up, hanya saja dilakukan dengan menyapukan jari dari bagian bawah layar ke atas.
  • Gestur: pilih gestur yang kamu perlu untuk mengaktifkan smartphone dan langsung menuju ke aplikasi tertentu. Misalnya saat layar off dan kamu “menulis” huruf C di layar, maka kamera akan langsung terbuka.

 

4. Sembunyikan Isi Pesan Notifikasi

Saat berada dalam keadaan off atau saat menampilkan lock screen, dan kebetulan mendapatkan nofitikasi pesan masuk, maka sebagian isi pesan akan ditampilkan pada notifikasi tersebut.

Kondisi ini tentu kurang menyenangkan karena bisa diintip oleh orang lain.

Karena itu sebaiknya preview isi pesan notifikasi disembunyikan saja. Notifikasinya sendiri tetap muncul kok, jangan khawatir.

Cara menyembunyikan preview isi pesan adalah sebagai berikut:

  1. Ketuk Settings.
  2. Ketuk Security & Locations.
  3. Ketuk Lock screen preferences.
  4. Ketuk on the lock screen.
  5. Pada menu yang muncul, pilih item Hide sensitive notification content.

 

5. Aktifkan Face Unlock

Sidik jari yang bisa digunakan untuk membuka layar sudah relatif sangat lazim belakangan ini.

Tapi penggunaan face unlock relatif masih baru.

Ada baiknya, fitur ini diaktifkan untuk memudahkan kamu dalam menggunakan Zenfone Max Pro M1.

Cara “mendaftarkan” wajah agar dikenal oleh Zenfone Max Pro M1 adalah sebagai berikut:

  1. Ketuk Settings.
  2. Ketuk Security & Location.
  3. Ketuk Face Recognition.
  4. Pada halaman Register your face, ketuk Continue.
  5. Masukkan PIN.
  6. Ketuk Next.
  7. Tempatkan foto wajah kamu di tempat yang tersedia sampai berhasil dikenali.
  8. Ketuk Turn on.

 

Untuk menghapus pengenalan wajah, ulangi langkah tersebut hingga langkah ke-5, lalu ketuk Remove face data dan Continue.

Perhatikan bahwa ada kemungkinan orang yang sangat mirip dengan kamu dapat membuka lock screen menggunakan fitur ini.

 

Tambahan: Pasang Screen Guard

ASUS Zenfone Max Pro M1 belum dilengkapi dengan lapisan Gorilla Glass, jadi ada baiknya untuk segera memasang screen guard agar layar aman dari goresan.

Follow me on social media:

Similar Posts

83 Comments

  1. Bisa Bantu om…,baru pegang max pro m1 6/64..,klau may rubah icon shape dimana yah,di home menu nya nggak ada,nggak seperti yg di you*** ,menu change icon shape nya nggak ada,terimakasih

    1. Coba cek di Home Settings, lalu ada opsi Change Icon Shape.
      Home settings biasanya bisa dicapai dengan menekan lama ruang kosong atau halaman kosong di home screen

  2. Om mau nanya dong, kan WhatsApp selalu berjalan nih di pro m1, saya mau di offin tapi ga nemu nemu. Bukan notifnya yg di offin, tapi aplikasinya, jadi aplikasi jalan kalo pas saya buka, nah pas di tutup dia ga jalan. Gimana yah om. Kalo di zonfone 2 gampang banget, tapi m1 saya pusing carinya

    1. Sepanjang pengetahuan saya, fitur itu adalah bawaan ZenUI, nah karena Max Pro M1 tidak menggunakan ZenUI, melainkan Android murni, ya tidak bisa, sepertinya tidak ada feature itu di Android murni.

  3. Oom, di maxpro m1 ini kan ga ada menu galeri untuk putar video & melihat foto, apa aplikasi pengganti yang bagus menurut oon?

    Thanks

    1. Coba tekan tombol Recent, terus khan muncul beberapa window aplikasi yg pernah dibuka sebelumnya, nah seret aplikasi yang diinginkan sampai ke bagian atas layar

  4. Om, ini saya baru pakai sekitar 2,5bulan, muncul notif : has been stop.
    Beberapa kali demikian saya uninstall aplikasi yg itu, tetapi pagi ini muncul lagi utk aplikasi yg lain.
    Bagaimana menanganinya?
    Dulu saya pakai asus zenfone2, sekitar hampir 2tahun muncul notif seperti itu banyak sekali dengan aplikasi yg berbeda2 dan handphone hang, saya factory reset malah sekarang cuma loading2 dan ga bisa masuk ke dalam..
    Mohon bantuannya ya Om..Terima kasih

    1. Aplikasi apa ya yang menyebabkan masalah itu?
      Takutnya aplikasi itu memang bermasalah, yang pada akhirnya “menular” ke yang lain.

      1. Yg pertama aplikasi BCA Mobile, beberapa kali demikian saya hapus. Pagi ini aplikasi eKatolik Om..
        pada asus zenfone 2 saya juga pernah install kedua aplikasi tersebut dan tidak pernah muncul notif sampai saat terakhir itu Om…

        1. Coba saya cek dulu ya, saya kebetulan tidak pakai keduanya, jadi belum pernah mengalami

          1. Tadi ada teman yg pake BCA Mobile dan tidak bermasalah. Coba firmware Max Pro M1 nya diupdate dulu, aplikasi BCA Mobilenya juga diupdate

          2. Awal memang ga masalah Om, baru mulai bermasalah sekitar setengah bulan gitu..
            Firmware update dimana ya Om? Untuk aplikasi BCA Mobile maupun eKatolik sudah diupdate Om..

  5. Om untuk Zenfone M1 pro M1 untuk aplikasi dipindahkan ke micro SD bagaimana caranya?

    btw baru 4 hal om sudah dilakukan kecuali face unlock heheheh

    1. Masuk setting->system->About Phone-> klik ‘Build Number’ beberapa kali (5-7 kali)-> kembali ke ‘system’-> cari menu ‘developer option’->’ON’, lalu scroll kebawah cari ‘force allow apps on external’. Done.

  6. Om mau tanya sensitif atau touchscreen nya enakan atau halus mana antara a6plus samsung dengan zenfone maxpro.sy biasa pakai samsung .sy rencana mau beli maxpro, yg sy bingung apakah layarnya kalo disentuh enak spt samsung atau krg sensitif dibanding samsung

    1. Kalau Samsung, produk yang pernah saya gunakan adalah A5 2017, waktu itu saya gunakan bersamaan dengan Zenfone 3 ZE420KL.
      Jujur saja sih, buat saya lebih menyenangkan pakai Zenfone 3 dibandingkan A5.
      Max Pro M1 juga tidak beda jauh dari sisi sensitivitas layarnya jika dibandingkan dengan keluarga Zenfone yang lain.
      Kalau A6Plus, terus terang saya belum pernah pakai.

    1. Setahu saya belum bisa, karena gak pakai ZenUI.
      Mohon maaf baru sempat menanggapi sekarang karena beberapa hari terakhir sedang ada perawatan server.

  7. saya update sistem FOTA nya gagal terus om ada tulisan “gagal memperbarui sitem, perangkat anda akan dikembalikan ke konfigurasi awal” itu gimana ya caranya?

  8. Kenapa kadang2 pada layar max pro bisa menghapus widget,tapi kadang2 ga bisa di hapus.sekarang ni saya mau hapus widget yg saya buat,tp ga pernah bisa terhapus.

  9. Om pada layar max pro m1,bila kita geser ke kanan akan ada widget google….bagaimana meghilangkannya

    1. Saya belum tahu, mungkin saja ada caranya tapi fitur itu merupakan fitur standar Android terkini.

    2. disable aja aplikasi google nya

      settings -> app & notif -> ke aplikasi google -> pilih disable

  10. Om setelah pembaharuan sistem yg terbaru, knapa ya ko jdi ga bisa 2 layar kerja dalam 1 waktu ya..
    kmarin sebelum update sistem masih bisa buka app wa + youtube bersamaan Om.. tapi skarang ga bisa

      1. Pas buka Youtube, pencet tombol recent lama, nanti kan layarnya terbagi 2, tinggal pilih aplikasi apa yang mau dijalankan

    1. Kemungkinan besar tidak bisa karena tidak menggunakan ZenUI. Dua WA itu biasanya fitur yang disediakan oleh UI bawaan brand

    1. Ah, enggak kok. Kemungkinan kurang beruntung dapat unit yang kurang. Namanya juga produksi masal, 1-2 pasti ada yang “meleset”

  11. Om, maaf mau tanya nih, baru punya sekitar satu mingguan, sudah terbiasa punya homescreen polosan, nah tadi gak sengaja remove widgets Jam dan semua yg ada di hosmscreen malah sekarang sudah toich n hold lama di homescreen malah gak muncul opsi widgets wallpaper dan setting, tolong oencerahannya Om, kira” bisa diatasi dengan cara apa? Terimakasih dan Tuhan berkati.

  12. Mas mau tanya, asus zonefone maxpro m1 saya setelah saya buay pengamanan kunci dan sidik jari gakmasalah,, cuma yg jadi masalah ketika tekan power dan layar mati,kemudian dihidupkan kembali muncul tombol gembok terbuka dimana pattern dan sidik jari td tdk berguna,,,tetapi jika saat saya tekan power lalu saya tekan gembok tadi barulah asus saya minta pattern dan sidik jari .itu betulinnya bagaimana ya ..terimakasih

  13. Om sya baru kmren beli max pro m2 nah saat pengecasan lama bngt bisa sampe 3 jam, belum lqgi bagian atas kamera panas bngt pdhal pemakaaian baru beberapa menit , dan batrenya yg katanya 5000 boross baru setengah jam udah nguras 10%

    1. Coba diupdate ke firmware terkini. Tapi memang kadang2 hape itu seperti itu kalau masih baru banget, kalau motor istilahnya masih inreyen gitu. Nanti kalau sudah 3-4 x charge, akan normal

  14. Om gimana caranya supaya bisa dapet update firmware, saya masih belum dapet update terbaru dari asus. Setiap saya chek di system update masih belum ada notifikasi untuk mengupdate firmware terbaru

    1. Cek di asus.com/id, masuk ke menu hape yang sesuai, misalnya Max Pro M1.
      Di halaman Max Pro M1, klik menu Support di kanan atas.
      Lalu klik Driver & Tool > Bios & Firmware.
      Download firmware yang sesuai, pastikan sesuai ya, kalau awalan WW ya harus download WW.
      Hasil download dicopy ke hape, tidak masuk folder apapun (root directory).
      Restart hapenya, nanti akan muncul notifikasi untuk update.

        1. Sebaiknya download pake PC, lalu copy ke hape pake kabel. Copy tanpa masuk ke folder manapun

      1. Yg dimaksud frimware itu build number (nomor bentukan) pada informasi tentang ponsel di setting ?
        Jika iya..
        Max pro M1 ane OPM1.WW_Phone-15.2016
        Klo ane upgrade ke versi WW-16.2017 bis ga ya ? Bakal crash ga ya ?
        Mohon pencerahan, trims ?

  15. Permisi Om mau tanya
    gimana ya cara lock aplikasi yang sedang dibuka, biar ga close terus?
    kalo di hp lain kan tekan recent trs pilih aplikasi yg mau di lock trs geser kebawah muncul deh icon gembok
    saya nyari ga nemu2

  16. Om, adakah bola pintas di max pro azus ini ? sy ingin menggunakan screenshoot tanpa holding tombol vol bawah + power.
    Mohon bantuannya.
    Terima kasih.

  17. slmt siang Oom Yahya
    #ask om ?
    notifikasi waktu dan tanggal sering muncul , sangat mengganggu ?
    bisa gak om , jamnya diilangin aja yg ada di ui sblh batre itu ? saat ini aq pake zenfone maxpro M2
    trimaksih sblmnya

    1. Untuk menghilangkan jam di notification bar, coba aktifkan dulu System UI Tuner. Caranya: tekan dan tahan tombol Settings di notification area selama 5 detik, nah nanti di menu settings > system bakal muncul system ui tuner, cari opsi untuk menghilangkan jam

  18. Punya saya ga dapet update firmware baru beli masih di 318 sedangkan yg sekarang udah 340

      1. Bang,maxpro m1 ku sdh update firmware terbaru ( baru beli bulan ini dan sdh dpt 2x update) apakah msh bs update manual firmware2 sebelumnya?dan apa berpengaruh ke performa hp?

        1. Kalau sudah mendapat update terbaru, tidak perlu update yang lama, itu sudah tercakup di dalam firmware terbaru.

  19. Selamat pagi Pom, saya baru 2 hari membeli Zenfone max pro M1, masalahnya hp ini tidak bisa tidur secara otomatis padahal sudah saya stel beberapa detik, tapi tetap menyala (sedikit redup saja). Mohon pencerahannya. Terimakasih

    1. Firmware tertentu setahu saya memang ada bug soal layar yang tidak bisa tidur. Coba firmwarenya diupdate dulu

  20. Selamat pagi Oom, saya baru 2 hari membeli Zenfone max pro M1, masalahnya hp ini tidak bisa tidur secara otomatis padahal sudah saya stel beberapa detik, tapi tetap menyala (sedikit redup saja). Mohon pencerahannya.

    Terimakasih

    1. Max Pro menggunakan Android murni, bukan ZenUI. Aplikasi yang Anda cari itu adanya di ZenUI.

  21. Om mau tanya baru brp hari pegang M1 pro yg 6gb, kalau mau aktifkan kekuatan sinyal di layar atas hp gimana caranya ya? Terimakasih sebelumnya om.

    1. Setahu saya kekuatan sinyal operator seluler itu udah default, selalu ada, termasuk juga kekuatan sinyal wifi.
      Terus terang saya tidak tahu yang dimaksud, mungkin harus pakai aplikasi tertentu

        1. Sinyal atau baterai? Kalau sinyal setahu saya tidak ada kalau bawaan, mungkin harus pakai aplikasi khusus

  22. apa emang wake screen notification saat lock screen utk bbrp aplikasi (line & ig) gak jalan ya? whatsapp doang yg bisa nongol

  23. posisi jam,pada tampilan atas yg biasa nya di kanan pojok atas,kenapa di HP saya tampilan jam nya di pojok kiri atas ya?

    cara pindahin ke kiri lagi gimana yah?

    trims

  24. Om mau tny ttg garansi resmi Asus Max Pro M2.
    Sy baru beli bbrp bulan lalu, di depan dus na ada stiker TAM, tapi di belakang dus na tertulis:
    Posisi kiri: Di produksi oleh PT. SAT NUSAPERSADA, Tbk
    Posisi kanan: Untuk PT. ASUS TECHNOLOGY INDONESIA BATAM
    Kedua² na beralamatkan sama.
    Apakah HP sy itu memiliki garansi resmi Asus kah (TAM, Erajaya dll) atau garansi distributor?
    Trims.

  25. Mau tanya dong om hp uda lama ni m2 pro. Makin hari hp makin panas aja om. Di bagian atas kira2 knp ya? Kira2 ada rekomen apk, cara pembersih cache dll biar hp bisa adem (ngefek ga sek om) soal nya hp ini tdk ada pembersih cache y.
    ( Recent di keluarin semua g ngefek ttp panas)
    Mohon info2nya

Leave a Reply

Your email address will not be published.