|

“Berkat Ngeblog” – Hari Blogger Nasional 2011

Kalau ditanya, “apa manfaat yang kamu dapat dari ngeblog?” saya sungguh merasa sulit menjawabnya. Jujur saja, kalau dari segi materi dan prestasi, hampir tidak ada yang saya dapat dari ngeblog.

Post blog saya yang pertama tercatat tanggal 29 Maret 2006, waktu itu blog saya masih beralamat di y4hy4.blogspot.com. Lalu saya boyongan ke domain ini pada tanggal 12 Februari 2008.

Saat pertama kali ngeblog, saya sudah menjadi seorang penulis buku IT dan saat itu buku saya sudah belasan. Jadi saya bisa menerbitkan buku bukan berkat ngeblog.

Sebelum ngeblog, saya sudah sering jadi pembicara seminar dan workshop di bidang IT, khususnya (walau tidak terbatas pada) yang bertema Linux. Dan lokasi yang saya kunjungi saat jadi pembicara tersebut mencakup banyak wilayah di Indonesia, bukan cuma seputaran Jawa, tapi juga Riau, Palembang, hingga Manado. Jadi saya bisa tampil sebagai pembicara dan keliling Indonesia bukan berkat ngeblog.

Sebelum rajin ngeblog, saya sudah pernah jadi narasumber di radio. Jadi saya bisa masuk radio bukan berkat ngeblog.

Ke luar negeri? Saya memang baru bisa jalan-jalan ke Singapore tahun 2010 dan 2011, 4 tahun setelah ngeblog. Tapi itu juga bukan berkat ngeblog, melainkan berkat AirAsia yang punya program promo tiket gratis.

Sebelum ngeblog saya juga sudah punya istri. Jadi dapat jodoh juga bukan berkat ngeblog.

Jadi apa dong?

Saya dapat banyak teman dan relasi. Klise? Memang sepertinya begitu. Tapi teman dan relasi itu harta yang tak ternilai harganya.

Ketika saya datang ke Palembang, saya tak punya saudara di sana. Siapa yang menyambut saya bak saudara? Teman-teman WongKito. Ketika butuh tumpangan pas datang ke Jakarta, siapa yang menolong? Ya teman-teman blogger. Walau kadang baru saat itu juga bertemu muka, tapi karena sudah sering berinteraksi via blog, seolah sudah bersahabat bertahun-tahun.

Di masa mendatang, mungkin saja hasil pertemanan itu tidak sekedar seperti yang saya sebut di atas. Tapi bisa juga menghasilkan sesuatu yang lebih besar, misalnya bisnis atau proyek kemanusiaan, who knows?

Berkat ngeblog saya juga tambah tenar. Apalagi sejak bergabung ke komunitas blogger Cahandong yang sebelumnya sudah tenar duluan. Bukan apa-apa sih, tapi kalau saya mengemukakan pendapat atau berbagi ilmu, harapannya tentu memiliki efek yang lebih besar karena ketenaran saya itu.

Selamat Hari Blogger Nasional 2011.

Follow me on social media:

Similar Posts

28 Comments

    1. sementara ini saya belum ada rencana ke jakarta, bahkan ke acara on|off pun saya terancam gak berangkat (lonely)

  1. Salam kenal om yahya .. 🙂

    “Saya dapat banyak teman dan relasi. Klise? Memang sepertinya begitu. Tapi teman dan relasi itu harta yang tak ternilai harganya.”

    paragraf setelah kalimat diatas sedikit menyentil saya, karena sebagai pemula dalam aktifitas blogging, selama ini saya tidak terlalu memiliki gambaran sebenarnya mau apa sih saya dengan aktivitas ngeblog ini (he he he…), jadi tersandar nih (eh tersadar) bahwa saya dapat banyak mengambil manfaat dari ngeblog …

    terimakasih inspirasinya om.. salam kenal dari pemula 🙂

  2. Hehe, emang sih, relasi dan kenalan jadi salah satu hal yang paling menyenangkan yang didapat dari blogging dan kopdar2.. 😀 setujuh!!

  3. saling sharing knowledge dan aktifitas sosial yang tak ternilai harganya saya dapatkan berkat ngeblog dan berkomunitas di dalamnya.
    selamat hari blogger nasional 2011 😀

  4. Klise memang..tapi justru itu manfaat terbesar berkat ngeblog. 🙂
    Dengan banyak teman dan relasi, makin banyak celah untuk mendapatkan informasi bermanfaat.

    Selamat Hari Sumpah Pemuda #loh 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.