Pencarian Spesifik Dengan Google

Google memang sebuah fenomena unik di dunia internet. Bermula dari “hanya” sebuah mesin pencari, kini layanan Google telah merambah berbagai bidang yang ada di internet. Bahkan saking uniknya, sampai muncul sebuah kosa kata baru, yaitu Googling – sebuah kata kerja yang menunjukkan proses pencarian melalui mesin pencari Google. Sebagai pembanding, tidak ada kata kerja Yahooing, MSNing, Altavistaing, dan lain-lain.

Nah, ternyata layanan mesin pencari di Google ini memiliki banyak tip dan trik yang barangkali belum banyak yang tahu. Salah satunya adalah pencarian dengan hasil yang spesifik untuk ruang lingkup sistem operasi tertentu. Misalnya untuk mendapatkan hasil yang spesifik untuk sistem operasi Linux, Anda bisa menggunakan URL http://www.google.com/linux.

Tadinya sayapun mengira hanya ada satu macam URL unik yang disediakan oleh Google. Ternyata Oom Google ini masih menyediakan yang lain. Buat pengguna Microsoft , Anda bisa menggunakan URL http://www.google.com/microsoft untuk mendapatkan hasil yang spesifik untuk Microsoft. Biar nggak iri, pengguna Mac dapat mengklik link ini: http://www.google.com/mac.

Selamat bergoogle ria.

Follow me on social media:

Similar Posts

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.