Ke Jakarta Enak Lewat Pantura Atau Jalur Selatan? – Sudah jadi rahasia umum bahwa momen lebaran selalu dimanfaatkan oleh para pekerja di Jakarta untuk pulang, mudik ke kampung halaman. Karena gelombang pemudik ini begitu masif, tidak heran jika selalu menimbulkan kemacetan. Jangankan lebaran, libur panjang lain semacam long weekend (misalnya ada tanggal merah di hari Jumat atau Senin), juga berpotensi macet meskipun tak seekstrim waktu lebaran.

Saat lebaran atau libur panjang yang lain, tentu saja saya dan keluarga juga libur, dan kami sering memanfaatkannya dengan berlibur keluar kota. Khusus saat lebaran, kadang saya dan keluarga berpikir lebih baik “melawan arus” saja, justru liburan ke arah Jakarta. Harapannya tentu supaya tidak ikut arus kemacetan. Masalah berikutnya: kalau ke Jakarta enak lewat Pantura atau Jalur Selatan?

Kalau tinggal di Semarang sih tentu lebih enak kalau mau ke Jakarta. Ingin jalan via darat, ada bus atau travel. Buat yang suka naik travel, bisa beli tiket travel jakarta semarang via Traveloka. Tentu selain travel, tersedia juga alternatif transportasi yang lain seperti kereta api, bahkan pesawat terbang juga ada, meskipun jarak Semarang-Jakarta relatif sangat dekat untuk ukuran terbang dengan pesawat.

Kalau hendak menempuh perjalanan dari Jawa Tengah ke Jakarta, memang akan selalu dihadapkan pada pilihan mau lewat Pantura atau Jalur Selatan. Namun memang ini kondisi beberapa tahun lalu. Sekarang kalau misalnya ada rencana liburan ke Jakarta, saya pilih melalui jalan tol Trans Jawa saja. Selain lebih cepat dan nyaman, potensi tersesat juga lebih kecil kalau lewat jalan tol.

sumber: indonesia.go.id

Beberapa tahun lalu, ketika jalan tol dari Jakarta menuju ke Jawa Tengah belum ada, baru ada sampai Bandung saja, saya dan saudara ipar yang tinggal di Semarang sempat berbeda pendapat soal perjalanan menuju ke Jakarta.

Jadi ceritanya, kami hendak berlibur bersama ke Jakarta dengan membawa mobil masing-masing. Dia dari Semarang tentu lebih dekat jika melewati Pantura, sedangkan saya lebih suka lewat Jalur Selatan.

Untungnya, dia ternyata ada perlu untuk datang ke Jogja terlebih dahulu, jadi perbedaan pendapat selesai karena akhirnya kami berangkat bersama dari Jogja melalui Jalur Selatan Jawa.

Buat saya pribadi, perjalanan dari Jogja ke Jakarta melalui Jalur Selatan Jawa membawa nostalgia tersendiri karena dulu waktu masih kecil, orangtua saya mengajak saya ke Jakarta juga melalui Jalur Selatan Jawa.

Waktu itu ayah saya yang menyetir, bergantian dengan paman. Jadi sudah ketahuan kan, dari mana menurunnya “bakat” menyetir saya ini, hehe.

Selain soal nostalgia, masalah jarak juga menjadi pertimbangan saya. Selisih jarak Jogja-Jakarta yang harus ditempuh saat melewati Pantura dan Jalur Selatan lumayan juga loh. Dari berbagai informasi yang saya kumpulkan, jarak Jogja-Jakarta melalui Jalur Selatan Jawa adalah 501 km, sedangkan jika melalui Pantura adalah 569 km. Ingat ya, jarak ini dihitung saat tol Trans Jawa belum dibangun, jadi saat itu tol yang ada hanya tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta-Bandung.

Beberapa tahun kemudian, ketika keluarga saya dan keluarga ipar saya hendak berlibur bersama kembali, kami memilih berangkat sendiri-sendiri, saya dari Jogja melalui Jalur Selatan sedangkan dia dari Semarang melalui Pantura.

Untuk urusan berlibur, saya memang lebih suka lewat jalan darat, mengendarai mobil sendiri. Pertimbangannya, saat berada di destinasi wisata saya dan keluarga akan lebih mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Menggunakan mode transportasi lain seperti kereta api ataupun pesawat terbang bisa jadi lebih menguntungkan dalam hal waktu tempuh, tetapi berpotensi mengalami kesulitan saat berada di destinasi wisata karena keterbatasan tranportasi umum yang tersedia.

Kini dengan adanya jalan tol Trans Jawa, perbedaan waktu yang harus ditempuh saat melewati jalan darat dan udara semakin pendek.

Ambil contoh saudara ipar saya yang di Semarang tadi. Saat menggunakan transportasi udara dari Semarang ke Jakarta, dia harus datang 1 jam sebelum keberangkatan. Kemudian penerbangan ke Jakarta ditempuh dalam waktu 1 jam. Setelah itu, dari bandara Soekarno-Hatta menuju ke tujuan, bisa jadi menempuh waktu 1 hingga 2 jam, tergantung kemacetan. Jadi total waktu tempuhnya 3 hingga 4 jam.

Sedangkan menggunakan mobil atau travel melalui tol Trans Jawa, waktu tempuhnya sekitar 5 hingga 6 jam. Walaupun selisihnya bisa 2 hingga 3 jam, tetapi kita lebih bisa pegang kendali akan perjalanan dan secara psikologis itu lebih menguntungkan.

Follow me on social media:
Ke Jakarta Enak Lewat Pantura Atau Jalur Selatan?
Tagged on:                 

3 thoughts on “Ke Jakarta Enak Lewat Pantura Atau Jalur Selatan?

  • 27/09/2019 at 5:24 pm
    Permalink

    saya belum pernah nih om lewat pantura atau selatan, soalnya dari Kalimantan Barat gak lewat sana kalau mau ke jakarta

    Reply
    • 09/10/2019 at 11:26 pm
      Permalink

      Pengalaman seru pastinya, libur weekend atau libur lebaran, semangat masyarakat Indonesia yaitu mudik. Pasti seru kalo rame-rame pulang kampung. Bikin ketagihan liburan ya pak.

      Reply
  • 01/10/2019 at 10:40 am
    Permalink

    Meja tv kayu jati jepara – Sebagian besar masyarakat Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan mebel jepara, furniture jenis ini merupakan hasil buatan yang  asalnya dari wilayah tempat kelahiran Ibu Emansipasi kita R.A Kartini yaitu di Jepara. furniture jepara ini memiliki beberapa kelebihan, sehingga tidak salah apabila mebel jepara ini menjadi favorit warga Indonesia khususnya Jepara.

    meja tv kayu jati jepara
    Semua orang pasti membutuhkan mebel untuk keperluan rumahnya, jadi di sini saudara harus pintar dalam memilih furniture yang  bagus. Nah furniture Jepara ini sangat cocok untuk kebutuhan tempat tinggal sodara karena mempunyai banyak keunggulan. Berikut ini merupakan keunggulannya :

    Sangat Cocok Untuk Semua Jenis Dekorasi
    Nah apabila sodara memiliki rumah yang minimalis, kuno ataupun modern maka anda tidak perlu cemas sebab mebel jepara ini sangat pas di padukan dengan beragam model rumah, hanya saja sodara di sini harus pintar dalam memilih warna, corak agar unsur ruangan sesuai dengan keinginan.

    Kualitas Bahan Sangat Baik
    Seperti yang sudah di ketahui banyak orang, jika kayu jati ini adalah kayu terbaik yang dapat bertahan sampai dengan 20 tahun, kayu jenis ini mempunyaikeunggulan dalam kehalusan teksturnya, warna yang serupa serta serat yang tajam. Oleh sebab itulah mebel ini lebih memilih kayu jati di banding dengan kayu lainnya.

    Karena bentuknya yang propesional membuat furniture jepara ini bisa di jual dengan bandrol yang cukup tinggi walaupun itu anda tidak perlu cemas sebab harga yang  di tawarkan setara dengan kualitasnya.

    Memiliki Ciri Khas Ukirannya
    Buat masalah ukiran pada mebel Jepara ini langsung di buat oleh pengrajin secara handmade, sebab tidak banyak pengrajin yang bisa mengerjakan ukiran pada bahan dasar kayu jati. Hal tersebut juga menyebabkan adanya kekhasan ukiran pada masing-masing.

    Hasil ukiran pada mebel ini akan terlihat lebih estetik dan juga memiliki barang yang bernilai seni tinggi, jadi tidak heran apabila furniture jepara ini dapat sampai ke pasar internasional.

    Lebih Tahan Lama
    Kayu jati ini memang di perkirakan sebagai kayu yang terbaik, kayu jenis ini memiliki keunggulan dalam umur pemakaian yang terbilang cukup lama. Jadi perlu anda ingat bahwa semakin tua umur kayu jati ini maka akan semakin tinggi juga nilai bandrolnya.

    kelebihan lain kayu jati ini dapat bertahan dari serangan rayap dan serangga yang akan merusak kondisi furniturenya, kayu jati ini mempunyai kandungan minyak alami  jadi untuk itu furniture jepara ini tahan terhadap air dan gangguan rayap.

    Lebih Elegan
    Hampir seluruh proses pembikinan furniture ini bisa di bikin dengan standar yang tinggi, mulai dari pemilihan bahan yang berkualitas, produksi sampai dengan finishing di kerjakan dengan sebaik dan serapih mungkin. Mengenai masalah warnanya di sini sodara tidak perlu khawatir karena mebel yang satu ini di bikin dengan warna yang netral.

    Memiliki Banyak Pilihan
    Perlu sodara ketahui bahwa furniture Jepara ini tidak hanya fokus untuk satu barang saja, tetapi jenis mebel yang di tawarkan di sini beragam mulai dari kursi, lemari, ranjang, rak buku sampai meja juga tersedia di sini. Untuk itu dengan banyaknya pilihan mebel di sini sodara tidak akan kebingungan dalam memilih.

    Mudah Untuk Di Temukan
    Kebanyakan kita sangat sulit dalam mencari barang dengan kualitas tinggi, namun hal tersebut pasti berbeda dengan furniture jepara ini yang justru mudah di temukan, hal tersebut di sebabkan pemasaran produk yang satu ini sangatlah baik jadi dapat di temukan di mana-mana apalagi untuk kota-kota besar di Indonesia.

    Mebel Jepara ini sangat cocok untuk kebutuhan rumah anda
    Itulah beberapa keunggulan dari mebel Jepara yang harus sodara ketahui, untuk itu di sini anda tidak perlu membeli furniture dengan merk terkenal yang di impor dari luar negeri.  Karena mebel Jepara ini sangat cocok untuk keperluan hunian anda.

    Sekian info yang bisa kami sampaikan mengenai meja tv kayu jati jepara , semoga artikel yang kami ulaskan di atas bisa berguna banyak bagi saudara. Nah apabila di sini anda sedang memerlukan mebel jepara dengan kualitas terbaik serta harga terjangkau maka sodara dapat langsung menghubungi kami segera melalui kontak yang tertera di bawah ini :

    Hubungi Kami :

    Telp Kantor : (0291) 596064
    Phone : 082325770044
    Email :  Cs.karyapriboemi@gmail.com
    Alamat : Jl. Raya Bawu – Batealit KM 6 Bawu Rt 09 Rw 02Batealit Jepara Central Java Indonesia

    Salam sukses – Supplier Mebel Jepara

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.