Dalam beberapa tahun terakhir, koridor kawasan Cibubur-Cileungsi mencatat pertumbuhan yang signifikan dari sisi kenaikan harga tanah. Portal properti global Lamudi.co.id, mencatat harga rata-rata lahan yang ditawarkan di akhir Juli 2020 menyentuh kisaran 2,1 juta Rupiah per meter persegi.

Novriyadi, Head Research Lamudi.co.id, menyorot sejumlah faktor yang melatar belakangi kenaikan harga tanah pada kawasan tersebut.

Pertama dari permintaan tanah untuk pengembangan sejumlah properti, baik properti hunian maupun dari sektor komersial. Faktor ini dilatar belakangi dari sisi ketersediaan tanah dengan luasan besar di kawasan Cileungsi.

Beriringan dengan faktor pertama, ia turut menyorot masifnya pengembangan kawasan yang digagas oleh pihak pemerintah dan swasta. Beberapa diantaranya yaitu sektor retail dan infrastruktur.

Kawasan Cileungsi menjadi perhatian besar di kalangan masyarakat dalam beberapa tahun terakhir karena menghadirkan sejumlah retail besar seperti tempat perbelanjaan dan mal.

Di sisi infrastruktur, awal kawasan yang hanya ditunjang oleh sebuah jalan tol, kini telah ditambah dengan pengembangan infrastruktur tol lainnya (tol Cimanggis-Cibitung) serta moda transportasi massal light rail transit Jakarta-Cibubur.

Selaras dengan Kenaikan Harga Properti Hunian

Kenaikan harga rata-rata tanah per tahun di kawasan Cileungsi juga seiring dengan kenaikan harga properti sejumlah hunian yang ditawarkan.

Mengambil contoh perumahan Citra Indah City yang dikembangkan oleh developer Ciputra Group, Novri mengatakan terdapat kenaikan yang signifikan dalam lima tahun terakhir.

Untuk unit perumahan Citra Indah City yang paling termurah saja, besarnya kenaikan selama lima tahun terakhir kini telah mencapai 142 persen.

Per tahunnya, Lamudi.co.id mencatat terdapat kenaikan harga sebesar 20-30 juta di perumahan Citra Indah City yang dikembangkan di atas lahan 1.200 hektare pada kawasan Cileungsi tersebut.

“Lima tahun lalu perumahan Citra Indah City menawarkan hunian termurahnya dengan banderol Rp110 juta, di tahun 2020 ini harga unit termurahnya telah menyentuh angka 180 jutaan. Hal ini juga berlaku kepada unit-unit perumahan Citra Indah City lainnya yang memiliki luas dan banderolan lebih besar’, ujar Novri.

Ia mengatakan kenaikan capital gain yang signifikan tersebut turut menggagas hunian-hunian yang dikembangkan pada kawasan Cileungsi juga ‘ramah investasi’. Tidak hanya sekadar untuk para pencari properti golongan end-user.

Follow me on social media:
Categories: Seputar Kita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *