Kapasitas baterai realme C15 besar bagai badak dan … apa ya? Ya itu doang sih kayaknya.

Jadi kayaknya memang tujuan realme menciptakan smartphone ini adalah untuk memenuhi kebutuhan mereka yang mobilitasnya sangat tinggi, seharian berada di luar terus menerus sehingga tak bakal sempat mengisi ulang baterai smartphone mereka.

Nanti ketika istirahat malam, barulah baterainya diisi ulang.

Memangnya berapa sih kapasitas baterainya? Kapasitas baterai realme C15 adalah 6000 mAh.

Optimasi baterainya juga keren menurut saya. Saya terbiasa menggunakan smartphone Android dengan baterai berkapasitas 6000 mAh, biasanya paling banter dua hari pemakaian sudah minta diisi ulang.

Dengan cara pakai yang kurang lebih sama, realme C15 bisa bertahan 4 hari di tangan saya. Luar biasa!

Nah, kalau kamu ingin tahu lebih jauh soal smartphone ini, berikut ulasan saya.

Body realme C15

realme C15 memiliki body yang relatif biasa saja. Maklum lah, kelasnya memang low end. Desainnya juga relatif sama dengan realme seri C yang lain.

kapasitas baterai realme C15

Supaya tak terkesan polos, realme memberi sentuhan motif yang disebut Geometric Gradient Design pada bagian punggung, jadi smartphone ini tampil cukup cantik.

Kamera disusun dengan bentuk bujur sangkar di sisi kiri atas bagian punggung, memberikan kesan rapi.

Sensor sidik jari ada di punggung, sayangnya menurut saya letak sensor ini ketinggian, padahal jari saya itu panjang. Mungkin buat yang jarinya relatif pendek, memegang hapenya kudu agak ke atas.

Bagian sampingnya memiliki kontur yang agak meruncing, untuk memperbesar grip saat dipegang.

Tombol volume dan power terletak di sisi kanan, SIM tray terletak di sisi kiri atas.

Di bagian bawah ada lubang speaker, jack 3.5 mm, dan colokan USB yang sayangnya belum type C.

Sisi atas polos, tidak ada komponen apapun.

Layar realme C15

Sejujurnya, layar realme C15 ini juga tidak yang istimewa amat.

Bentang diagonalnya adalah 6,5 inci dengan kamera selfie berada tepat di bagian atas tengah yang disebut dengan mini drop.

Kamera selfie ini relatif kecil, jadi nyaris tak terasa jika dia ada di situ. Rasio luas layar dengan luas seluruh permukaan depan smartphone mencapai 88,7%.

kapasitas baterai realme C15

Yang sungguh saya sayangkan, resolusi layarnya itu cuma HD, yaitu 1600×720. Buat yang terbiasa menggunakan smartphone dengan layar yang lebih rapat, terasa sekali kalau ada yang kurang mantap.

Untunglah tingkat terangnya sangat memadai, sehingga digunakan pada lokasi outdoor tidaklah menjadi masalah.

Kamera

Kamera yang ada pada smartphone ini tentu tidak bisa sekadar disebut dengan gimmick atau bonus, tapi ya mesti disadari bahwa kameranya bukan untuk menghasilkan sebuah karya, melainkan untuk dokumentasi.

kapasitas baterai realme C15

Keempat kamera tersebut masing-masing adalah sebagai berikut:

  • Kamera utama 13MP
  • Kamera ultra lebar 119° 8MP
  • Kamera hitam putih 2MP
  • Kamera retro 2MP

Sedangkan kamera selfie-nya memiliki resolusi 8MP.

Saya kurang paham bedanya setup kamera hitam putih dan retro. Dugaan saya, salah satunya berfungsi sebagai sensor kedalaman saat membuat foto bokeh.

Performa

Smartphone realme C15 dibekali dengan prosesor kelas gaming, yaitu Helio G35. Lalu apakah ini menjadikan realme C15 sebuah hape gaming?

Ya memang tidak serta merta begitu sih ya. Faktornya banyak. Apalagi layar realme C15 ini resolusinya kurang begitu mendukung.

Setidaknya performanya tidak malu-maluin lah, buat menjalankan berbagai aplikasi secara multitasking masih cukup kuat.

Jika merujuk pada kemampuan baterainya yang luar biasa, sepertinya memang realme C15 ditujukan untuk orang lapangan yang mobilitasnya tinggi dan tidak terlalu perlu aplikasi yang “memeras” kinerja prosesor.

Apalagi prosesor Helio G35 ini, meskipun diberi embel-embel gaming, bagaimanapun merupakan prosesor kelas menengah.

Jika kamu lebih paham soal prosesor Snapdragon, Helio G35 ini kira-kira terletak di antara Snapdragon 439 dengan Snapdragon 665.

Saat diuji dengan Geekbench, skor yang dihasilkan adalah 168 untuk single core dan 963 untuk multi core. Meski kurang adil, coba bandingkan dengan Oppo Reno4 yang memiliki skor 569 untuk single core dan 1779 untuk multi core.

BTW, prosesor Oppo Reno4 adalah Snapdragon 720G.

Antarmuka realme UI

Sistem operasi Android yang digunakan oleh realme C15 telah menggunakan Android versi 10, dengan antarmuka realme UI v1.0 yang sangat mirip dengan ColorOS v7.2 milik Oppo.

Ada beberapa fitur menarik yang diberikan oleh realme UI, seperti realme Lab yang akan memberikan fitur-fitur beta versi berikutnya, sehingga pengguna bisa mencobanya terlebih dahulu.

Salah satu fitur bawaan antarmuka realme UI yang menurut saya cukup bermanfaat dan biasanya hanya ada pada smartphone yang lebih mahal adalah gestur untuk menyalakan layar atau aplikasi dari keadaan layar mati.

Misalnya menggambar lingkaran pada layar untuk mengaktifkan kamera, menggambar huruf V pada layar untuk menyalakan senter, dan lain-lain.

Charger realme C15

Charger yang ada di dalam dus realme c15 merupakan charger berteknologi Quick Charge 18W (9V, 2A).

Meski demikian, dengan besarnya kapasitas baterai realme C15 yang mencapai 6000 mAh, tetap saja proses isi ulangnya relatif lama. Apalagi antarmukanya micro USB biasa, bukan type C.

Dari hasil uji coba yang saya lakukan, lamanya pengisian ulang baterai dari kapasitas 30% an hingga 100% mencapai 3 jam.

Jadi sebaiknya memang pengisian ulang baterai realme C15 dilakukan di waktu tidur. Toh seharian dipakai juga pasti gak habis.

Contoh Foto Jepretan realme C15

Inilah beberapa contoh foto jepretan realme C15. Not bad kok.

Kesimpulan

Jadi siapa yang cocok untuk menggunakan realme C15 ini? Saya sih langsung kepikiran driver ojek online.

Mereka tak perlu kamera bagus, tak perlu prosesor yang super, yang penting baterai awet, jadi seharian “narik” (malah mungkin bisa dua hari) gak perlu bawa charger lagi.

Siswa sekolah yang sekarang ini sedang belajar dari rumah juga cocok pakai hape ini. Sepanjang pengetahuan saya sih, tidak ada aplikasi belajar yang membutuhkan prosesor ganas.

Kameranya juga lebih daripada cukup buat memotret tugas untuk dibagikan ke teman atau dikumpulkan ke guru.

Mereka tak perlu diribetkan dengan harus mengisi ulang hape saat masih belajar.

Kayaknya sih banyak juga yang bisa menggunakan hape ini, intinya mereka yang butuh baterai irit tapi performa agak pelit.

Follow me on social media:

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *