Review Singkat ZenBook Duo UX481 – Multi tasking adalah hal yang sering didengungkan oleh produsen perkakas teknologi informasi seperti smartphone dan laptop, termasuk juga “jerohannya” seperti prosesor.

Maklum, pengguna smartphone atau laptop tidak akan puas jika hanya membuka 1 macam aplikasi saja pada device yang mereka gunakan. Kecuali lagi sibuk nonton atau main game, umumnya pengguna smartphone atau laptop akan membuka beberapa aplikasi sekaligus.

Jadi para produsen smartphone atau laptop bakal membuat produknya sangat mudah digunakan untuk multi tasking, tentunya didukung oleh pengembang sistem operasi dan prosesor.

Nah, sekarang soal tampilan layar. Multi tasking jika dilakukan pada layar sekecil smartphone kadang gak nyaman. Pada laptop 14 inci tentu sudah jauh lebih baik, tapi tetap saja bakal terasa ada sesuatu yang kurang.

Pengguna PC tentu lebih “santai” saat butuh multi tasking dalam hubungannya dengan tampilan layar. Tinggal beli layar tambahan dan bila perlu kartu grafis, beres. (meski kudu merogoh kocek rada dalam, hehe)

OK, dalam kasus tertentu, pengguna laptop juga bisa menyambungkan laptopnya ke monitor tambahan. Namun tentu itu bertentangan dengan konsep mobile yang menjadi kelebihan sebuah laptop.

ASUS dengan jeli membidik adanya kebutuhan seperti ini. Mereka kemudian membuat laptop yang memiliki layar ganda. Salah satunya adalah ASUS ZenBook Duo UX481.

Layar ganda pada sebuah laptop ini bakal menjadi pemuas imajinasimu untuk bekerja secara multi tasking dengan sebuah laptop.

Layar ganda ini bisa dibilang merupakan perkembangan layar yang diletakkan pada touchpad, yang merupakan produk ASUS juga.

Layar Kedua ASUS ZenBook Duo UX481

Bagaimana ASUS menempatkan layar kedua pada ZenBook Duo? Seperti bisa dilihat pada foto, bagian laptop yang biasanya berisi keyboard “diusir” lebih ke bawah dan layar kedua diletakkan di situ.

ZenBook Duo UX481

Keyboard kini menempati ruang yang biasanya berisi touch pad, lalu touch pad-nya sendiri digeser ke kanan.

Layar kedua ini touch screen dan dapat dimatikan secara terpisah. ASUS menamai layar kedua ini dengan ScreenPad Plus. Hebatnya, ASUS juga menyediakan stylus pada paket pembelian ZenBook Duo ini.

ZenBook Duo UX481

ScreenPad Plus sudah pasti memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan layar utama, karena hanya memakan tempat setengah dari body laptop. Namun lebarnya tetap selebar layar utama. Jadi ScreenPad Plus ini bentuknya melebar.

Mungkin jika kamu memperhatikan spesifikasinya, kamu akan sedikit heran, mengapa ScreenPad Plus yang besarnya hanya setengah dari layar utama sebesar 14 inci, bisa berukuran 12,6 inci?

Jawabannya karena yang diukur adalah diagonalnya, jadi memang tak beda jauh. Coba kalau yang diukur lebarnya, malah sama persis kan?

ScreenXpert

ZenBook Duo UX481 memiliki aplikasi khusus untuk mengelola ScreenPad Plus, yaitu ScreenXpert. ScreenXpert ini membuat fungsi ScreenPad Plus jadi lebih bermakna ketimbang cuma sekadar layar tambahan.

Melalui ScreenXpert ini, tersedia beberapa aplikasi yang bisa dijalankan khusus pada ScreenPad Plus. Contoh aplikasi tersebut antara lain adalah:

  • Quick Key yang berisi tombol-tombol shortcut terhadap fungsi-fungsi yang sering dijalankan, misalnya cut, copy, paste, undo, dan lain-lain.
  • Number Key, tombol khusus berisi angka, seperti NumPad yang ada pada sisi kanan keyboard eksternal.
  • Handwriting, untuk menulis cepat menggunakan stylus.
  • Spotify. OK, spotify memang aplikasi standar yang ada pada Windows 10, hanya saja Spotify ini sengaja diletakkan khusus pada ScreenPad Plus supaya tidak “mengganggu” aplikasi lain yang sedang berjalan.

ScreenXpert juga menyediakan kemampuan untuk “mengunci” keyboard. Jadi ketika kamu bekerja dengan ScreenPad Plus, kamu bisa mengeliminasi gangguan akibat keyboard yang tak sengaja terpencet.

Melalui ScreenXpert, kamu juga bisa mengganti ukuran default aplikasi khusus ScreenPad Plus, mengatur tingkat terang (brightness), mengganti wallpaper, dan lain-lain.

Tersedia juga Quick Guide berupa video yang berisi tutorial penggunaan ScreenXpert dan ScreenPad Plus.

Pengalaman Penggunaan ZenBook Duo

Jadi kamu sudah tahu keunikan ZenBook Duo dengan layar duonya. Sekarang, bagaimana rasanya menggunakan ZenBook Duo?

Sejak dari membuka layarnya, ZenBook Duo UX481 itu sudah menyenangkan. Laptop ini bisa dibuka hanya dengan satu tangan saja.

Saat terbuka, engselnya akan mendorong body laptop sehingga miring ke atas, memberikan rasa ergonomis ketika mengetik. Makanya engsel itu disebut dengan ErgoLift.

Apakah benar ergonomis? Yach, sejujurnya antara ya dan tidak. Dengan menggeser keyboard ke bawah, kita kehilangan palm rest. Solusinya, usahakan cari meja yang luas jika ingin bekerja dengan ZenBook Duo UX481 dalam waktu lama.

Tapi ada kelebihannya juga. Touch pad yang letaknya sejajar dengan keyboard memudahkan kita untuk menjangkaunya. Ini hampir sama dengan gerakan menjangkau mouse kalau misalnya pakai mouse.

Membiasakan diri menggunakan keyboard unik ZenBook Duo UX481 tak butuh waktu lama. Justru imajinasi kamu lebih akan terfokus pada bagaimana memanfaatkan dua layar tersebut.

Contoh Pemanfaatan ScreenPad Plus

Ada beberapa contoh pemanfaatan ScreenPad Plus yang akan saya paparkan di sini, tapi tentu saja penggunaan ScreenPad Plus tidak hanya itu. Kamu bisa saja mengembangkan imajinasimu sendiri untuk memanfaatkan ScreenPad Plus.

Yang pertama, untuk editing video. ScreenPad Plus bisa digunakan untuk menampilkan track-track video, audio, dan komponen lainnya, sementara layar utama digunakan untuk menampilkan preview video. Dengan demikian, ruang kerja kamu akan terasa lebih luas.

Contoh lain bisa digunakan oleh mereka yang suka menggambar. Karena ScreenPad Plus bersifat touch screen, disediakan stylus pula, maka kamu bisa menggambar pada ScreenPad Plus dan layar utama digunakan untuk menampilkan objek yang akan digambar.

Kamu sering presentasi menggunakan PowerPoint? Nah, area ScreenPad Plus bisa kamu manfaatkan untuk menampilkan teks presentasi yang lebih detail, karena slide PowerPoint tentu hanya menampilkan poin-poin penting saja.

Para pedagang, akuntan, atau ahli statistik barangkali bisa memanfaatkan Number Key pada ScreenPad Plus untuk memasukkan angka, sementara layar utama menampilkan aplikasi yang digunakan.

Spesifikasi ZenBook Duo UX481

Operating System Windows 10 Home
Processor Intel® Core™ i7-10510U processor, 1.8GHz quad-core with Turbo Boost (up to 4.9GHz) and 8MB cache

Intel® Core™ i5-10210U processor, 1.6GHz quad-core with Turbo Boost (up to 4.2GHz) and 6MB cache
Graphics NVIDIA® GeForce® MX250

Video memory: 2GB GDDR5 VRAM
Display 14” LED-backlit Full HD (1920 x 1080) 16:9 slim-bezel NanoEdge display

3.5mm-thin bezel with 90% screen-to-body ratio

178° wide-view technology

100% sRGB
Memory 8GB / 16GB 2133MHz LPDDR3
Storage 512GB PCIe® Gen3 x2

1TB PCIe® Gen3 x4
Interfaces 1 x USB 3.1 Gen 2 Type-C™ (up to 10Gbps)

1 x USB 3.1 Gen 2 Type-A (up to 10Gbps)

1 x USB 3.1 Gen 1 Type-A (up to 5Gbps)

1 x HDMI

1 x Audio combo jack

1 x MicroSD card reader

1 x DC-in

MicroSD card readerAudio JackUSB 3.1 Gen 1DC-inHDMIUSB 3.1 Gen 2USB-C™ 3.1 Gen 2
Keyboard Full-size backlit with 1.4mm key travel
ScreenPad Plus 12.6” touch display

178˚ wide-view technology
Audio ASUS SonicMaster stereo audio system with surround-sound; smart amplifier for maximum audio performance

Array microphone with Cortana and Alexa voice-recognition support

3.5mm headphone jack

Long-travel voice coils for improved low-frequency response

Certified by Harman Kardon
Camera IR webcam with Windows Hello support
Wireless Connectivity Wi-Fi: Up to Intel Wi-Fi 6 performance (802.11ax)

Bluetooth®: Bluetooth 5.0
Battery and Power Up to 22.4 hours battery life1 with ScreenPad™ Plus off

Up to 15.7 hours battery life2 with ScreenPad™ Plus on

70Wh 4-cell lithium-polymer battery

65W power adapter

Plug Type: ø4.5 (mm)

(Output: 19V DC, 3.42A, 65W)

(Input: 100-240V AC, 50/60Hz universal)
Weight and Dimensions Height: 1.99cm (0.78 inches)

Width: 32.3cm (12.72 inches)

Depth: 22.3cm (8.78 inches)

Weight: 1.5kg (3.3 pounds)

Included in the Box Detachable laptop stand

Sleeve and stylus
Included Software ASUS Number Key

ASUS Handwriting

ASUS Quick Key

ASUS Battery Health Charging

ASUS AppDeals

Follow me on social media:
ZenBook Duo UX481, Si Pemuas Imajinasi
Tagged on:                     

One thought on “ZenBook Duo UX481, Si Pemuas Imajinasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *