Kegiatan memotret diri sendiri atau akrab disebut selfie makin hari makin banyak saja pelakunya. Bahkan orang-orang yang tadinya saya pikir pemalu, ternyata kalo selfie heboh juga. Belakangan muncul varian dari kata selfie, yaitu grufie atau wefie, yang artinya foto selfie tapi bersamaan sekaligus beberapa orang. Kata selfie sendiri diusulkan untuk diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi swafoto.

Gadget yang dipakai untuk selfie umumnya adalah ponsel, memanfaatkan kamera depannya. Suatu hal yang wajar mengingat pelaku selfie bisa melihat posenya sendiri melalui layar ponsel.

Masalahnya, terlalu banyak “tapi” dalam proses pengambilan selfie.

Kata “tapi” yang paling sering muncul adalah “…tapi kamera depan ponselku gak bagus loh” atau “…tapi kamera depan ponselku gak pake aplikasi khusus yang bisa bikin selfie bagus” dan semacam itulah. Lalu akhirnya foto selfie dilakukan dengan kamera belakang ponsel dan pengambilannya dibantu oleh orang lain. Lha ini tentu sudah tidak memenuhi syarat selfie lagi.

Asus rupanya tanggap akan fenomena ini dan memproduksi sebuah ponsel dengan kamera depan yang sangat mumpuni. Nama ponselnya saja sudah sangat jelas, Zenfone Selfie. Dengan Zenfone Selfie, kata “tapi” yang muncul saat selfie bakal hilang sama sekali.

Bagi pengguna Zenfone 2 atau Zenfone Laser, membayangkan tentang Zenfone Selfie sangatlah mudah karena pada dasarnya ponsel-ponsel tersebut nyaris sama, hanya kemampuan kamera depannya yang membedakannya. Jadi harap maklum bila kesan yang saya tulis soal Zenfone Selfie ini bakal terasa tidak asing bagi pengguna Zenfone 2 atau Zenfone Laser.

Nah, gimana kesan saya terhadap Zenfone Selfie ini?

Body

Body Zenfone Selfie memiliki bahasa desain yang sama dengan keluarga Zenfone lainnya. Punggung melengkung khas Zenfone tentu saja juga menjadi punggung Zenfone Selfie karena terbukti bentuk seperti itu nyaman digenggam.

Zenfone Selfie

Kalau Anda meraba sisi kiri atau kanan Zenfone Selfie untuk mencari tombol power atau volume, bersiaplah kecewa karena tombol power ada di bagian atas dan tombol volume ada di bagian punggung. Penempatan tombol volume ini bagi sebagian orang dianggap bikin kikuk, relatif susah dijangkau. Tapi percayalah, itu cuma masalah kebiasaan saja, bila sudah biasa, nyaman juga kok tombol di belakang. Malahan, jika digunakan untuk selfie, tombol volume di belakang ini akan sangat membantu karena bisa difungsikan sebagai tombol shutter. Genggaman tangan akan lebih kuat bila memencet tombol yang ada di belakang daripada di samping.

Zenfone Selfie

Karena digunakan untuk menampung kamera depan yang bagus, maka ruang di bagian atas depan harus luas. Untuk itu, Zenfone Selfie memiliki tinggi yang sedikit lebih tinggi daripada Zenfone 2 dan tulisan Asus di bagian atas depan terpaksa harus mengalah untuk dihilangkan. Sebagai gantinya, sebuah kamera depan yang disertai dengan flash dan laser nangkring di posisi tersebut. Laser? Ya, Zenfone Selfie ini sebenarnya adalah double bladed lightsaber, macam yang dipakai Darth Maul. Lasernya ada di depan dan belakang.

Zenfone Selfie

Darth Maul

 

Satu yang masih dianggap merupakan kekurangan Zenfone Selfie, termasuk keluarga Zenfone yang lain, yaitu tiga tombol Android tidak memiliki lampu, sehingga tak terlihat bila dalam keadaan gelap. Cuma ya memang sebenarnya tak disarankan sih mengoperasikan hape saat keadaan gelap, bikin sakit mata.

 

Spesifikasi

Tak ada gunanya kamera yang mumpuni jika spesifikasi ponsel itu sendiri lemah. Oleh sebab itu Zenfone Selfie diperkuat dengan spesifikasi yang gahar juga. Prosesornya menggunakan Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615, dengan GPU Adreno 405. Ini adalah jawaban Asus untuk penggemar fanatiknya namun kurang suka dengan prosesor Intel yang dituduh relatif cepat panas. Padahal selama saya menggunakan Zenfone 2 yang berbasis Intel, tak pernah mengalami gejala overheat kecuali bila ada masalah jaringan dan inipun saya yakin ponsel dengan prosesor apapun akan cepat panas bila jaringannya bermasalah.

Unit yang saya pegang memiliki RAM 3 GB dan ruang simpan sebesar 32 GB. Sangat lega untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus secara multitasking dan menyimpan ribuan foto selfie. Masih kurang? MicroSD sebesar 128 GB dapat ditambahkan kalau memang kurang.

Ukuran layarnya 5.5 inci, lega untuk melihat-lihat foto hasil selfie dan untuk nonton video. Apalagi resolusinya sudah full HD, 1920×1080. Dan layarnya sudah berteknologi Gorilla Glass 4. Zenfone Selfie-nya selain untuk selfie boleh buat alas saat memotong sayur atau buah, hehehe.

Urusan OS, Zenfone Selfie diperkuat oleh Android Lollipop dan dipastikan bakal bisa diupgrade hingga Marshmallow.

Zenfone Selfie dilengkapi dengan dua kartu SIM, mendukung koneksi hingga 4G LTE. Jadi bila foto-foto selfie hendak diunggah ke media sosial, koneksi tak lagi menjadi masalah sepanjang operator yang digunakan mendukung.

Baterai yang digunakan oleh Zenfone Selfie memiliki kapasitas 3000 mAh dan sangat cukup untuk mendukung kegiatan Anda seharian. Pagi penuh, malam baru minta dicharge lagi. Dengan catatan tentunya penggunaannya normal ya. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang baterai dari sekitar 10% hingga penuh kurang lebih adalah 2.5 jam.

Meski menonjolkan kemampuan kamera, tak berarti Asus melupakan sektor yang lain. Audio yang dihasilkan oleh Zenfone Selfie mampu membuat penggunanya tercengang, khususnya bila menggunakan headset.

Hasil tes Antutu Zenfone Selfie memberikan skor berikut:

Zenfone Selfie

Masih kalah dibandingkan Zenfone 2 yang skor Antutu-nya 46 ribuan sih tapi ya tetep aja sangar, hehe.

 

Kamera

Nah, inilah bagian yang ditunggu-tunggu. Kamera Zenfone Selfie mengadopsi teknologi yang sama dengan Zenfone Laser, yaitu menggunakan laser untuk autofokus, sehingga fokus sangat cepat didapatkan. Di Zenfone Selfie, kamera depan belakang sama-sama menggunakan laser.

Fitur-fitur kamera seperti Low Light, Depth of Field, Panorama, HDR, dan lain-lain tersedia sama lengkapnya baik untuk kamera depan maupun belakang. Ini tentu berbeda dengan keluarga Zenfone lain yang fitur untuk kamera depan relatif lebih terbatas dibandingkan dengan yang belakang.

Saat menggunakan kamera depan untuk selfie, secara default mode yang aktif adalah Beautification, yang bisa membuat orang yang difoto nampak lebih “cantik”.

Untuk keperluan grufie atau wefie, tersedia mode Selfie Panorama yang memungkinkan lebih banyak orang bisa “masuk” ke dalam foto.

Baiklah, berikut ini saya tampilkan beberapa contoh hasil potret yang diambil dengan Zenfone Selfie, baik kamera depan maupun kamera belakang. Keterangan ada di bagian bawah foto.

Zenfone Selfie

Perbandingan foto kamera depan dan belakang

 

Zenfone Selfie

Bisa ditebak khan mana yang diambil pake kamera depan mana yang belakang

 

Zenfone Selfie

Mengambil objek yang sama dari jarak yang sama juga

 

Gimana? Menarik bukan? Kalau Anda memang suka selfie, gak usah pikir panjang, Zenfone Selfie ini sudah pasti cocok buat Anda. Dan mentang-mentang buat selfie, tidak semerta-merta mengorbankan kinerja karena tetap mumpuni digunakan untuk keperluan yang lain.

Asus Zenfone Selfie memiliki kode ZD551KL dan hadir dalam 2 versi, dibedakan berdasarkan ruang simpannya, yaitu 16GB dan 32 GB. Harganya berturut-turut adalah Rp 2.799.000,- dan Rp 2.999.000,-

BTW, bila ingin melihat hasil foto-foto yang diambil dengan Zenfone Selfie, silakan follow Twitter dan Instagram saya di @OomYahya, saya bakal share foto-foto yang diambil dengan Zenfone Selfie dan ponsel-ponsel lainnya.

Follow me on social media:

26 Comments

Jarwadi MJ · 29/11/2015 at 4:48 pm

Luar biasa Om. Saya tadi pagi menguji kehandalan kamera selfie nya di medan laga ketika mengikuti lomba lari 10k

    Oom Yahya · 29/11/2015 at 4:50 pm

    Wah, kudu ditulis pengalamannya membawa Zenfone Selfie lari2 :D

Taufiq Hasan · 29/11/2015 at 4:58 pm

Wah, luar biyasa sekali om yahya dapat yg pink. Padahal saya suka yg merah. Mungkin kelak saya juga akan mendapatkan yang pink. Pokoknya luar biyasa, biyasa di luar.

    Oom Yahya · 29/11/2015 at 4:59 pm

    Sing biru ya apik, jeg (lol)

Pandu · 30/11/2015 at 5:45 am

Ternyata selfie juga ada persyaratannya ya, om? :3
Itu warna hapenya juga greget banget ya om :3

    Oom Yahya · 30/11/2015 at 10:30 am

    Lha ya jelas ada syaratnya dong, kalo gak, apa bedanya sama foto biasa? :p

Alris · 30/11/2015 at 10:47 am

Makin pede nih saya kalo mau beli hp, ya, zenfone aja, :)

Rifza · 14/02/2016 at 9:58 am

Tadinya mau beli selfie, katanya bodinya panas. Akhirnya beli zenfone 2. Pertama kali memang bodinya panas. Tapi setelah upgrade android jadi adem. Coba rekan2 yang punya selfie bila bodi terasa panas lalu upgrade android, masih panas gak ? Terima kasih.

Icha · 15/03/2016 at 12:13 pm

Om kok tombol power sy macet ya ? Harus di pencet berkali2 baru bisa nyala hpnya. Sy juga pengguna asus zenfone selfie om.
Mohon responnya, trims.

    Oom Yahya · 16/03/2016 at 9:10 am

    Sebaiknya dibawa ke service center. Mudah2an cuma kotor saja dan bisa segera dibersihkan

      Icha · 16/03/2016 at 9:41 am

      Semoga aja om, oya om sy juga pake 2 kartu. Tp kalau sim 2nya di aktifkan data selularnya sim 1 pasti mati om (tidak bisa dipakai), sempat saya coba di hp lain ternyata kartunya msh bisa dipakai. Apa itu ada pengaturannya ya om ?

        Oom Yahya · 16/03/2016 at 9:43 am

        Nah, itu ditanyakan saja sekalian ke service center. Sepengetahuan saya, harusnya sih tidak mati karena dual standby

adyanoorgistha · 19/03/2016 at 7:21 pm

Jadi om, kalo buat kamera belakang lebih bagusan laser 2 (yg KL) apa selfie? Lg mau ganti nih om ._. Skrg aku msh pake zf5. Thxx

    Oom Yahya · 20/03/2016 at 12:08 pm

    Kalau kamera belakang ya bisa dibilang sama karena spesifikasi kameranya juga sama. Selfie menang di kamera depan

reiiii · 16/04/2016 at 8:48 pm

knp klo nelpon layarnya gelap jd gak bs mutusin panggilan

    Oom Yahya · 17/04/2016 at 11:15 am

    Apakah Anda menggunakan cover atau anti gores? Ada kemungkinan sensor geraknya terganggu karena cover/anti gores tsb.

Ghufron · 06/05/2016 at 6:35 pm

Kak, dilihat dr kemampuan kamera belakang dan kelancaran multitasking lebih gahar mana antara zenfone selfie apa zenfone 2 laser yg ze550kL lg bingung antara 2 tipe ini ni..

    Oom Yahya · 09/05/2016 at 8:11 pm

    Prosesor dan RAM lebih bagus Zenfone Selfie, kalau harga tidak masalah, ya pilih selfie saja

galih · 29/06/2016 at 3:50 pm

Ancur om, baru beli aja udah sering restart sendiri zenfone selfie saya…

    Oom Yahya · 04/07/2016 at 4:24 pm

    Kalau baru beli, langsung digaransikan saja. Zenfone Selfie yg di rumah baik2 saja, malah beberapa kali jatuh juga gak masalah.

gaby · 05/09/2016 at 10:05 am

Pengen tanya kalau upgrade ke android yg lebih tinggi lagi gda yg bermasalah kah ? Seperti kamera dll.
Karena saya punya sony c3 begitu upgrade kamera blakangnya jadi jelek sekali..

    Oom Yahya · 06/09/2016 at 11:26 am

    Selama ini sudah beberapa kali update firmware tidak ada masalah sih

iran · 25/12/2016 at 1:30 pm

assalamu’alalikum bang…saya mau tanya knp.zenfone selfy saya tiba2 hilang suaranya waktu lagi terima tlp. tapi kalau di pakai handset atau di loadspeeker masih bisa terdengar…padahal hp.zenfone selfy saya baru beli satu minggu…sudah saya bwa ke ke toko penjualnya slama seminggu…di toko tapi tetap aja suaranya ga ada klo buat bertlp….apakah solusinya knp zenfone selfy saya bisa kaya gitu bang…..trima ksih ..sbelumnya bang..

    Oom Yahya · 26/12/2016 at 5:34 pm

    Waktu telpon, coba volumenya dibesarkan bisa gak? Tapi harus waktu telpon ya.
    Dicoba dulu, kalau tidak bisa ya kemungkinan ada kerusakan

yulistanto · 31/01/2017 at 2:18 pm

saya pengguna zenfone selfi di android lolipop 5.2..rencana mau up marsmelow tp takut ada kendala dihp entah itu hardwere atau safwere..menurut agan gmn di up atau ngk..

    Oom Yahya · 01/02/2017 at 10:42 am

    Di rumah ada Zenfone Selfie, udah sejak lama update ke Marshmallow dan sampai sekarang tidak ada kendala apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.