Review ZenPower Slim dan ZenPower Pocket – Power bank adalah sebuah benda yang sangat akrab dengan pengguna smartphone. Ya maklum, baterai kebanyakan smartphone itu pas-pasan padahal smartphone tersebut disiksa habis-habisan.

Kalau smartphone-nya adalah Zenfone Zoom S, besar kemungkinan kamu gak butuh power bank. Maklum, baterainya sendiri punya kapasitas 5000 mAh, malahan bisa berfungsi sebagai power bank bagi smartphone lain.

Nah, kalau kamu kebetulan butuh power bank dan butuhnya cuma yang kecil saja, saya paparkan dua buah power bank terbaru dari ASUS, ZenPower Slim dan ZenPower Pocket.

ZenPower Slim

ZenPower Slim adalah sebuah power bank yang amat sangat tipis. Ketebalannya kira-kira persis sama dengan Zenfone Zoom S dan luas permukaannya hanya sekitar 75% dari Zenfone Zoom S.

Selain tipis, ZenPower Slim juga sangat ringan.

Jadi kalau kamu punya mobilitas yang tinggi namun suka bawa barang yang praktis dan ringkas, ZenPower Slim ini pasti cocok buatmu.

Cuma ya itu, ada yang dikorbankan untuk mendapatkan ketebalan dan bobot yang sedemikian kecil, yaitu kapasitasnya yang hanya 3000 mAh saja.

Namun toh dengan kapasitas segitu, masih mampu lah mengisi ulang smartphone kamu dalam sekali siklus pengisian, walau bisa jadi tidak sampai 100%, tergantung dari kapasitas baterai smartphone yang kamu gunakan.

Baca Juga
Menjadi Cerdas Itu Keren

Meskipun tipis dan ringan, ZenPower Slim masih menyimpan satu kekuatan lain, yaitu bisa digunakan sebagai senter.

Berbeda dengan kebanyakan power bank lain yang memiliki empat buah lampu LED untuk menunjukkan sisa kapasitasnya, ZenPower Slim ini hanya memiliki 3 lampu LED saja.

Jika ketiga lampu menyala, itu berarti kapasitasnya masih ada 85-100%.

Jika hanya dua yang menyala, itu berarti kapasitasnya masih ada 30-85%.

Jika hanya satu yang menyala, itu berarti kapasitasnya masih ada 5-30%.

Di bawah 5%, lampu yang tinggal menyala satu itu akan berkedip-kedip.

ZenPower Slim membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk diisi ulang.

Kesimpulannya, power bank ini cocok jika smartphone kamu memiliki kapasitas baterai kecil atau kamu yang memprioritaskan hal yang praktis dan ringkas.

Harga ZenPower Slim adalah Rp129.000,-

 

ZenPower Pocket

ZenPower Pocket memiliki body yang sedikit lebih besar daripada ZenPower Slim, maklum kapasitasnya juga dua kali lipat, yaitu 6000 mAh.

Luas permukaannya nyaris sama namun tebalnya dua kali lipat ketebalan ZenPower Slim.

Baca Juga
ACMIC, PowerBank Super Kilat

Tapi yang jelas, ZenPower Pocket yang kadang disebut juga ZenPower Slim 6000 ini juga masih nyaman dimasukkan ke dalam kantong baju atau celana.

 

Karena memiliki kapasitas 6000 mAh, ZenPower Pocket bisa digunakan untuk mengisi ulang smartphone hingga dua kali siklus pengisian, tergantung dari kapasitas smartphone yang diisi.

Ketika saya coba untuk mengisi Zenfone Zoom S yang berkapasitas baterai 5000 mAh dan kapasitasnya tinggal 30%, ZenPower Pocket bisa mengisinya hingga 100% dan masih menyisakan satu lampu LED menyala. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 2,5 jam.

Jumlah lampu LED ZenPower Pocket ada 4 sebagaimana lazimnya power bank yang lain.

ZenPower Pocket mendukung Quick Charge dengan arus 2,4 A baik ketika mengisi smartphone maupun saat dia sendiri diisi ulang.

Karena fitur ini, maka ZenPower Pocket membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam saat diisi ulang. Hanya beda tipis dengan ZenPower Slim, padahal kapasitasnya dua kali lipat.

Kesimpulannya, ZenPower Pocket cocok bagi mereka yang membutuhkan power bank yang memiliki fitur Quick Charge namun masih cukup tipis dan ringan dibawa ke mana-mana.

Baca Juga
Hubungan Antara Jati Diri dan Eksistensi Jam Tangan Pria

Harga ZenPower Pocket adalah Rp229.000,-

 

Aman Dibawa Masuk Pesawat

Tentu kamu sudah mendengar tentang aturan baru tentang membawa power bank ke pesawat, bukan? Nah, apakah kedua power bank ini bisa dibawa masuk ke dalam pesawat?

Ojelas bisa!

Dalam aturan tentang membawa power bank masuk ke dalam pesawat tersebut dituliskan bahwa batas kapasitas power bank yang diizinkan untuk masuk ke kabin adalah 100 Wh.

Bagaimana mengkonversi kapasitas power bank yang dinyatakan dalam mAh hingga menjadi Wh?

Jadi gini, lihatlah spesifikasi power bank dan cari tegangan (voltase) baterai sesungguhnya, bukan tegangan output ya. Kalikan nilai tegangan tadi dengan kapasitas power bank dalam mAh dan hasilnya dibagi dengan 1000. Itulah nilai Wh.

Menurut buku petunjuk, nilai tegangan ZenPower Pocket adalah 5V, sama dengan outputnya. Sedangkan kapasitas mAh aslinya adalah 3800, sehingga ketemulah nilai Wh-nya adalah 3800×5/1000 = 19 Wh. Jauh di bawah 100 Wh, jadi aman.

Sedangkan ZenPower Slim memiliki tegangan 3.85V dan kapasitas 3000 mAh, sehingga nilai Wh-nya adalah 11,55 Wh, jauh di bawah 100 Wh. Aman.

Follow me on social media:

6 Comments

Yudhistira Eko Wibowo · 23/03/2018 at 5:54 am

Lho? Emang di pesawat gak boleh bawa powerbank tah Om?

    Oom Yahya · 23/03/2018 at 7:24 am

    Boleh asal kapasitasnya di bawah 100 Wh. Perhitungannya ada di bagian akhir tulisan di atas

Mas Kris | www.maskris.co.id · 26/03/2018 at 12:59 pm

ZenPower Slim e apik yo.. cuma karena ukuran e tipis, dayanya ikutan tipis.. haha..

Hans · 28/03/2018 at 7:01 am

Bagus kayaknya yang slim, soalnya bentuknya tipis banget.
Tapi kalo dilihat dari kapasitasnya, buat charger Hp sekelas iPhone paling hanya cukup 2-3x aja. Heheh.
Tapi lumayan sih untuk emergency :D

oRiN · 01/04/2018 at 1:31 pm

Aih… Om punya dua. Bagi satu sini Oom…

Seharian Bareng Powerbank Asus ZenPower Slim 6000 mAh, Bisa Apa Saja? – Cogito Ergo Sum | Blognya oRiN · 08/04/2018 at 6:00 pm

[…] (Perhitungan lengkapnya bisa dilihat di BOY). […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.