Jakarta menyuguhkan banyak destinasi wisata, terutama untuk keluarga. Banyak sekali wahana-wahana yang menyenangkan sampai menantang adrenalin yang ditawarkan.

Ada Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ancol dengan segudang wahananya, deretan mall-mall kondang, Tanah Abang, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itulah, wilayah yang dalam sejarahnya berganti nama sampai belasan kali ini tetap menarik wisatawan.

Bahkan orang-orang Surabaya yang notabene juga kota metropolitan di Indonesia, banyak menghabiskan akhir pekan atau waktu liburan ke Jakarta. Apalagi jaraknya apabila ditempuh dengan pesawat hanya 1 jam setengah saja. Ditambah ada berbagai cara cek harga tiket dari surabaya ke Jakarta, bisa melalui Traveloka atau lainnya.

Foto: dokumentasi pribadi

Namun tentu saja yang paling disarankan adalah Traveloka yang selama ini menjadi teman setia traveler. Tidak jarang pula memberikan harga tiket promo. Terbaru, bahkan Traveloka bisa mencarikan harga tiket termurah dari arah Surabaya Jakarta atau sebaliknya.

Jika sudah lelah jalan di Jakarta, pulang jangan lupa bawa oleh-oleh ya. Inilah jajaran yang disarankan sebagai oleh-oleh.

1. Souvenir Pernik Betawi

Buah tangan yang pertama yang bisa dibawa pulang adalah berbagai souvenir khas Betawi. Sudah banyak orang-orang yang menjualnya. Contohnya saja miniatur ondel-ondel, miniatur bajaj, baju pangsi, tempelan kulkas gambar ikon Jakarta, dan masih banyak lainnya. Souvenir ini bisa dibeli di pusat oleh-oleh. Tidak jarang pula juga orang menjajaannya secara eceran di pedagang kaki lima.

Ditambah lagi, biasanya orang-orang membeli kaos bertuliskan ‘I Love Jakarta’. Bisa juga untuk oleh-oleh keluarga atau teman-teman terdekat. Harganya biasanya juga tidak mahal, di Tanah Abang juga banyak. Beli tambah banyak semakin murah.

2. Dodol Betawi

Jika Garut memiliki dodol Garut, Jakarta juga punya dodol Betawi. Ciri khas dodol dari Betawi ini adalah rasanya yang manis dan juga kenyal. Jika dilihat sekilas, memang tidak jauh beda dengan dodol Garut. Memang benar kalau dalam penampilan tidak jauh beda, namun dari segi proses pembuatan tidaklah sama.

Dodol Garut setelah dimasak adonannya dibentuk lalu dimasukkan ke cairan gula putih. Dan teksturnya sedikit kering saat digigit. Karena lapisan gula sudah mengering. Sementara untuk dodol Betawi tidak memiliki lapisan gula sehingga teksturnya cenderung kental tidak ada kerasa sama sekali.

3. Bir Pletok

Namanya memang bir, namun ini tidak memabukkan sama sekali. Bahkan jika dikonsumsi secara rutin dan dalam takaran sewajarnya akan membuat tubuh semakin sehat. Pasalnya, bahan pembuatnya adalah rempah-rempah yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Contohnya saja serai, jahe, daun pandan, kayu secang dan lain-lain.

Sebagai oleh-oleh, ada dua versi yang bisa diambil. Pertama beli bir pletok dalam botol. Jadi praktis tinggal minum saja. Sementara pilihan lainnya dalam bentuk serbuk. Jadi, bisa banget untuk oleh-oleh. Lebih awet, kalau ingin minum tinggal seduh saja menggunakan air hangat. Rasanya sama-sama kaya akan rempah.

4. Roti Buaya

Roti buaya di masa lampau hanya ada saat akan hajatan nikah. Namun sekarang ini, roti satu ini sudah ada di hampir semua tempat Jakarta. Bahkan tidak sedikit orang menjadikannya sebagai buah tangah. Tentu saja, bukan ukuran yang besar. Roti buaya yang dijadikan oleh-oleh sudah dimodifikasi ukurannya. Jadi lebih travel friendly saat masuk ke dalam pesawat.

5. Topeng Ondel-ondel

Bagi kamu yang gemar dengan seni, topeng ondel-ondel bisa banget untuk dibeli. Tanpa dijelaskan, orang-orang sudah tahu jika oleh-oleh ini berasal dari Jakarta. Biasanya, topeng ondel-ondel ini digunakan sebagai hiasan dan mempercantik rumah.

Jika ingin melihat langsung bonek ondel-ondel sembari membeli versi topengnya bisa datang ke Kampung Ondel-ondel di Kramat Pulo ya. Bahkan, kamu bisa melihat proses pembuatan ondel-ondel secara langsung jika sedang ada pesanan.

Dengan membawakan oleh-oleh untuk keluarga yang ditinggalkan, setidaknya akan membagikan kebahagianmu juga ya. Maka dari itulah, setidaknya sempatkan diri untuk membeli buah tangan. Semoga perjalananmu selalu menyenangkan ya. Dan pastikan untuk selalu hati-hati di perjalanan, patuhi peraturan, supaya jalan-jalan bisa menyenangkan.

Follow me on social media:
Categories: Seputar Kita

1 Comment

duniamasak · 23/11/2020 at 9:11 am

dodol betawi paling terbaik! bisa jadi andalan oleh-oleh untuk sanak keluarga di luar kota jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *