Panduan Yahoo Mail Indonesia
Sumber: freepik.com

Hampir setiap orang saat ini memiliki email yang bisa berupa Gmail, Outlook, maupun Yahoo Mail Indonesia. Jika kamu adalah generasi 1990-an, maka bisa dipastikan kamu juga dulu sering menggunakan penelusuran Yahoo dan membuat Yahoo Mail. Email ini sudah dari jaman dahulu mempermudah kehidupan manusia dalam mengirim pesan melalui jaringan internet.

Kamu tidak hanya dapat mengirim teks saja, melainkan gambar dan dokumen. Bahkan, saat ini kamu dapat mengirim video melalui email. Yahoo mail ini hadir lebih dulu daripada Gmail dan dirilis pada tahun 1994 silam. Sedangkan Gmail sendiri baru dirilis pada 1998. Kamu akan bisa mengenali sejarah singkat Yahoo dengan membaca panduan yahoo mail Indonesia ini.

Begini Sejarah Singkat Yahoo

Pada jaman dahulu di era 1990-an, domain.com adalah masa awal-awal dari masyarakat mulai mengenal internet. Satu-satunya penelusuran pada saat itu yakni Yahoo. Hampir setiap perusahaan pasti mengenal Yahoo juga. Yahoo pernah menjadi raja mesin penelusuran sampai pada awal tahun 2000-an.

Pada saat itu adalah masa kejayaannya dimana mencapai traffic tertinggi sepanjang tahun. Nilai valuasi perusahaan Yahoo pada jaman itu mencapai 125 Miliar USD. Sedangkan bila dikonversikan ke nominal rupiah menjadi Rp 1.643 triliun. Setelah masa-masa kejayaannya, Yahoo mulai tergantikan dengan mesin penelusuran Google.

Berjayanya Google masih berlaku sampai dengan saat ini dan Yahoo terlihat mulai meredup. Pada tahun 2017, kepemilikan Yahoo berpindah tangan ke Verizon Communications. Semenjak berganti kepemilikan tersebut, Yahoo terus berusaha bangkit mendapatkan popularitasnya kembali.

Siapa yang Tak Kenal Yahoo Mail?

Generasi jaman sekarang memang tidak terlalu mengenal Yahoo Mail. Email gratis rilisan perusahaan Yahoo tersebut tetap memiliki banyak kelebihan dibandingkan Gmail. Perusahaan Yahoo juga tengah berbenah diri menambahkan banyak fitur bersaing dengan Gmail dan aplikasi pengirim email lainnya. Beberapa kelebihan Yahoo Mail bisa lihat berikut.

1. Fitur Berita

Terkurung di rumah akibat lockdown membuat banyak orang mengalihkan pekerjaan secara online. Mengirim surat penawaran dan berbagai keperluan bisnis lainnya bisa dilakukan melalui email. Salah satu email yang sering dipakai selain Gmail adalah Yahoo Mail. Email ini memiliki kelebihan yang tidak ada pada perusahaan pesaingnya yakni fitur berita.

Kamu bisa membaca berita terbaru tanpa harus keluar dari Yahoo Mail. Pastinya ini sangat berbeda dengan Gmail yang harus membuat pengguna keluar dari Gmail untuk bisa membaca informasi dan berita.

2. Download Attachment Sekaligus

Panduan Yahoo Mail Indonesia ini juga akan menjelaskan keunggulan Yahoo Mail lainnya, seperti dalam hal mendownload file attachment. Kamu yang sudah sering menggunakan Gmail pasti sangat paham bahwa download file attachment harus dilakukan satu per satu.

Dengan Yahoo Mail, kamu akan bisa langsung mendownload file attachment sekaligus. Ini bisa sangat membantu kamu yang sibuk dan tidak dapat klik download satu per satu.

3. Melampirkan Attachment Sampai 25 MB

Kamu pasti mengetahui bahwa saat ini keperluan bekerja dari rumah sangat tinggi. Tuntutan mengirimkan file dalam ukuran besar semakin tinggi. Hal tersebut bisa diwujudkan menggunakan Yahoo Mail, karena bisa attach file sampai 25 MB.

4. Email Otomatis Tersimpan di Draft

Tragedi ingin mengirim email dan laptop tiba-tiba mati, bisa dialami siapa saja. Yahoo Mail memungkinkan menyimpan email dalam bentuk Draft saat laptop tiba-tiba mati.

5. Terdapat Fitur Chatting

Salah satu fitur chatting milik Yahoo yang terkenal sampai saat ini adalah Yahoo Messenger. Fitur tersebut membuat kamu bisa melakukan chatting dengan orang yang akan dikirimi file.

Baca juga : Query database

Ingin Daftar Akun Yahoo Mail?

Kamu tertarik untuk memiliki akun Yahoo Mail, maka kamu perlu melihat panduan Yahoo Mail Indonesia ini sampai selesai. Proses pendaftaran akun bisa dilakukan melalui Website Yahoo. Mesin penelusuran Yahoo juga ada yang berbahasa Indonesia, sehingga bisa lebih mudah dimengerti banyak orang Indonesia. Penasaran dengan bagaimana cara mendaftar, kamu bisa simak ini.

  • Buka mesin penelusuran Yahoo dan gunakan website resmi Yahoo Indonesia.
  • Kamu bisa langsung klik sign up.
  • Ada sejumlah data, seperti nama, alamat email, kata sandi, nomor ponsel, tanggal lahir, dan jenis kelamin yang perlu diisi. Alamat email bisa kamu buat sesuai keperluan. Apabila sudah ada orang yang menggunakannya, kamu perlu mencari alamat email lainnya.
  • Tap ikon Lanjutkan.
  • Sisanya, kamu hanya perlu klarifikasi aktivasi akun melalui sms.
  • Masukkan kode aktivasi dan sisanya kamu akan bisa langsung menggunakan akun Yahoo Mail.

Daftar Yahoo Mail Indonesia di Android

Panduan Yahoo Mail Indonesia
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Pastinya Yahoo tidak ingin kalah terhadap perusahaan pesaingnya, sehingga mereka juga membuat aplikasi Yahoo Mail untuk Android. Kamu bisa melakukan download aplikasi ini melalui layanan perusahaan pesaingnya yaitu Google Play Store. Seluruh langkah pendaftaran akun Yahoo Mail Indonesia melalui Android bisa kamu simak berikut.

  • Buka aplikasi Google play Store di smartphone Android kamu.
  • Ketik Yahoo Mail Indonesia dan pilih aplikasi Yahoo Mail Indonesia dengan klik sekali.
  • Tap ikon Install dan tunggu proses Instalasi Yahoo Mail sampai selesai.
  • Buka aplikasi Yahoo Mail.
  • Klik ikon bergambarkan kotak surat yang ada pada layar kamu.
  • Tap tulisan dengan bunyi “Daftar untuk Account Baru”.
  • Isi semua form registrasi yang ditampilkan.
  • Cek kembali seluruh pengisian form registrasi apakah sudah sesuai data diri atau belum.
  • Tap pada ikon bertuliskan “Lanjutkan”.
  • Tap tombol yang memiliki tulisan “Kirimi Saya Kunci Akun Via SMS”.
  • Tunggu sampai ada kode masuk ke sms Anda sebagai kode aktivasi akun Yahoo Mail.
  • Masukkan kode aktivasi Yahoo Mail melalui kolom yang tersedia.
  • Tunggu sampai ada tampilan selamat yang menandakan akun Yahoo Mail sudah berhasil dibuat.

Tips Penting dalam Menggunakan Yahoo Mail

Kamu harus bisa memahami prinsip dalam membuat akun apapun di internet yang mana password tidak boleh yang mudah ditebak. Jangan menggunakan password berupa tanggal lahir, karena ini sangat gampang ditebak. Membuat password yang sulit ditebak dapat melindungi dari gangguan para hacker.

Sudah pasti tidak inginkan data pribadi dalam email dicuri hacker bukan. Kombinasi yang perlu kamu masukkan adalah huruf dan angka. Sebaiknya juga jumlah huruf jangan terlalu pendek dan kekuatan password bisa kamu lihat tepat di bagian bawah kolom password.

Baca juga : Hosting termurah untuk website profesional

Macam-Macam Produk di Yahoo Mail

Ada banyak fitur tambahan yang bisa kamu nikmati melalui Yahoo Mail. Misalkan saja Yahoo news, Flickr, dan Yahoo Answer. Masing-masing dari fitur tersebut akan dijelaskan dalam panduan Yahoo Mail Indonesia ini.

  • Yahoo News:

Produk pertama yang disediakan oleh Yahoo mail adalah menyajikan berita aktual melalui Yahoo News. Kamu bisa pilih topik yang sesuai minat, seperti olahraga, politik, dan lain-lain.

  • Flickr:

Kamu bisa mengakses informasi seputar Flickr. Bahkan kamu bisa mendapatkan berbagai macam gambar yang banyak jumlahnya dari seluruh dunia.

  • Yahoo Answer:

Kamu bingung mengenai banyak hal, bisa diselesaikan melalui fitur Yahoo Answer. Yahoo akan memberikan jawaban yang kamu perlukan dan kamu bisa mendapatkan banyak tempat forum.

Follow me on social media:
Categories: Internet

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *