Internet | Blogging

Punya Domain Sendiri Itu Gampang

Cogito, ergo sum. Kalimat ini merupakan sebuah pernyataan filosofis yang diucapkan oleh René Descartes, seorang filsuf kelahiran Perancis.

Ke dalam bahasa Inggris, kalimat ini sering diterjemahkan menjadi I think, therefore I am, dan dalam bahasa Indonesia menjadi saya berpikir, maka saya ada.

Pada abad pertengahan, seseorang memang akan eksis apabila ia berhasil mempersembahkan buah pemikiran yang filosofis, menarik, lebih maju ketimbang zamannya, atau melawan arus sekalian.

Intinya pada buah pemikirannya. Makanya kalimat saya berpikir, maka saya ada menjadi sangat relevan pada zaman itu.

Namun apakah kata mutiara tersebut tetap relevan hingga saat ini? Tentu saja masih. Tidak bisa disangkal bukan, bila orang yang berani menyatakan pendapatnya selalu akan lebih dikenal dibandingkan dengan yang diam saja?

Media Sosial dan Blog

Yang berbeda adalah media penyampaiannya. Pada zaman sekarang yang sudah sedemikian maju, semua orang bisa menyatakan pendapatnya melalui media sosial.

Hanya saja, media sosial cenderung digunakan untuk menyatakan pendapat secara spontan. Apa yang terpikir pada suatu saat tertentu, itu juga yang dilontarkan melalui media sosial.

Sumber foto: S O C I A L . C U T dari Unsplash

Memang bukan berarti tidak ada sama sekali, tetapi relatif jarang orang menyampaikan materi terstruktur pada media sosial. Sifat media sosial yang membatasi jumlah karakter yang bisa ditampilkan (apalagi medis sosial seperti Twitter) membuatnya relatif sulit digunakan sebagai media untuk memaparkan pemikiran yang panjang.

Media yang lebih tepat untuk menuangkan buah pemikiran adalah blog. Tak heran jika sempat ada plesetan dari I think therefore I am menjadi I blog therefore I am atau saya ngeblog maka saya ada.

Saya sendiri mengakui bahwa ada banyak hal positif yang saya dapatkan melalui ngeblog.

Seperti halnya media sosial yang memungkinkan semua orang melontarkan pemikirannya yang spontan, semua orang juga bisa ngeblog.

Ada beberapa platform blogging yang bisa dimanfaatkan untuk ngeblog. Dua platform yang relatif paling terkenal adalah WordPress dan Blogspot.

Melalui kedua platform tersebut, kamu bisa membangun sebuah blog tanpa harus keluar biaya tambahan selain koneksi internet.

Namun tak semua orang puas dengan fasilitas gratisan yang diberikan oleh kedua platform tersebut. Mereka menginginkan kendali yang lebih besar terhadap platform blogging milik mereka.

Memiliki Sebuah Domain

Nah, jika kamu termasuk orang yang ingin eksis di zaman internet ini, sekaligus menginginkan kendali yang lebih terhadap platform blogging milik kamu, maka hal yang kamu butuhkan adalah sebuah domain.

Selain memberikan kendali lebih terhadap perangkat blogging, memiliki domain sendiri juga memiliki beberapa manfaat lain.

Yang paling nampak jelas adanya soal personal branding. Nama domain yang menggambarkan nama seseorang tentu akan meningkatkan perhatian netizen terhadap keberadaan orang itu.

Apalagi jika domain tersebut diisi dengan konten yang menggambarkan portofolio pemiliknya.

Memiliki domain sendiri itu juga sifatnya luwes, karena selain bisa diisi dengan blog, kamu juga bisa mengisinya dengan berbagai aplikasi web lainnya, misalnya forum atau toko online.

Lalu apakah punya domain sendiri itu ribet? Jelas tidak, punya domain sendiri itu gampang, sesuai judul artikel ini. Bahkan dalam beberapa kasus, punya domain sendiri itu gratis loh. Kok bisa?

Begini, punya domain saja sebenarnya belum cukup. Kamu tentu perlu “komputer” untuk menjalankan aplikasi web (entah itu blog, forum, toko online) yang dinyatakan melalui nama domain tadi.

Layanan Web Hosting

Nah, “komputer” tersebut bisa kamu dapatkan melalui jasa web hosting. Seperti halnya komputer fisik yang harus kamu beli, jasa web hosting ini juga tentunya juga harus dibeli.

Dalam paket web hosting yang ditawarkan, biasanya sudah termasuk nama domain. Jadi inilah mengapa tadi saya tuliskan jika mendapatkan nama domain itu bisa gratis.

Salah satu penyedia jasa web hosting yang menawarkan paket hosting sudah termasuk domain gratis adalah Niagahoster. Dengan domain gratis Niagahoster, mimpi kamu untuk memiliki domain sendiri bakal terbuka lebar.

Niagahoster memiliki beberapa layanan web hosting yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Layanan tersebut terbagi ke dalam 3 golongan utama, yaitu shared hosting, Cloud Hosting, dan VPS hosting.

Shared Hosting

Shared hosting adalah layanan web hosting yang digunakan secara berbagi (shared) oleh semua pelanggannya. Jadi semua pelanggan menggunakan sumber daya server secara bersama-sama.

Model ini bisa dibayangkan sebagai sebuah gedung apartemen yang digunakan oleh banyak orang secara bersama-sama. Karena digunakan secara bersama-sama, tentu ada batasan-batasan tertentu yang harus dipatuhi untuk kenyamanan bersama.

Misalnya ada salah satu penghuni apartemen yang menggunakan listrik secara berlebihan atau membawa banyak teman sehingga memenuhi tempat parkir, tentu penghuni lain akan terganggu.

Shared hosting merupakan layanan yang paling murah dan paling umum digunakan. Selain murah, pengguna juga tidak harus memiliki pengetahuan teknis yang tinggi karena pengelolaan server dilakukan oleh penyedia jasa hosting. Namun seperti halnya ilustrasi apartemen tadi, ada banyak batasan yang harus ditaati.

Cloud Hosting

Cloud hosting adalah layanan web hosting dengan sumber daya yang berasal dari beberapa server yang saling terkoneksi dan berjalan secara bersamaan. Server-server yang saling terkoneksi tersebut dinamakan dengan cluster.

Kamu bisa membangun sebuah server virtual untuk hosting berdasarkan kebutuhan. Sumber daya bisa ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan. Bahkan jika ada satu server yang bermasalah, server lain bisa memberikan dukungan atau berlaku sebagai back up. Hal seperti ini tidak akan ditemui jika menggunakan shared hosting.

Pengguna juga biasanya tidak harus memiliki pengetahuan teknis yang tinggi karena pengelolaan hosting dilakukan oleh penyedia layanannya.

Hanya saja, harga yang harus dibayarkan tentu lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan shared hosting.

Virtual Private Server (VPS) Hosting

VPS hosting adalah layanan web hosting yang sumber dayanya berasal dari satu server fisik, tapi dibagi-bagi menjadi beberapa server virtual yang lebih “kecil”. Masing-masing server virtual tersebut berjalan seperti dedicated server, seolah-olah sebuah server fisik tersendiri.

Berbeda dengan shared hosting, sumber daya yang didedikasikan ke server virtual tersebut tidak dibagi dengan pengguna lain. Jadi jika kamu menggunakan jenis VPS hosting ini, kamu bisa mengelola server dan melakukan konfigurasi persis seperti keinginan kamu.

Namun keuntungan tersebut harus diimbangi dengan pengetahuan teknis memadai, karena semua konfigurasi server dilakukan sendiri. Harganya juga pasti relatif lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting.

Keunggulan Niagahoster

Setelah menyimak berbagai jenis web hosting yang tersedia tadi, kamu bisa memutuskan untuk memilih yang manapun sesuai kebutuhan, karena Niagahoster menyediakan ketiganya.

Mengapa harus memilih Niagahoster? Karena berbagai keunggulan yang dimilikinya.

Niagahoster menggunakan Data Center Tier-4 yang memiliki performa mumpuni. Sebagai ilustrasi, jika pada hotel ada predikat bintang hingga bintang 5, maka tier-4 yang dimiliki oleh sebuah data center setara dengan hotel bintang 5, alias yang paling tinggi.

Data Center Tier-4 ini menjamin uptime hingga 99,999% per tahun.

Untuk digunakan sebagai platform blog, web hosting Niagahoster bakal memiliki kecepatan tinggi karena dilengkapi dengan fitur LiteSpeed dan WordPress Accelerator.

Soal keamanan, Niagahoster tidak perlu diragukan lagi karena dilengkapi dengan BitNinja, WanGuard, dan Imunify360.

Di luar hal-hal teknis tersebut, Niagahoster juga memberikan layanan terbaik, seperti customer service yang siap melayani 24/7 dan juga garansi 30 hari uang kembali jika kamu tidak puas.

Oh ya, omong-omong soal uang, harga layanan web hosting di Niagahoster bersaing loh. Kamu bisa mendapatkan layanan web hosting bahkan hanya dengan menyisihkan Rp10.000 per bulan! Pada paket tertentu juga ada diskon yang besar, mencapai 75%.

Follow me on social media:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *