Dunia ini dipenuhi dengan ungkapan-ungkapan yang menarik dalam menggambarkan kehidupan manusia.

Ada istilah “pangan, sandang, papan” yang menggambarkan kebutuhan dasar manusia. Makanan, pakaian, dan rumah yang layak tentu tidak dipungkiri merupakan kebutuhan manusia yang wajib untuk dipenuhi untuk hidup layak.

Dengan bercanda, istilah ini kemudian ditambah satu item lagi menjadi “pangan, sandang, papan, casan”. Casan merupakan kata yang terbentuk dari charge ditambah akhiran -an, agar berima dengan ketiga kata sebelumnya.

“Casan” ini menggambarkan kebutuhan akan pengisian ulang daya ponsel pintar alias smartphone. Jadi sekarang ini, smartphone dan kebutuhan isi ulang dayanya seolah sudah menjadi kebutuhan dasar manusia.

Di belahan bumi yang lain, ada istilah “brain, beauty, behaviour” untuk menggambar tiga kriteria yang perlu dilihat dari diri seorang manusia untuk menuju ke kesuksesan.

Seseorang harus pandai, memiliki paras yang elok, dan berkelakuan baik supaya bisa diterima oleh banyak orang dan sukses.

Tiga kata dengan huruf awal B ini ditambah satu huruf B lagi yaitu bandwidth. Tentu saja ini humor belaka, tapi tidak salah juga kalau diambil kesimpulan bahwa kesukesan seseorang sekarang ini juga tergantung dari bandwidth yang dimilikinya, dalam arti dia mampu memanfaatkan internet dengan baik.

Contoh terakhir, ada ungkapan yang menggambarkan hal yang paling dikejar oleh seseorang (khususnya laki-laki), yaitu “harta, tahta, wanita”.

Lagi-lagi, dengan pendekatan humor, satu kata yang berima ditambahkan ke dalam ungkapan tersebut hingga menjadi “harta, tahta, wanita, paket data”.

Tiga contoh di atas sudah lebih dari cukup untuk menggambarkan bahwa ponsel cerdas dan koneksi internet kini telah menjelma menjadi hal mendasar yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Memilih Operator Komunikasi dan Data

Nah, kalau biasanya di blog saya ini ada ulasan tentang berbagai jenis smartphone, kali ini saya hendak membahas providernya alias penyedia layanan komunikasi dan paket internetnya.

Jika merujuk pada contoh-contoh yang saya kemukakan tadi, bahwa kebutuhan akan internet sudah menjadi sedemikian penting, maka memilih provider tentunya juga harus teliti.

Salah satu operator komunikasi yang bisa diandalkan di Indonesia adalah smartfren yang dimana merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi terdepan di Indonesia yang telah berinovasi dengan meluncurkan layanan 4G LTE Advanced komersial pertama di Indonesia.

Dulu memang smartfren sempat dipandang sebelah mata karena latar belakangnya yang berangkat dari teknologi CDMA, padahal mayoritas pengguna ponsel cerdas menggunakan jalur GSM.

Namun sejak teknologi 4G LTE diperkenalkan, hal tersebut sudah tidak lagi relevan. Baik berasal dari GSM maupun berasal dari CDMA, toh semua menggunakan teknologi 4G LTE yang sama sekarang.

Mengenai isu kompatibilitas dengan beberapa merk smartphone tertentu, khususnya tentang komunikasi bicara yang mengharuskan adanya aplikasi khusus bernama SmartVoLTE, sekarang juga sudah tidak relevan lagi.

Sebagian besar pengguna smartphone kini telah menggunakan aplikasi seperti WhatsApp dan Telegram saat melakukan panggilan suara. Bahkan mulai banyak juga kini yang lebih suka dengan panggilan video.

Jadi pada dasarnya, sudah tidak ada lagi alasan untuk khawatir menggunakan Smartfren yang sudah memiliki jaringan full 4G ini. Tidak perlu khawatir panggilan suara yang putus-putus.

Mudahnya Menggunakan smartfren

Saya sendiri merasakan begitu mudahnya mencoba perdana smartfren ke dalam sebuah smartphone yang sedang saya review.


Begitu dimasukkan ke dalam smartphone, kartu langsung terdeteksi. Untuk memeriksa kuota yang tersedia, saya langsung menginstal aplikasi MySmartfren.

Verifikasi melalui SMS untuk mengaktifkan aplikasi MySmartfren juga berjalan dengan lancar, tanpa harus menunggu lama dan tanpa harus mengulang.

Verifikasi SMS untuk aplikasi yang lain, misalnya WhatsApp, juga lancar.

Tes kecepatan dengan aplikasi SpeedTest dari Okla menghasilkan angka yang memuaskan, 29,8 Mbps untuk download dan 5.35 Mbps untuk upload.

Paket UNLIMITED Tanpa Tapi

Yang menyenangkan, smartfren memiliki skema paket data UNLIMITED yang benar-benar UNLIMITED, sehingga mereka menggagas sebuah tagline “UNLIMITED Tanpa Tapi”.

Apa maksudnya “tanpa tapi”? Jadi begini, paket UNLIMITED ini memang tidak ada tapinya, tidak perlu harus melakukan ini itu, aktivasi ini itu, atau memiliki paket induk terlebih dahulu. Langsung dipakai dengan bebas. #UnlimitedTanpaTapi

Lebih lengkapnya cek di halaman ini.

Untuk paket perdana UNLIMITED 80Rb, dengan harga Rp80.000 sesuai namanya, tersedia FUP (Fair Use Policy) sebesar 1GB per hari.

FUP sebesar 1 GB per hari ini sudah cukup besar. Jika dibagi 24 jam, maka secara rata-rata, per jam kamu akan mendapatkan 41,666 MB. Itu sudah lumayan banget.

Ingat, bukan berarti setelah kuota 1 GB per hari tersebut terlampaui, lalu internet tidak bisa digunakan. Bukan begitu. Internet masih bisa digunakan, hanya saja kecepatannya menurun.

Mengapa harus ada FUP? Ya supaya pengguna bisa bertenggang rasa dengan pengguna yang lain. Bayangkan jika kamu menghadiri resepsi dan makanan disajikan dengan prasmanan. Tidak ada yang melarang kamu mengambil suatu makanan sebanyak mungkin, tapi ya hendaknya bertenggang rasa dengan orang lain, di samping tentunya memikirkan kapasitas perut sendiri.

Toh sebenarnya kamu tidak akan begitu terasa kok kalau FUP itu sudah terlampaui. Kamu bakal tetap berselancar seperti biasa tanpa terasa adanya penurunan kecepatan.

Lagipula, semua itu terkompensasi oleh sifat UNLIMITED-nya yang berlaku 24 jam untuk semua aplikasi. Jadi kamu tak perlu repot-repot menghitung, hari ini Facebook, Instagram, YouTube, atau aplikasi yang lain sudah menghabiskan kuota berapa.

#UnlimitedTanpaTapi

Nah, pada tulisan selanjutnya, saya akan memaparkan perbandingan paket smartfren UNLIMITED ini dengan operator lainnya.

Follow me on social media:

19 Comments

Wahyu Catur Prasetyo · 09/12/2020 at 2:02 pm

Wah, keren. Makasih infonya, oom. Lengkap banget.

    Oom Yahya · 09/12/2020 at 2:14 pm

    Terima kasih 🙏

      Oline · 10/12/2020 at 11:10 am

      Wahh lumayan nih, paketannya, bisa buat PJJ and streamingan di rumah nih, saat wifi di rumah ngadat. Di rumahku jd sering ngadat ini wifinya :((( sebel.

        Oom Yahya · 12/12/2020 at 10:26 pm

        Sip sip, bisa dicoba

Maseko · 10/12/2020 at 9:32 am

Saya juga pengguna Smartfren, selain 2 operator lainnya, karena promo paket datanya sering beda² godaannya. Dan yg utama, koneksinya stabil buat main game..

    Oom Yahya · 12/12/2020 at 10:26 pm

    Good 👍

Widyanti Yuliandari · 10/12/2020 at 9:33 am

Wah, menarik nih unlimited tanpa tapi. Soalnya kalo pakai tapi, biasanya tapinya banyak😂

    Oom Yahya · 12/12/2020 at 10:26 pm

    Naaah, itu dia 🤭

Dedew · 10/12/2020 at 9:41 am

Harta, tahta, paket data memang krusial banget buat kehidupan zaman now ya Om, paket unlimited Smartfren cucok nihhh

    Oom Yahya · 12/12/2020 at 10:27 pm

    Cocoook 👍

Mirwan Choky · 11/12/2020 at 9:04 am

Paket data unlimited memang kebutuhan mendasar sih.

    Oom Yahya · 12/12/2020 at 10:27 pm

    Betul

Dian Safitri · 11/12/2020 at 9:08 am

internet unlimited itu kebutuhan utama sekarang emang.udah setara dengan sandang, pangan, dan papan

    Oom Yahya · 12/12/2020 at 10:28 pm

    Tebul … eh betul 🤭

Mikhail Surjadi · 11/12/2020 at 9:21 am

kuota unlimited for layf !!

    Oom Yahya · 12/12/2020 at 10:28 pm

    👍👍👍

Diah · 11/12/2020 at 9:28 am

Haha…unik juga nih sandang, pangan, papan, casan.

Saya juga ada smartfren nih. Tfs, om.

    Oom Yahya · 12/12/2020 at 10:29 pm

    Siap!

Sendy · 22/12/2020 at 5:48 pm

tim pengguna kuota bantuan Kemendikbud nyimak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *